Pendaftaran IPDN 2017 Secara Online

Masukuniversitas.com, jadwal pendaftaran IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) 2017 secara online. IPDN salah satu sekolah ikatan dinas yang ada di Indonesia. Pendidikan tinggi ini juga favorit bagi Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan yang sudah lulus maupun yang akan lulus. Jika Anda memiliki cita-cita untuk bekarir di pemerintahan, maka kuliah di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menjadi salah satu pilihan yang tepat. Bagi Anda yang berminat untuk menjadi Praja IPDN, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai pendaftaran Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan sekolah tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). IPDN sebenarnya merupakan gabungan dari Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) dan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP). Tujuan pendirian IPDN adalah untuk mempersiapkan kader pemerintah yang dapat ditempatkan di tingkat pusat maupun daerah. IPDN mulai didirikan pada tahun 2004 dengan kampus pusat yang terletak di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Syarat Pendaftaran Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Pendaftaran IPDN dibuka setiap tahun dan mulai tahun 2016 lalu sudah menggunakan sistem online. Sebelum Anda melakukan pendaftaran IPDN secara online, sebaiknya Anda mengetahui persyaratan tertentu yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah:

Persyaratan Umum Pendaftaran IPDN

1.    Peserta merupakan Warga Negara Indonesia.
2.    Usia peserta pada saat mendaftar minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun.
3.    Peserta harus memiliki tinggi badan minimal 160 cm bagi laki-laki dan 155 cm bagi perempuan.
4.    Tidak pernah terjerat kasus kriminal apapun atau sedang mengikuti proses pengadilan karena suatu tindak kriminal/kejahatan.
5.    Memiliki kondisi fisik yang sehat dan tidak pernah menggunakan obat-obatan terlarang.

Persyaratan Administrasi Pendaftaran IPDN

Syarat administrasi yang harus Anda Penuhi diantaranya adalah

1.    Fotocopy Akte Kelahiran atau Surat Tanda Lahir.
2.    Fotocopy ijazah atau STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang. Ketentuan nilai ujian yang harus dipenuhi oleh peserta adalah:
–    Bagi peserta lulusan tahun 2016 atau sebelumnya, maka minimal nilai ujian nasional yang tertera dalam ijazah harus 7,00 (skala nilai 10).
–    Khusus bagi pelamar dari Provinsi Papua dan Papua Barat, nilai rata-rata Ujian Nasional yang tertera di ijazah minimal harus 6,50 (skala nilai 10).
–    Bagi lulusan tahun 2017, nilai minimal akan mengikuti skala penilaian Ujian Nasional tahun 2017 dan akan diumumkan kemudian.
3.    Kartu Tanda Penduduk
4.    Menyetorkan alamat email yang aktif.
5.    Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.
6.    Biodata peserta seleksi
7.    Surat pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan, dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan. Surat pernyataan ini harus diketahui oleh orang tua wali dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000,00.
8.    Surat pernyataan untuk bersedia mentaati semua Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah jika suatu saat di tengah proses studi peserta mengundurkan diri, diberhentikan, dan/atau melanggar peraturan. Surat pernyataan ini harus diketahui oleh orang tua wali dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000,00.
9.    Menandatangani surat pernyataan siap diberhentikan jika terbukti melakukan tindakan kriminal dan/atau mengkonsumsi maupun mengedarkan narkoba di atas materai Rp 6.000,00.
10.    Pasfoto berwarna dengan ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar dan 4×6 sebanyak 2 lembar.

Jadwal Pendaftaran IPDN Tahun 2017

Sejak tahun 2016, pendaftaran seluruh Sekolah Tinggi Kedinasan di Indonesia dilakukan secara terpusat melalui Panitia Seleksi Nasional Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Panselnas Kemenpan-RB). Tahun ini pendaftaran IPDN kembali di buka ajaran 2017/2018.

Jika Anda berminat untuk mendaftar sebagai calon Praja IPDN, maka Anda harus melalui tahapan pendaftaran IPDN sebagai berikut:

1.    Anda dapat melakukan pendaftaran online melalui situs resmi Panselnas Kemenpan-RB. Setelah mendaftar dalam situs resmi ini, Anda akan memperoleh password yang dikirimkan ke email Anda.

2.    Selanjutnya Anda harus masuk ke situs resmi Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN dengan alamat http://spcp.ipdn.ac.id. Gunakanlah password yang Anda peroleh dari Panselnas untuk melakukan login ke situs ini.

3.    Setelah Anda berhasil login ke situs SPCP IPDN, maka Anda harus mengisi biodata Calon Peserta Seleksi dan mengunggah beberapa scanning dokumen sebagai berikut:
–    KTP asli (bagi yang sudah berusia 17 tahun) atau Kartu Keluarga (bagi yang belum memiliki KTP) dengan ukuran file maksimal 500 kb dalam format pdf.
–    Ijazah asli atau fotocopy legalisir dengan ukuran file maksimal 1 MB dalam format pdf.
–    Surat Keterangan Asli sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA/SMK yang belum memperoleh ijazah atau STTB  dalam format pdf.
–    Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm dengan ukuran file maksimal 500 kb dalam format jpg/jpeg.

4.    Pendaftar yang tidak memenuhi syarat administrasi di atas akan dinyatakan gugur dalam seleksi SPCP IPDN.

Alur Pendaftaran IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Secara garis besar, alur pendaftaran hingga pengumunan penerimaan IPDN harus melalui tahapan-tahapan sebagai berikut

1.    Melakukan pendaftaran dalam situs resmi Panselnas.
2.    Melakukan pengisian biodata dan upload dokumen pendukung ke situs resmi SPCP IPDN.
3.    Seleksi administrasi Calon Praja IPDN.
4.    Tes Kompetensi Dasar (TKD)
5.    Tes Kesehatan di masing-masing provinsi.
6.    Tes psikologi, integritas, dan kejujuran.
7.    Penerimaan peserta Pantukhir.
8.    Ferivikasi keaslian dokumen
9.    Tes kesehatan Nasional
10.    Tes kesamaptaan
11.    Tes wawancara

Jadwal pendftaran institut pemerintahan dalam negeri: 9 – 31 maret 2017, sebanyak 1.689 orang

Itulah syarat-syarat dan peraturan pendaftaran IPDN yang harus Anda ketahui. Anda masih memiliki banyak waktu sebelum pendaftaran dimulai tanggal dibawah. Untuk itu lengkapi berbagai kelengkapan dokumen yang diperlukan. Pastikan semua dokumen yang akan Anda lampirkan asli dan bukan rekayasa, agar Anda tidak dicoret dari proses seleksi.

Sumber:

http://www.populer.web.id/2015/10/jadwal-ipdn-lengkap.html
http://www.populer.web.id/2015/01/pendaftaran-online-praja-ipdn.html
http://www.pendaftaran.net/2016/06/cara-pendaftaran-ipdn.html
http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/08/pendaftaran-online-ipdn.html
YUL–

2 Comments

Add a Comment