Info Mengenai Fakultas Teknik Informatika

Masukuniversitas.com, info mengenai fakultas teknik informatika. Setiap disiplin ilmu memiliki kelebihan masing-masing dalam pengaruhnya untuk membantu kehidupan manusia. Tidak ada ilmu yang tidak memiliki manfaat karena pengetahuan yang terkandung dalam ilmu tersebut bisa memperkaya wawasan serta pengalaman manusia. Saat ini manusia memasuki era globalisasi sehingga semakin banyak disiplin ilmu yang perlu dikuasai oleh setiap orang agar tidak tertinggal dengan perkembangan zaman. Salah satu disiplin ilmu yang perlu dikuasai agar orang tidak tertinggal oleh kemajuan global serta bisa mengatasi segala tantangan baru yang ada adalah Teknik Informatika.

info mengenai fakultas teknik informatika

Teknik Informatika adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang transformasi. Fakta berlambang, baik yang berupa data ataupun informasi pada mesin atau alat yang berbasis komputasi.

Disiplin ilmu ini memiliki beberapa bidang yaitu ilmu komputer, system informasi, teknik komputer, aplikasi informasi yang ada dalam system informasi manajemen, dan ilmu informasi. Jadi secara umum, ilmu ini mempelajari struktur. Sifat serta interaksi dari beberapa system yang bisa dipakai untuk mengumpulkan data, memproses data, serta menyimpan hasil pemrosesan data tersebut dan menampilkannya dalam bentuk informasi. Intinya, disiplin ilmu ini lebih menekankan adanya informasi yang diolah melalui proses komputerisasi atau yang berbasis komputer.

Selain pengertian di atas, ada juga yang mengartikan Teknik Informatika sebagai disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer. Yang dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan juga teknik yang menangani berbagai masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer. Kedua pengertian tersebut memang tidak jauh berbeda sebab sama-sama menyebutkan pengolahan mengenai data atau informasi. Tentu dengan memanfaatkan teknologi komputer. Pengetahuan mengenai disiplin ilmu tersebut tentunya sangat diperlukan mengingat bahwa di era globalisasi setiap orang terhubung melalui jaringan internet sehingga mengetahui ilmu yang bisa membantu pengolahan data atau informasi melalui komputer merupakan hal yang sangat penting.

Apa saja keunggulan kuliah di fakultas Teknik Informatika

Saat seseorang mempelajari tentang Teknik Informatika maka ada beberapa keunggulan atau manfaat yang bisa didapatkan, karena disiplin ilmu ini tidak jauh dengan ilmu lainnya yang bisa memberi manfaat untuk manusia terlebih di era globalisasi seperti sekarang ini. Berikut adalah manfaat mempelajari disiplin ilmu tersebut:

1. Menjadi SDM yang lebih professional

Saat ini mengetahui tentang pengolahan data menggunakan system yang berbasis komputerisasi menjadi hal yang sangat diperlukan oleh setiap sumber daya manusia yang ingin memperoleh pekerjaan. Hal ini dikarenakan pekerjaan berupa proses produksi maupun proses lainnya bisa dilakukan menjadi lebih cepat.

Selain itu, orang yang memiliki kemampuan mengolah informasi melalui komputer akan memiliki kemampuan kerja yang lebih tertata serta lebih rapi karena data pekerjaan bisa disimpan sempurna dalam komputer. Ini membuat banyak perusahaan besar tertarik pada orang-orang yang memiliki skill di bidang komputer sehingga sangat perlu untuk para SDM memiliki skill tersebut dan salah satu cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan mempelajari bidang ilmu yang berhubungan dengan komputer.

2. Memudahkan kemajuan poses akademik

Dengan menerapkan disiplin ilmu ini pada proses akademik maka proses pembelajaran menjadi lebih efisien serta lebih cepat. Apalagi dikarenakan beberapa disiplin ilmu mengambil banyak sumber dari luar negri sehingga membuat para pelajar harus rajin mencari info atau data melalui internet. Oleh karena itu, mengetahui tentang disiplin ilmu yang bisa membantu mengenai proses pengolahan info atau data melalui komputer menjadi sangat diperlukan. Selain itu, dengan mengetahu tentang disiplin ilmu ini maka seseorang tidak perlu lagi membawa modul atau buku tebal.

3. Memajukan bidang industry dan bidang teknologi

Fakultas teknik informatika juga turut memajukan bidang industri dan teknologi. Dengan menerapkan disiplin ilmu ini pada bidang industry serta teknologi membuat perkembangan di kedua bidang tersebut menjadi berkembang lebih pesat. System komputerisasi yang diterapkan pada bidang industry menyebabkan proses produksi menjadi lebih cepat serta mengurangi beban yang harus ditanggung oleh para pekerja. Sedangkan bila diterapkan pada bidang teknologi memudahkan setiap orang untuk menciptakan benda atau mengolah data sehingga proses pengerjaan menjadi lebih cepat dan tertata.

4. Menciptakan lapangan kerja

Orang yang mempelajari disiplin ilmu ini tidak perlu merasa khawatir dalam mencari pekerjaan. Ada beberapa profesi yang bisa dipilih oleh orang yang lulus dari disiplin ilmu ini yaitu dosen, staf TI, guru, wiraswasta, dan beberapa profesi lainnya.

Beberapa perusahaan atau lembaga pemerintah juga menerima lulusan yang mempelajari disiplin ilmu tersebut seperti industry kertas, percetakan, perbankan, pengolahan kayu, dan beberapa lembaga pemerintah yang mengurus tentang pendataan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari mempelajari Teknik Informatika. Jadi, bisa disimpulkan bahwa disiplin ilmu tersebut memang memberi manfaat positif yang sangat besar untuk manusia. Dengan memanfaatkan disiplin ilmu tersebut secara benar, maka seseorang yang menguasai ilmu tersebut bisa memperoleh keuntungan yang lebih banyak dari orang yang belum memiliki kemampuan atau pengetahuan tentang disiplin ilmu tersebut. Karena itulah, sangat disarankan untuk orang yang hidup pada zaman atau era globalisasi saat ini untuk mempelajari dan menguasai disiplin ilmu tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa era globalisasi ini fakultas teknik informatika yang memberikan salah satu sumbangsi dalam ciptakan lapangan pekerjaan.

Artikel masih berkaitan:

> Info pengumuman SNMPTN 2017 (Selalu cek berita terbarunya)

> Info pengumuman SBMPTN 2017 (Selalu cek disini berita terbarunya)

Saat ini ada banyak sekolah, lembaga kursus, lembaga pendidikan atau bahkan universitas yang menerapkan disiplin ilmu Teknik Informatika menjadi disiplin ilmu mereka. Anda yang merasa tertarik untuk mempelajari tentang disiplin ilmu tersebut tidak perlu merasa ragu untuk mempelajarinya. Ilmu mendapatkannya ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh dari disiplin ilmu tersebut. Menguasai disiplin ilmu tersebut akan membuka peluang anda untuk menghadapi masa depan terutama dalam hal mencari pekerjaan.

Tapi ingat, untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yang beken tentu harus melalui jalur SNMPTN ataupun SBMPTN. Selain itu pula masih banyak jalur lainnya. Yaitu, PMDK ataupun melalui bidikmisi (calon mahasiswa yang tak mampu). Tidak hanya di perguruan negeri saja untuk bisa meneruskan jurusan ataupun fakultas teknik informatika, akan tetapi perguruan tinggi swasta juga tidak kalah bagus dan baik.

Add a Comment