Daftar Jurusan Kuliah Manajemen Bisnis Dan Penjelasannya

Jurusan kuliah manajemen bisnis, masukuniversitas.com. Kalimat “Aku salah jurusan” pastinya akan menjadi kalimat yang menakutkan, apabila diucapkan pada saat seorang mahasiswa telah menempuh kuliah di suatu jurusan. Agar tidak ada rasa menyesal dan bisa menikmati masa-masa kuliah dengan bahagia, sebaiknya calon mahasiswa telah benar-benar memikirkan dengan baik jurusan apa yang nantinya akan dipilih.

jurusan kuliah manajemen bisnis

Hal tersebut bisa disesuaikan dengan bakat dan minat calon mahasiswa. Nah, di kesempatan kali inilah tepat yang tepat. Oleh sebab itu, masukuniversitas.com akan membahas mengenai daftar jurusan kuliah manajemen bisnis beserta penjelasannya.

Ilmu manajemen bisa dikatakan sebagai salah satu ilmu tertua dalam sejarah manusia, karena pada hakikatnya sejak manusia hidup berkelompok, manusia telah melakukan tindakan manajemen. Manajemen itu sendiri bisa diartikan sebagai proses untuk mencapai tujuan yang mana meliputi pengorganisasian, perencanaan, pengarahan dan pengendalian. Maka dari itu ilmu manajemen digunakan di semua organisasi dalam rangka mencapai tujuannya.

Baca juga : Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan, Ini Jawabannya?

Di dalam pendidikan perguruan tinggi, ilmu manajemen membahas mengenai cara, teknik maupun metode dalam penanganan tanggung jawab dalam mengelola suatu perusahana atau organisasi. Manajemen sendiri juga dikenal sebagai salah satu sub-bidang kepemimpinan.

Para mahasiswa yang mengambil jurusan kuliah manajemen bisnis biasanya akan mempelajari berbagai macam hal. Diantaranya yang terkait dengan manajerial dan kepemimpinan. Beberapa diantaranya seperti cara-cara penyusunan rencana, pelaksanaan tugas-tugas manajer fungsional, pemecahan permasalahan operasional dan manajerial, penyusunan rencana bisnis dan lain-lain.

Diantara sekian banyak jurusan kuliah manajemen bisnis, berikut ini adalah beberapa jurusan yang berkonsentrasi di bidang manajemen bisnis.

Jurusan Akuntansi

Jurusan ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai hal-hal mendetail. Mengapa? Karena banyak berurusan dengan angka dan logika. Jadi kesukaan akan angka-angka, perhitungan biaya, serta kemampuan logika yang kuat tentunya akan sangat menunjang mereka yang memilih jurusan ini. Prospek kerja jurusan inipun juga terbuka sangat lebar. Berbagai jenis usaha pastinya membutuhkan tenaga akuntansi untuk mengolah laporan keuangan mereka. Apalagi usaha atau bisnis sudah termasuk skala besar, termasuk perusahaan besar. Seringkali memberikan tuntutan tinggi kepada tenaga akuntannya. Maka dari itu pastikan dirimu kuliah di jurusan akuntansi dengan serius untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja demi kelancaran karirmu.

Jurusan Perpajakan

Jurusan ini sangat cocok bagi mereka yang ingin merubah karir dan tingkat kehidupan secara drastis. Ini dikarenakan berbagai macam hal sehingga sangat sedikit orang yang mau menekuni jurusan ini. Padahal karir dan prospek kerja jurusan ini sangat terbuka lebar. Terbukti dengan begitu banyaknya mahasiswa perpajakan yang direkrut langsung pada saat mereka sedang magang kerja di sebuah perusahaan dengan standar gaji yang cukup tinggi serta paket kompensasi yang menarik.

Jurusan Manajemen Pemasaran

Bagi mereka yang ingin mendapatkan gaji sesuai dengan besarnya kinerja yang dilakukan, memilih jurusan yang satu ini sangat tepat. Keistimewaan dari jurusan manajemen pemasaran adalah lulusan jurusan ini bisa menentukan sendiri besaran pencapaian pendapatan yang diinginkan perbulan sesuai kinerja yang diberikan. Lulusan jurusan ini paling banyak dicari, ini karena sebuah bisnis tanpa adanya tenaga pemasaran yang handal bisa dipastikan tidak mampu bertahan lama.

Jurusan ini banyak mengadakan praktik sellng serta kunjungan keperusahaan sehingga para alumninya memiliki cara pandang yang luas dalam melihat sesuatu. Jurusan ini juga akan dibekali dengan logika berpikir untuk merancang strategi marketing terbaik. Tujuan yaitu untuk diperlukan dan dipraktekkan ke perusahaan agar dapat mengembangkan pangsa pasarnya serta tetap mampu bertahan di tengah persaingan.

Jurusan Sekretaris

Jurusan ini sangat cocok bagi mereka yang selalu ingin mengembangkan dirinya. Hal ini dikarenakan tuntutan dasar dari profesi ini membuat mereka harus sering-sering berhubungan dengan berbagai orang dan kegiatan administrasi. Sehingga memiliki kepribadian yang unggul adalah ciri utama agar hubungan baik bisa tetap terjaga.

Prospek kerja jurusan ini juga sangat lebar karena hampir semua perusahaan memiliki bagian administrasi dan pimpinan yang membutuhkan tenaga sekretaris untuk menangani pekerjan administrasi seperti pengaturan rapat, penjadwalan perjalanan bisnis, dan berbagai macam hal yang dapat memudahkan pimpinan perusahaan menjalankan tugasnya dengan lancar.

Jurusan Bahasa Inggris Bisnis

Jurusan ini sangat cocok bagi mereka yang bercita-cita untuk selalu bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris, sekaligus mengembangkan jiwa dagang atau jiwa bisnisnya. Keunggulan dari jurusan ini adalah muatan kurikulumnya yang mengedepankan kepada aspek perdagangan internasional, sehingga para lulusan jurusan ini memiliki kompetensi keahlian untuk mampu menangani hubungan dagang dengan pihak luar negeri.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai jurusan kuliah manajemen bisnis. Semoga apa yang kami berikan bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda tentang berbagai jurusan yang berkonsentrasi di bidang manajemen bisnis. Bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, informasi ini bisa menjadi referensi dalam menentukan jurusan apa yang akan dipilih nantinya. Terima kasih.

Add a Comment