15 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Untuk IPS

Informasi pendidikanjurusan kuliah yang menjanjikan untuk IPS. Bukan rahasia jika pilihan jurusan IPS (ilmu pengetahuan sosial saat di SMA dipandang sebelah mata. Namun, jika anda berasal dari jurusan IPS saat SMA, anda jangan berkecil hati. Baik jurusan IPA maupun IPS, semua memiliki prospek kerja masing-masing yang sangat menjanjikan. Asalkan anda memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat, bakat, kemampuan disertai analisis terhadap kebutuhan di lapangan, anda tetap dapat memilih jurusan kuliah yang menjanjikan untuk IPS.

Berikut ini kami sajikan informasi mengenai 15 jurusan kuliah yang menjanjikan untuk IPS. Informasi di bawah ini bukan hanya merupakan jurusan kuliah yang menghasilkan pekerjaan jurusan IPS yang gajinya besar tetapi juga memang banyak dibutuhkan di lapangan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jurusan kuliah yang menjanjikan untuk IPS

Bila Anda masih bingung, Anda jurusan IPS di SMA / SMU dalam melanjutkan perguruan tinggi, jurusan apa yang tepat dan cocok serta menjanjikan untuk masa depan. Teman-teman yang masih merasa bingung, berikut ini adalah 15 jawaban yang ada di masukuniversitas.com dalam memilih jurusan kuliah yang menjanjikan untuk IPS. Apa saja 15 jurusan itu? Berikut dibawah ini selengkapnya.

jurusan kuliah yang menjanjikan untuk ips

Baca juga artikel lainnya: Daftar jurusan kuliah yang menjanjikan

1. Jurusan Bisnis dan Manajemen

Jurusan bisnis dan manajemen merupakan salah satu pekerjaan jurusan IPS yang gajinya besar, apalagi jika nantinya bekerja di perusahaan besar. Jurusan bisnis dan manajemen ini banyak dibutuhkan untuk membuat kebijakan mengenai bisnis dan manajemen di setiap perusahaan. Jurusan bisnis dan manajemen ini juga bertugas untuk mengarahkan sumber daya, mengarahkan bisnis secara menyeluruh dan mengimplementasikan strategi.

Baca: jurusan kuliah manajemen bisnis

Jika anda menginginkan untuk memulai bisnis sendiri pun, jurusan ini menawarkan ilmu yang berguna yang dapat anda terapkan dalam bisnis anda.

2. Jurusan Ekonomi

Jurusan ini memang merupakan pilihan yang populer untuk lulusan IPS. Karena memang hampir seluruh lapangan pekerjaan membutuhkan keahlian yang dimiliki oleh lulusan jurusan ekonomi. Tidak heran jurusan ekonomi merupakan salah satu pekerjaan jurusan IPS yang gajinya besar.

3. Jurusan Akuntansi

Sama halnya dengan jurusan ekonomi, jurusan akuntansi dibutuhkan di hampir semua perusahaan. Sebab semua perusahaan membutuhkan perhitungan rugi laba, dimana keahlian untuk itu dimiliki oleh lulusan jurusan akuntasi. Laporan rugi laba ini penting sebagai bahan evaluasi dan penentuan strategi perusahaan ke depannya.

4. Jurusan Psikologi

Prospek kerja lulusan jurusan psikologi sangat luas, sehingga termasuk jurusan kuliah yang menjanjikan untuk IPS. Bagaimana tidak, hampir semua instansi baik perusahaan maupun pemerintahan membutuhkan jurusan ini untuk ditempatkan di bagian personalia dan sumber daya manusia. Selain itu lulusan psikologi juga dapat bekerja sebagai psikolog profesional yang berpraktek mandiri maupun di rumah sakit dan bergabung dengan lembaga.

5. Jurusan Komunikasi

Ilmu komunikasi berkaitan dengan cara penyampaian pesan secara efektif dan efisien. Prospek kerja jurusan komunikasi ini juga luas. lulusannya bisa bekerja di perusahaan, universitas atau bahkan di media seperti koran, TV dan lain-lain.

6. Jurusan Jurnalistik

Jurusan ini cocok untuk anda lulusan IPS yang menyukai dunia tulis menulis dan tantangan. Lulusan jurnalistik, yang disebut jurnalis, dapat bekerja di banyak tempat mulai dari koran, majalah, televisi dan lain-lain. Anda nantinya akan ditantang untuk bertemu orang baru dan menghadapi situasi yang baru. Pengalaman hidup anda akan kaya dengan memilih jurusan ini.

7. Jurusan Pendidikan

Siapa bilang memilih jurusan pendidikan tidak menjanjikan? Dewasa ini, gaji guru dijamin oleh pemerintah baik guru PNS maupun guru swasta. Jurusan pendidikan saat ini juga banyak dibutuhkan, mengingat program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Tidak heran jurusan ini juga termasuk dalam jurusan kuliah yang menjanjikan untuk IPS.

8. Jurusan Sastra

Pilihan kerja setelah lulus untuk jurusan sastra tidak terbatas hanya menjadi penulis saja. Kemampuan lulusan jurusan sastra untuk mengartikan arti tersirat di suatu percakapan, menulis dan ilmu lain akan berguna dalam pekerjaan sebagai penulis, penerjemah, dan pengajar. Bekerja di media surat kabar juga dapat menjadi pilihan setelah lulus nanti.

Jurusan sastra juga memiliki banyak pilihan bahasa, mulai dari sastra Indonesia, sastra Inggris, sastra Prancis, sastra Arab, sastra Cina, sastra Korea hingga sastra Jawa.

9. Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan ilmu hukum termasuk jurusan favorit karena prospek kerjanya bagus dengan gaji yang besar. Kunci untuk belajar di jurusan ini adah dedikasi yang tinggi, karena anda nantinya dituntut untuk banyak membaca, menganalisa dan menghafal. Kejelian, fokus dan tetap tenang di bawah tekanan adalah kunci untuk sukses di pekerjaan jurusan IPS yang gajinya besar ini.

10. Jurusan Hubungan Internasional

Jika anda lulusan IPS yang tertarik dengan isu-isu internasional, jurusan hubungan internasional dapat anda pertimbangkan. Bidang ini juga mempelajari bagaimana berkomunikasi dan berdiplomasi yang baik. Bidang karir untuk jurusan ini juga sangat luas, di antaranya diplomat, penulis, penerjemah, negoisator, konsultan, peneliti, dosen hingga pengusaha. Memang, jurusan ini termasuk jurusan yang menjanjikan untuk IPS.

11. Jurusan Sosiologi

Sosiologi adalah bidang ilmu yang murni mempelajari masyarakat. Lulusan jurusan sosiologi disebut dengan sosiolog, dimana sosiolog dibutuhkan dalam banyak bidang. Utamanya di pemerintahan, sosiolog dibutuhkan untuk melalukan riset penelitian tentang topik tertentu dimana hasil dari riset penelitian tersebut dapat menjadi bahan evaluasi serta masukan bagi pemerintah untuk menentukan suatu kebijakan.

Selain di pemerintahan, sosiolog juga banyak dibutuhkan di bidang-bidang yang berhubungan dengan masalah-masalah sosial lain. Menjadi sosiolog juga merupakan pekerjaan jurusan IPS yang gajinya besar.

12. Jurusan Desain Grafis

Jurusan desain grafis ini sangat cocok untuk anda yang memiliki minat dan bakat di bidang desain dan multimedia. Di jurusan ini, anda akan belajar memadukan seni desain dengan teknologi multimedia terkini. Pekerjaan anda nantinya akan berkutat dan identik dengan promosi, suatu hal yang sangat penting untuk sebuah perusahaan yang memiliki produk.

Anda akan ditugaskan untuk membuat iklan yang ditujukan untuk media baik media cetak maupun elektronik. Untuk anda yang tidak suka matematika, jurusan ini juga cocok karena anda tidak akan menemuinya selama perkuliahn. Jurusan desai grafis juga merupakan salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan untuk IPS.

13. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan desain dan komunikasi visual mungkin masih terdengar asing di telinga anda tetapi jurusan ini termasuk jurusan kuliah yang menjanjikan untuk IPS. Di jurusan ini anda akan mempelajari semua hal mengenai desain, ilustrasi, fotografi, animasi web, desain web dan hal-hal yang berhubungan dengan kreativitas lainnya.

Di era serba digital seperti sekarang, lulusan jurusan desain komunikasi visual banyak dicari oleh banyak perusahaan. Selain itu anda juga dapat bekerja secara freelance.

14. Jurusan Administrasi Negara

Jurusan administrasi negara menawarkan prospek kerja yang menjanjikan. Kemampuan lulusan jurusan adminitrasi negara ini seperti pengelolaan kebijakan publik, administrasi negara, etika pengaturan penyelenggaraan negara, dan manajemen publik tujuan negara sangat dibutuhkan di berbagai instansi pemerintahan. Instasi pemerintahan tersebut antara lain BAPPEDA dan BAPPENAS.

15. Jurusan Administasi Niaga

Seperti namanya, jurusan administrasi niaga berfokus mempelajari ilmu administrasi dalam lingkup niaga atau bisnis. Selain itu anda juga akan belajar mengenai berbagai aspek yang berhubungan dengan bisnis lainnya seperti keuangan, pemasaran dan sumber daya manusia. Lulusan jurusan ini banyak dicari oleh perusahaan dan termasuk pekerjaan jurusan IPS yang gajinya besar.

Itulah sekilas informasi mengenai 15 jurusan kuliah yang menjanjikan untuk IPS. Semoga bermanfaat.

 

Referensi:
hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/12-jurusan-kuliah-yang-cocok-untuk-anak-ips/

Add a Comment