Mengetahui Tentang Teknik Sipil

Masukuniversitas.com, mengetahui tentang teknik sipil. Setiap orang harus memperhatikan tentang jurusan, bidang ilmu, atau disiplin ilmu yang harus diambil. Hal tersebut dikarenakan setiap pilihan mengenai bidang ilmu yang diambil akan menjadi penentu dalam memilih pekerjaan atau menghadapi masa depan. Karena itulah, memilih bidang ilmu yang tepat menjadi hal yang sangat penting bila seseorang ingin mendapatkan pekerjaan serta masa depan yang lebih baik. Memilih bidang ilmu yang bisa memberi keahlian nyata, berguna untuk masayarakat serta bisa memberi peluang yang lebih baik tentunya menjadi hal yang sangat diperlukan. Salah satu bidang atau cabang ilmu yang bisa memberi atau memenuhi segala ketentuan tersebut adalah Teknik sipil.

Mengetahui tentang teknik sipil, yuk cari tahu dibawah ini

Teknik sipil merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik, ilmu ini mempelajari mengenai cara merancang, membangun serta merenovasi baik gedung, infrastruktur, atau lingkungan dan daerah yang menjadi tempat hidup manusia. Cabang ilmu ini mencangkup beberapa cabang ilmu lainnya dalam pembelajarannya yaitu kimia, fisika, matematika, komputer, lingkungan dan geologi. Setiap cabang ilmu tersebut mempunyai peranan penting dalam ilmu teknik ini karena sesuai dengan garis besar ilmu teknik ini. Ilmu ini perkembangannya sejalan dengan perkembangan tingkat kebutuhan dan populasi manusia sehingga semakin tinggi atau semakin bertambah tingkat populasi manusia beserta kebutuhannya maka ilmu ini juga akan semakin berkembang.

Info tentang cabang-cabang ilmu teknik sipil

Ada beberapa cabang dari Teknik sipil yang bisa dipelajari dan dipilih oleh orang yang merasa berminat pada cabang ilmu teknik tersebut. Cabang-cabang ilmu tersebut memungkinkan setiap orang untuk bisa memilih teknik yang tepat untuknya. Berikut adalah info mengenai cabang-cabang ilmu teknik ini yang perlu anda ketahui:

1. Teknik lingkungan

Cabang ini mempelajari tentang masalah-masalah atau isu yang terjadi di lingkungan seperti polusi udara, penanganan limbah, penyediaan air bersih, dan lain sebagainya.

2. Transportasi

Cabang ini mempelajari tentang system transportasi berupa perencanaan dan pelaksanaannya. Contohnya dalam konstruksi pembuatan dan pengaturan jalan raya.

3. Geoteknik

Cabang ini mempelajari struktur dan sifat yang dimiliki tanah dan batuan dalam menopang suatu bangunan yang akan dibangun. Hal tersebut dilakukan dengan investigasi lapangan untuk perenanaan konstruksi tanah dan batuan. Beberapa hal yang diperhatikan adalah terowongan batuan (rock/mountain tunnel), galian, (excavation), timbunan (embannkment), dan beberapa hal lainnya.

4. Structural

Cabang ini mempelajari masalah structural material yang digunakan dalam sebuah pembangunan. Ilmu ini mempelajari sifat-sifat material dari karateristiknya seperti kaca, beton, kayu, baja, besi dan lain-lain. Setiap material itu perlu diteliti strukturnya sebab memiliki karakteristik yang berbeda untuk membuat struktur bangunan yang tepat.

5. Hidrologi

Cabang ini mempelajari tentang masalah ditribusi, pengendalian, dan permasalahan yang berkaitan dengan air. Cabang ilmu ini antara lain hidrologi air yang berkenaan untuk mengetahui tentang cuaca, curah hujan, debit air sungai, dan beberapa hal lainnya. Ada juga hidrolika yang mempelajari tentang sifat material air, gaya dorong, tekanan dan sebagainya. Bangunan air seperti waduk, bendungan, kanal, dan sebagainya juga termasuk dalam cabang pembelajarannya.

6. Manajemen konstruksi

Cabang ilmu ini mempelajari masalah ekonomi, pengembalian modal, prospek biaya, penjadwalan pekerjaan, perizinan bangunan, pengorganisasian, serta beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan proyek konstruksi yang akan dilaksanakan.

7. Informatika teknik sipil

Cabang ini merupakan cabang baru yang mempelajarai tentang penerapan komputer yang digunakan dalam perhitungan serta pemodelan suatu system dalam sebuah proyek pembangunan atau penelitian.

Itulah cabang-cabang Teknik sipil yang bisa dipilih oleh orang yang berniat menjadikan cabang ilmu teknik tersebut sebagai pilihan. Ilmu teknik ini termasuk fleksibel dalam dunia kerja karena memiliki cabang yang luas. Setiap orang yang telah lulus cabang ilmu teknik ini bisa bekerja atau berprofesi sebagai ahli dalam bidang perancangan atau pembangunan jembatan, pemeliharaan prasarana jalan, pembangunan gedung, survey lahan, perlundungan lingkungan, penyediaan air bersih, meminimalisasi kerugian gempa, manajemen proyek, konsep financial proyek, dan beberapa hal lainnya yang masih ada hubungannya dengan kemaslahatan orang banyak. Hal tersebut membuktikan bahwa cabang ilmu teknik ini memang sangat bermanfaat serta mampu memberi sumbangan pada masyarakat.

Teknik sipil sering disamakan dengan arsitek karena pekerjaannya hampir serupa. Tetapi dalam sebuah proyek kedudukan atau tugas keduanya berbeda. Arsitek memiliki tugas untuk memberikan sumbangan berupa rancangan, ide, dan kemungkinan pelaksanaan pembangunan di atas kertas. Kemudian hasil rancangan tersebut akan diserahkan pada staf bidang ahli teknik sipil untuk kemudian dilaksanakan. Ahli teknik sipil kemudian akan melakukan perbaikan saran dalam pelaksanaan koordinasi proyek dan mengamati jalannya proyek agar sesuai perencanaan termasuk didalamnya konsep financial dan manajemen proyek yang berpengaruh dalam jalannya proyek. Jadi, kesimpulannya ahli teknik sipil tidak hanya berurusan dengan proses pembangunan proyek saja tetapi juga hal-hal lainnya seperti modernisasi, perawatan, perbaikan dan lain-lain sedangkan arsitek hanya berurusan dalam pembangunan saja.

Indonesia memiliki beberapa tokoh yang berpengaruh dalam Teknik sipil bahkan karya mereka masih ada hingga sekarang. Orang-orang tersebut adalah Dr.(HC).Ir.Soekarno, Prof.Dr.(HC) Ir. Roosseno, Ir.Tjokorda Raka Sukawati, Prof.Dr.Ir.Wiratman Wangsadinata, Ir.Ahadi, dan beberapa tokoh lainnya. Hasil karya para ahli tersebut berupa konstruksi cakar ayam, fly over, stadium, underpas, bandara, pelabuhan, jalan kereta api, sosrobahu, dan masih banyak contoh lainnya. Itulah beberapa karya yang terkenal di Indonesia bahkan luar negri. Salah satu contoh karya yang terkenal hingga luar negri adalah konstruksi cakar ayam yang bahkan menjadi konstruksi untuk beberapa gedung di luar negeri.

Add a Comment