Memahami Kondisi Sistem Pendidikan di Indonesia

Bagaimanakah seharusnya kita bisa memahami kondisi sistem pendidikan di Indonesia? Kita tahu bahwa setiap perubahan struktur nama pemerintahan baru, pasti kondisi dari sistemnya juga berubah.

Kita juga bahwa pendidikan merupakan hal dasar yang harus diperhatikan untuk memperoleh kemajuan suatu bangsa. Dapat diamati dari banyak negara maju saat ini, sistem pendidikan yang sudah solid merupakan kuncinya. Pada tahun 2009, Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan bahwa negara dengan sistem pendidikan terbaik adalah Finlandia, Selandia Baru, Australia, Denmark dan Kuba. Hal ini sejalan dengan pendapatan per kapita yang cukup tinggi dari negara tersebut kecuali negara Kuba.

Memahami kondisi sistem pendidikan di Indonesia:

Memahami Kondisi Sistem Pendidikan di Indonesia

Jika kita bandingkan, apa perbandingan sistem pendidikan di Indonesia dengan negara lain?

Apabila dibandingkan dengan negara lain, Indonesia masih kalah jauh dibandingkan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Negara dengan sistem pendidikan yang baik cenderung memiliki ekonomi yang kuat yang dibuktikan dengan tingginya pendapatan per kapita sehingga dapat dikatakan penduduknya memiliki kehidupan yang makmur. Bertolak belakang dengan negara dengan sistem pendidikan yang buruk, pendapatan per kapita cenderung rendah.

Ditinjau dari segi kondisi sitem pendidikan, Indonesia menduduki peringkat 104 dari 181 negara. Hal ini merupakan prestasi yang kurang membanggakan. Padahal bangsa Indonesia sebenarnya sudah membuktikan bahwa pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting.

Akan tetapi, ironisnya banyak dari pelajar Indonesia yang tidak melanjutkan untuk menimba ilmu di jejang perkuliahan. Bukan karena alasan ketidakmampuan dari segi penguasaan materi pembelajaran, akan tetapi karena takut tidak bisa membayar biaya kuliah yang saat ini dibilang cukup mahal.

baca juga : Tujuan dan Fungsi Pendidikan Karakter Bangsa

Prinsip yang diterapkan di negara maju adalah dengan membuka akses pendidikan seluas-luasnya bagi pelajar yang mempunyai keinginan untuk menimba ilmu lebih lanjut. Oleh karena itu banyak negara maju yang memberikan kesempatan berupa biaya kuliah gratis.

Indonesia sulit menerapkan sistem ini karena Indonesia belum mampu dari segi pembiayaan. Namun sebenarnya Indonesia mungkin bisa meniru salah satu trik beberapa negara berupa mekanisme pinjaman untuk belajar atau sering disebut student loan.

Dari segi konten pendidikan, yang yang patut disoroti adalah sulitnya mata pelajaran di Indonesia. Di negara Eropa dan Amerika, siswa yang baru bisa membaca di usia tujuh atau delapan tahun merupakan fenomena biasa. Akan tetapi di Indonesia kebanyak orang tua merasa malu apabila anaknya lulus TK dan tidak bisa membaca.

Pendidikan negara Belanda

Di negara Belanda, kurikulum yang diterapkan jauh lebih mudah dibanding di Indonesia. Pendidikan di Indoneis dari sekolah dasar sampai sekolah menengah terkesan terlalu dipaksakan karena para siswanya dijejali oleh banyak materi dan akhirnya para siswanya cenderung hanya menghafal tanpa bisa memahami apa yang sebenarnya mereka pelajari.

Pendidikan di beberapa negara benua Eropa

Sistem pendidikan di beberapa negara seperti Eropa lebih manusiawi karena para pelajar tidak dituntut menguasai semua bidang. Mereka hanya dituntut untuk menjadi ahli di bidang yang sesuai dengan minat mereka.

Demikian sedikit ulasan tentang kondisi sistem pendidikan di Indonesia. Semoga tulisan ini dapat membuka pola pikir kita untuk turut serta memperbaiki kekurangan yang ada saat ini. Semoga bermanfaat.

Add a Comment