Panduan Pendaftaran IPDN Secara Online

Panduan pendaftaran IPDN. Bagi anda yang ingin masuk dan menuntut ilmu di IPDN tentu jangan sampai menyia-nyiakan waktu untuk tidak mengetahui informasi-informasi dari salah satu ikatan pendidikan dari pemerintahan.

Nah, agar tidak ketinggalan informasi kami dari masukuniversitas.com memberikan informasi penting tata cara atau panduan pendaftaran IPDN dan kapan saja diadakan pendaftaran IPDN.

Untuk lebih lanjut informasi ini, bisa menyimak panduan pendaftaran IPDN secara online ini dengan baik. Masuk IPDN memang keinginan bagi mereka yang baru lulus sekolah menengah atas atau sederajat. IPDN sendiri merupakan sekolah yang terikat oleh dinas, sehingga anda akan terasa terjamin jika berhasil lolos disana. Memang tidaklah mudah untuk mengikuti tahap – tahap test atau seleksi yang telah disediakan oleh IPDN. Orang pintar/pandai saja pun belum tentu lulus seleksi. Banyak dari teman anda yang sudah susah payah berlatih keras namun hasilnya tidak bisa lolos.

Baca juga informasi IKATAN DINAS:

IPDN sendiri merupakan singkatan Ikatan Pemerintahan Dalam Negeri. IPDN juga menjadi bagian pendidikan yang menjadi salah satu favorit dari berbagai orang. Tidak hanya itu, konon dikabarkan setelah lolos seleksi maka yang mengikuti pendidikan disana sudah terjamin dan dibiayi atau ada biaya diberikan setiap yang bersekolah disana.

Pendaftaran IPDN memang dibuka setiap tahun, dan bisa anda akses di website resmi IPDN di  ipdn.ac.id dan ipdn.kemendagri.go.id. Ikutilah semua persyaratan dan peraturan yang telah di tetapkan. Peraturan yang telah dibuat tidak untuk dilanggar oleh semua peserta, jika ada yang ketauan, maka akan didiskualifikasi. Penerimaan IPDN dengan naungan dibawah dari KEMENDAGRI ini, jika anda berhasil lolos maka akan diterima menjadi CPNS dibawah kementrian dalam negri. Sungguh enak bukan, maka dari itu anda bisa berlatih secara keras dan serius.

Nah, untuk melengkapi informasi ini, maka kami berikan info selengkapnya dibawah.

Tata cara atau panduan Pendaftaran IPDN Terbaru

Panduan Pendaftaran IPDN Secara Online

Untuk anda yang sudah ingin cepat mendaftar di IPDN ini bisa segera melengkapi berkas untuk pendaftaran sekarang juga, adapaun panduan pendaftaran IPDN secara online, sebagai berikut :

1.    Asli Warga Negara Indonesia
2.    Untuk usia pelamar / peserta per tanggal 1 Desember 2016. Pelamar / peserta memiliki usia maksimal 16 tahun dan maksimal berusia 21 tahun.
3.    Memiliki nilau rata – rata di Ijazah / STTB SMA/sederajat minimal 7,00 di tahun kelulusan 2104, 2015, dan 2016.
4.    Memiliki tinggi badan untuk pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm
5.    Tidak memiliki tato atau bekas tato dan bagi peserta pria tidak pernah ditindik atau ada bekas tindik di telinganya atau terkecuali memang ketentuan dari agama / adat.
6.    Tidak berkacamata atau lensa sesuai dengan pemeriksaan kesehatan
7.    Memiliki sudat sehat dari dokter, pemerintah atau puskesmas
8.    Belum pernah menikah, kawin, hamil atau melahirkan, dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama pendidikan
9.    Sanggup mentaati segala peraturan kehidupan praja dan sanggup mengembalikan semua biaya pendidikan, siap diberhentikan apabila melanggar dan melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi bahkan menjual belikan narkoba, berkelahi, pemukulan, pengroyokan, serta melakukan tindakan asusila, yang berdampak hukum atau tidak.

Persyaratan diatas tidak hanya secara umum saja namun memang menjadi sebuah keharusan bagi anda yang akan mendaftar di IPDN ini. Persyaratan tersebut memang tidak jauh berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, hanya beberapa saja disempurnakan dari tahun sebelumnya. Untuk itu anda harus bisa membaca sendiri semua persyaratan dengan teliti, apa saja yang harus disiapkan. Jika semua sudah lengkap, maka anda bisa langsung mengikuti semua proses pendaftaran melalui panduan pendaftaran IPDN secara online.

Proses pendaftaran IPDN secara lengkap:

Adapun caranya sebagai berikut :
1.    Fotocopy akte kelahiran 1 lembar
2.    Fotocopy ijazah atau surat tamat belajar yang sudah dilegalisir 1 lembar
3.    Surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas
4.    Bidoata diri peserta
5.    Surat pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan bersedia untuk tidak menikah dahulu selama mengikuti pendidikan yang telah diketahui oleh orang tua/wali, serta dinyatakan secara tertulis, ditandatangani dengan materai Rp 6.000
6.    Membuat surat pernyataan bersedia mentaati semua peraturan yang telah ditetapkan dan bersedia membayar seluruh biaya pendidikan yang sudah dikeluarkan dari pemerintah dengan alasan mengundurkan diri atau melanggar peraturan, diketahui dari orang tua / wali yang ditandatangi secara tertulis diatas materai Rp 6.000
7.    Membuat surat pernyataan siap berhenti jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi atau menjual belikan narkoba, berkelahi, pemukulan, pengeroyokan bahkan tindakan asusila harus membuat surat penryataan ditandatangi diatas materai Rp 6.000
8.    Pasphoto 3 x 4 sebanyak 4 lembar, 4 x 6 sebanyak 2 lembar, dengan background warna merah dan tidak berkacamata
9.    Untuk persyaratan adminisasi dibuat rapih dan masukkan ke dalam stofmap warna biru bagi pelamar pria, dan warna merah untuk wanita yang ditujukan kepada pantia seleksi penerimaan calon IPDN.

Sangat jelas bukan untuk apa saja yang harus anda siapkan nantinya, untuk formulir pendaftaran bisa didapatkan di website online di ipdn.ac.id atau ipdn.kemendagri.go.id. Ikuti semua panduan pendaftaran IPDN secara online. Jika anda masih bingung bisa langsung menghubungi call center panitia ipdn.

Baca juga :

Untuk tata cara panduan pendaftaran IPDN secara online sebagai beikut :

1.    Isi formulir di website resmi IPDN di ipdn.ac.id atau ipdn.kemendagri.go.id
2.    Untuk penerimaan akan dilaksanakan sesuai kota/kabupaten dengan melalui kantor BKD, langsung saja untuk mengetahui info di papa tempel
3.    Jika persyaratan sudah siap, maka akan dibawa ke provinsi untuk tahap seleksi administratif
4.    Tahap selanjutya itu test psikologi, kesehatan, integritas, kejujuran, serta TKD yang akan dilaksanakan menggunakan sistem CAT, test kemampuan, kesehatan, serta proses lainnya sampai selesai.
5.    Untuk berhasil atau tidaknya bisa langsung di cek di BKD ( Badan Kepegawaian Daerah )
6.    Langkah diatas belu tentu anda diterima, dan bukan hasil akhir
7.    Langkah terakhir ini merupakan hasil akhir dari seleksi IPDN yang akan dihadapkan pada peneapan MDN, jika selesai barulah anda diterima di IPDN

Lengkapi semua persyaratan dari awal hingga akhir, ikutilah semua prosesnya, dan terus berlatih agar anda diterima di IPDN. Demikianlah tata cara panduan pendaftaran IPDN secara online.

Add a Comment