Pengertian dan Makna Ideologi Pancasila

Pancasila merupakan suatu dasar atau ideologi yang dianut oleh negara Republik Indonesia. Tak hanya harus dihafal, ideologi pancasila sebagai dasar negara juga harus dimengerti, dan dipahami maknanya oleh seluruh warga negara Indonesia, termasuk anda. Dengan demikian makna positif yang terkandung dalam ideologi pancasila bisa benar-benar kita rasakan manfaatnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebaliknya ketidaktahuan akan pengertian ideologi pancasila dan maknanya akan mengurangi pemahaman bagaimana seorang warna negara Indonesia seharusnya bersikap dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terlebih, di tengah kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk seperti dewasa ini, pemahaman terhadap pancasila sangat dibutuhkan.

Pengertian dan Makna Ideologi Pancasila

Ideologi Pancasila

Nah, untuk teman-teman yang ingin mengetahui lebih baik lagi dari pengertian dan juga makna ideologi pancasila, maka dibawah kali masukuniversitas.com sudah memberikannya. Selamat membaca.

Bila hendak ingin kuliah di Universitas Pancasila << Baca disini yah.

Pengertian Ideologi Pancasila

Sebelum membahas tentang pengertian ideologi pancasila, ada baiknya anda memahami apa arti dari ideologi. Ideologi berakar pada kata “idea”. Jika ditarik lebih jauh, ideologi berasal dari bahasa yunani eidos yang berarti gagasan, pengertian dasar, konsep atau cita-cita dan logos yang memiliki arti ilmu pengetahuan. Sehingga secara harfiah ideologi memiliki pengertian ilmu pengetahuan tentang ide-ide atau ajaran tentang pengertian dasar.

Pengertian ideologi secara umum adalah seperangkat pemikiran, ide atau gagasan yang memiliki orientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur. Umumnya ideologi berkaitan erat dengan dunia politik. Selain itu ideologi juga berkaitan erat dengan bangsa dan negara sehingga anda mungkin sering kali mendengar istilah ideologi negara dan ideologi bangsa.

Fungsinya

Ideologi sendiri mempunyai beberapa fungsi yaitu antara lain:

1. Sebagai struktur kognitif,

Yaitu keseluruhan pengetahuan yang dapat menjadi landasan untuk memahami serta menafsirkan dunia dan kejadian di dalamnya.

2. Sebagai orientasi dan wawasan,

Yang kedua yaitu sebagai orientasi dasar dengan membuka wawasan yang dapat memberi warna. Selain itu juga dapat menunjukkan tujuan hidup bagi manusia.

3. Sebagai norma atau nilai,

Yang ketiga, menjadi pedoman dan juga pandangan hidup bagi seseorang dalam melangkah dan bertindak.

4. Sebagai bekal dan pembuka jalan,

Bagi seseorang untuk dapat menemukan identitas seseorang tersebut.

5. Sebagai kekuatan, semangat dan mendorong,

Yang kelima ini juga jangan tinggalkan apalagi dilupakan. Yaitu, yang memiliki kekuatan dan kemampuan dalam memberikan semangat serta mendorong seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan untuk menjalankan berbagai kegiatan.

6. Sebagai memahami, menghayati & mempolakan tingkah laku.

Yang terakhir adalah sebagai pendidikan untuk seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati serta mempolakan tingkah laku masyarakat sesuai orientasi dan norma atau nilai yang terkandung di dalam suatu ideologi tersebut.

Baca juga: Ucapan hari lahir Pancasila

Adapun pengertian ideologi pancasila khususnya yang berkaitan dengan pancasila sebagai dasar negara adalah pancasila mempunyai nilai-nilai yang pandangan hidup bangsa Indonesia, sehingga pancasila juga merupakan suatu jati diri bagi bangsa Indonesia. Ideologi pancasila sebagai dasar negara, memilki maksud bahwa menjadi sekumpulan gagasan ide dan keyakinan yang bersifat menyeluruh dan sistematis yang meliputi berbagai bidang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ideologi pancasila sebagai dasar negara sangat dibutuhkan sebab ideologi merupakan suatu pandangan, cita-cita dan keyakinan yang ingin diwujudkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Ideologi pancasila harus mampu membangkitkan kesadaran dan juga semangat dalam mengisi kemerdekaan yang sudah terwujud sekarang ini.

Jadi intinya, pengertian ideologi pancasila adalah pancasila sebagai dasar untuk mengatur berjalannya pemerintahan negara Indonesia, sekaligus pancasila merupakan suatu pandangan dan tuntuan untuk meraih cita-cita luhur bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia memiliki kedudukan yang sangat penting sehingga semua warga negara wajib mengerti dan mengetahui pancasila sebagai dasar negara. Maka tidak heran sedari kecil anda mungkin terbiasa belajar mengenai pancasila dan bahkan menghafalkan pancasila di sekolah. Hal ini tidak lain adalah sebagai bentuk untuk memahami dan mengetahui pancasila.

Makna Ideologi Pancasila

Adapun makna ideologi pancasila adalah bahwa pancasila sebagai keseluruhan pandangan, keyakinan, cita-cita dan nilai bangsa Indonesia yang secara normatif perlu diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, serta berbangsa dan bernegara.

Secara umum makna ideologi pancasila adalah sebagai berikut:

1. Nilai-nilai yang tercantum dalam pancasila menjadi cita-cita bersifat normatif dalam penyelenggaraan negara
2. Nilai-nilai yang tercantum dalam pancasila merupakan nilai yang telah disepakati bersama sehingga dapat menjadi salah satu pemersatu masyarakat dan bangsa Indonesia

Makna ideologi pancasila dijadikan suatu dasar negara memiliki tujuan bahwa segala seuatu dalam bidang pemerintahan maupun semua yang berhubungan dengan kenegaraan harus didasari dengan titik tolaknya, dibatasi gerakan pelaksanaanya dan diarahkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan menggunakan pancasila.

Pada awalnya, makna ideologi pancasila ini harus dipahami sebagai konsep yang meliputi pemahaman seluruh elemen masyarakat dan bangsa Indonesia agar bersemangat dalam pergerakan melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan dan mewujudkan kehidupan penyelenggaraan negara.

Lebih jauh, sebagai sebuah ideologi pancasila juga memiliki beberapa fungsi penting yaitu:

1. Menyatukan bangsa Indonesia dan memperkokoh serta memelihara persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
2. Mengarahkan serta membimbing bangsa Indonesa dalam meraih tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia
3. Memberikan bangsa Indonesia suatu kemauan dan kesadaran untuk menjaga dan memelihara identitas bangsa Indonesia
4. Menerangi dan mengawasi keadaan serta kritis terhadap adanya upaya untuk meraih cita-cta yang terkandung dalam pancasila
5. Sebagai pedoman dalam kehidupan bangsa Indonesia dalam upaya menjaga keutuhan negara dan memperbaiki kehidupan bangsa Indonesia

Baca juga: hari guru nasional 2017

Demikian di atas penjelasan secara lengkap mengenai ideologi pancasila, pengertian ideologi pancasila dan makna ideologi pancasila yang dapat kami bagikan untuk anda semua. Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan serta pengetahuan terhadap pancasila sebagai dasar negara kita Indonesia yang tercinta. Serta bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat.

 

Referensi:
abdimadrasah.com/2014/05/pengertian-dan-makna-ideologi-bagi.html
pengertianmenurutparaahli.com/pengertian-pancasila-sebagai-ideologi-dan-dasar-negara/
yuksinau.id/2016/09/ideologi-pancasila-pengertian-fungsi-makna-dimensi.html

Add a Comment