Jenis – Jenis Pendidikan: Formal dan Non Formal

Pendidikan adalah sumber pengetahuan kita, baik itu penididkan formal maupun pendidikan nonformal. Dalam artikel ini kita kan memebahas tentang jenis-jenis pendidikan formal dan non formal.

Baca disini >> Pengertian pendidikan menurut para ahli

Pendidikan merupakan salah satu sumber pengetahuan bagi manusia, baik itu pendidikan formal maupun pendidikan nonformal.

Pendidikan Formal

Pendidikan formal merupakan pedidikan yang diadakan oleh pemerintah ataupun swasta dalam bentuk sekolah yang dalam pengaplikasianya memiliki jenjang tertentu. Yakni mulai dari pendidikan dasar (SD), pendidikan menengah (SMP, SMA/sederajat), pendidikan pendidikan tinggi (Perguruan Tinggi).

Anda juga bisa baca artikel related ini >> Pengertian pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan Non Formal

Sedangkan pedidikan nonformal merupakan pendidikan diluar pendidikan formal. Ini dilaksanakan secara terstruktur dan juga berjenjang. Untuk pendidikan nonformal memiliki banyak jenis, seperti les-les bakat, les-les kerohanian, les-les kesehatan, maupun lembaga yang membantu pendidikan formal seperti les mata pelajaran.

Tujuan diadakanya pendidikan nonformal adalah untuk menujang dan mengembangkan potensi yang anda miliki. Dengan menekankan pada keterampilan penguasaan, sikap dan keterampilan anda. [Selengkapnya baca disini >> Tujuan Pendidikan]

Jenis-jenis pendidikan di Indonesia

jenis jenis pendidikan

Dalam artikel ini akan dipaparkan tentang jenis-jenis pendidikan formal, dan juga non formal.

Pendidikan Formal

jenis pendidikan formal

Pendidikan formal, saat kini telah dilakukan peresmian oleh pemerintah yakni wajib belajar 9 tahun. Yakni tingkat sekolah dasar, sekolah menegah pertama, dan sekolah menengah atas. Sedangkan untuk dunia perkuliahan sampai sekarang masih belum di wajibkan.

Sekolah Dasar (SD)

Sekolah dasar adalah pendidikan jenjang pertama untuk pendidikan wajib belajar 9 tahun. Di sekolah dasar seorang murid akan diajarkan tentang mata pelajaran yang bisa dibilang dasar. Untuk bahasan yang digunakan di sekolah dasar juga belum mendalam dan meluas. Karna sekolah dasar memperhatikan tumbuh kembang dan psikologi anak.

Tidak mungkin untuk seorang anak SD diberikan materi berupa analisis. Dalam tahapan tumbuh kembang mereka, mereka dinggap belum mampu untuk melakukan itu.

Tingkatan pendidikan yang ada di sekolah dasar ada enam kelas. Dengan sistem ini, jika seorang anak mampu melewati ujian kenaikan kelas maka dia diperbolehkan untuk mendapatkan pembelajaran di kelas yang lebih tinggi.

Sekolah Menengah Pertama

Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah lanjutan pendidikan dari sekolah dasar. Disini peserta didik dibimbing untuk dapat memehami mata pelajaran dengan tingkatan yang lebih luas ketimbang mata pelajaran yang diajarkan pada sekolah dasar. Di SMP terdapat tiga kelas yang biasa disebut kelas 7, 8, dan kelas 9. Sistem penamaan kelas ini adalah lanjutan dari sistem penamaan kelas di SD.

Sekolah Menengah Atas

Sekolah menengah Atas adalah sekolah lanjutan dari SMP. Sekolah ini belum masuk pada wajib belajar 9 tahun, karna di Indonesia wajib belajar 9 tahun hanya mencapai SMP saja. Di SMA mata pelajaran lebih mendalam dari pada yang diajarkan di SMP, serta masih menggunakan sisitem kelas yang sama dengan SMP yakni ada tiga kelas.

Pendidikan Nonformal

jenis pendidikan nonformal

Sebelumnya, telah dibahas diatas jenis pendidikan formal. Kali ini jenis pendidikan nonformal. Jenis pendidikan ini, sedikit berbeda, karena pendidikan nonformal memiliki lebih banyak jenis daripada pendidikan formal.

Baca disini >> Fungsi Pendidikan

Lembaga kursus

Lembaga kursus adalah lembaga bukan bentukan pemerintah. Untuk lembaga kursus sendiri biasanya lebih memusatkan pada potensi yang dimiliki oleh seorang anak. Yang termasuk dalam lembaga kursus seperti kursus seni, kursus olahraga, kursus mata pelajaran tertentu, kursus keterampilan tertentu seperti menjait, merajut dan lain-lain.

Organisasi

Organisasi termasuk dalam jenis pendidikan nonformal karena di dalam organisasi kita mendapatkan pembelajaran berupa jiwa kepemimpinan, pengaturan waktu, melatih kerjasama, mengembangkan public speaking, melatih mental, melatih daya kritis dan lain-lain.

Baca juga disini >> Pengertian psikologi Pendidikan

Untuk jenis organisasi, sebenarnya ada beragam organisasi yang terikat pada pemerintah, terikat pada instansi, terikat dnegan lembaga, dan ada juga organisasi yang berdiri sendiri tanpa terikat.

Nah, untuk melengkapi dari semua tentang pendidikan, silakan baca lengkap dari pendidikan << artikel tulisan disini

Demikian artikel tentang jenis-jenis pendidikan formal dan non formal. Semoga informasi di atas dapat membantu anda memahami pendidikan formal dan non formal.