Mengapa Memilih Kuliah Di Universitas Terbuka?

Mengapa memilih kuliah di Universitas Terbuka? Pertanyaan tersebut seringkali kita dengar bila seseorang hendak melanjutkan pendidikan dan memilih UT.

Universitas TErbukamemang belum terlalu awam ditelinga masyarakat Indonesia sendiri. Kehadiran UT yang sebenarya telah mencapai 32 tahun hingga kini, seolah masih merupakan lembaga pendidikan yang dipandang sebelah mata. Memang diakui pada system pendidikan, UT terkenal agak nyeleneh dan aneh, namun justru pada bagian yang nyeleh dan aneh itulah terdapat ke khasan yang menjadi kekayaan UT sendiri.

kuliah di Universitas TerbukaTerbentuk padatahun 1984 lewat Keppres, UT mulai berdiri dan menyapamasyarakat dari semua golongan. Hadir sebagai salah satu Universitas yang menawarkan kepada semua laisan masyarakat, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan.

Berikut ini akan diberikan alasan mengapa lebih baik memilih kuliah di Universitas Terbuka.

Baca juga artikel sebelumnya: Mengenal Universitas Terbuka

Menawarkan Kemandirian

Universitas Terbuka sebagai perguruan tinggi menawarkan sistem pendidikan jarak jauh. Melalui konsep ini, mahasiswaUniversitas Terbuka tidak setiap kali bertatap muka secara langsung dengan pihak pengejar ataupun dosen. Mahasiswa dituntut untuk belajar lebih mandiri dengan menggunakan modul ataupun video (VCD) serta menadapatkan berbagai pengetahuan tambahan melalui dunia internet, televise radio dan sebagainya.

Dengan diterapkannya sistem beajar yang seperti ini, maka secara otomatis mahasiswa dipaksa untuk secra lebih aktif bergerak dan mencari pengetahuan. Sistem kelas memang tidak dihapuskan sama sekali, namun tingkatnya yang sangat minim malahan akan membawa nilai lebih kepada para mahasiswa Universitas Terbuka yang tertantang untuk mengembangkan dirinya sendiri agar lebih mandiri.

No Limit

Yang dimaksud dengan tidak ada batasan disini adalah untuk menjadi mahasiswa di Universitas Terbuka anda tidak diwajibkan untuk berusia berapa hingga berapa. Dalam sistem penerimaan mahasiswa di Universitas Terbuka tidak dikenal adannya pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi dan jumlah mengikuti ujian.

Universitas Terbuka hanya memeberikan satu syarat umum yakni haruslah tamat Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan atau yang sederajat. Maka hal ini tentulah sangat berbeda dengan perguruan tinggi lain yang mempunyai batas usia bagi mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjut.

Free Study Method

Semua mahasiswa di Universitas Terbuka memiliki kebebasan dalam metode belajar. Dikarenakan minimnya sistem belajar kelas, maka secara aktif mahasiswa harus mencari sendiri sistem belajar yang membuat mereka nyaman. Jika mahasiswa tipe sosialis alias sulit beajar sendiri, maka ada baiknya mahasiswa secara aktif menghubungi teman teman mahasiswannya yang sekelas untuk menawarkan belajar secara berkelompok.

Selain dapat cross check satu sama lain, pengetahuan juga dapat dibagikan antar anggota kelompok. Namun jika mahasiswa bertipe non sosialis alias sulit belajar pada kondisi ramai, maka mahasiswa dianjurkan untuk belajar secara mandiri. Belajar juga dapat dilakukan dimana saja, secara berkelompok bias di rumah, di kost, di kafe atau di tempat rekreasi. Secara bebas pihak Universitas Terbuka memberikan pilihan secara mandiri dan bertanggungjawab kepada semua mahasiswannya.

Nah, tidak hanya itu saja teman-teman tetapi pendaftarannya.

Lah, bagaimana emang pendaftarannya? Untuk mengetahui informasi pendaftaran. Simak informasi yang sudah kami berikan sebelumnya, Pendaftaran Universitas Terbuka (UT).

Bagaimana, apa Anda masih bertanya mengapa harus memilih kuliah di Universitas Terbuka?

Add a Comment