Panduan Pendaftaran SNMPTN Secara Online

Panduan pendaftaran SNMPTN secara online. SMA atau Sekolah Menengah Atas merupakan tahap akhir dari masa studi para remaja. Setelah menjelang kelulusan, maka hal berikutnya yang menjadi pikiran baru adalah bagaimana cara memasuki perguruan tinggi negeri yang di inginkan.

Baru baru ini Ujian Nasional telah usai digelar beberapa siswa yang merayakan ikut melakukan beberapa aksi konvoi dijalanan. Namun sebetulnya hal tersebut sangat membuang buang waktu. Cara terbaik untuk memanfaatkan hal tersebut adalah mulai dengan cara mencari PTN. Sesuaikan dengan kriteria anda dan cari tahu. Cara pendaftaran SNMPTN yang tepat sesuai prosedur dan juga kemungkinan bisa diikuti dengan baik.

Panduan Pendaftaran SNMPTN Secara Online

Sumber gambar: amriawan.blogspot.com

Pemanfaatan hal semacam ini akan sangat berguna bagi anda yang selalu ingin selangkah lebih depan dibandingkan dengan siswa lainnya yang masih sibuk merayakan usainya masa Ujian Nasional.

Panduan pendaftaran SNMPTN online yang benar

Bagi anda yang sebelumnya telah menemukan universitas yang anda inginkan mungkin kini saatnya anda bergerak secara mandiri dan mencari tahu tentang apa saja alasan dan syarat agar anda bisa memasuki perkuliahan sesuai dengan harapan anda.

Pendaftaran SNMPTN secara online bisa dibilang sangat mudah dan juga cepat, hal tersebut dilakukan hanya dengan bantuan komputer dan tergantung dengan kuota data yang ada. Saat ini begitu banyak media yang menggembar gemborkan berbagai hal yang ada kaitannya dengan pendaftaran resmi PTN sesuai yang anda inginkan. Sebelumnya anda pasti telah mengetahui apa itu SNMPTN, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang juga merupakan jalur untuk penerimaan mahasiswa baru untuk masuk ke perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Baca juga: Panduan pendaftaran SBMPTN

Pada jalur masuk SNMPTN ini yang diutamakan adalah prestasi siswa disekolah atau prestasi siswa semasa SMA dalam bidang akademik maupun non akademik seperti nilai nilai rapor, prestasi yang mendukung dan lain sebagainya. Biasanya penilaian rapor yang diambil adalah dari 5 smester yaitu dari mulai kelas X hingga kelas XII pada semester pertama.

Pendaftaran  SNMPTN ini memang hanya tersedia untuk mereka yang memenuhi beberapa syarat diatas yaitu siswa yang berprestasi dan juga cerdas dalam bidang akademik dan non akademik, sehingga memang seringkali jalur masuk ini biasanya hanya menjaring sedikit calon mahasiswa untuk masuk keperguruan tinggi negeri.

Pendaftaran SNMPTN yang kali ini bisa dilakukan secara online memang memberikan kemudahan bagi beberapa orang yang terkadang menjadikan jarak adalah kendala terbesar untuk mendaftar secara manual.

Jika anda ingin mendaftar, kini anda cukup mengunjungi website pendaftaran online berikut ini web.snmptn.ac.id setelah anda masuk kemudian tata cara berikutnya anda tinggal mengikuti langkah langkah yang telah tersedia diwebsite tersebut.

Untuk pendaftaran online disediakan dua jenis jalur pendaftaran yaitu ada untuk pendaftaran bidikmisi dan ada juga pendaftaran non bidikmisi. Pendaftaran bidikmisi yaitu jalur pendaftaran yang diperuntukan untuk mereka yang berasal dari keluarga yang kurang mampu jika dilihat secara ekonomi. Bisanya jalur ini di berdasarkan rekomendasi sekolah yang memberikan kepada anak yang bersangkutan.

Tatacara pendaftaran bidikmisi adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke alamat berikut: bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id,
  2. Login di menu sekolah,
  3. Muncul 3 pilihan sekolah dimana pilihan tersebut diantaranya adalah, sekolah yang sudah terdaftar, sekolah yang belum terdaftar lalu sekolah dekstop,
  4. Jika sekolah anda adalah sekolah yang belum terdaftar anda bisa langsung klik point tersebut dan memasukan nama sekolah anda,
  5. Setelah nama sekolah anda terdaftar kemudian anda masuk menggunakan nama sekolah atau NPSN dan masukan juga kode akses sekolah,
  6. Disana ada halaman daftar biodata sekola dan harus diisi lengkap disertai dengan biodata siswa yang sebelumnya telah direkomendasikan untuk mendaftar secara bidikmisi oleh sekolah,
  7. Kemudian anda akan mendapatkan kode pendaftaran dan kode akses yang diperuntukan untuk masing – masing siswanya yang mendaftar,
  8. Selanjutanya siswa mendaftarkan diri melalui jalur website yang sama seperti point pertama (bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id),
  9. Login, gunakan nomor atau kode pendaftaran sekolah dan juga kode akses siswa yang telah didapatkan sebelumnya,
  10. Isi biodata diri siswa secara lengkap dan jujur,
  11. Kemudian cetak kartu tanda peserta jalur bidikmisi sebagai bukti akhir pendaftaran,
  12. Langkah selanjutnya adalah daftar SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN ini bisa dilakukan oleh semua. Untuk anda yang tidak berprestasi dan juga telah memiliki prestasi.

Bagi siswa yang sebelumnya juga telah mendaftarkan bidikmisi tetap harus melakukan pendaftaran semacam ini juga. Dikarenakan pendaftaran bidikmisi yang seblumnya dilakukan adalah untuk mendapatkan beasiswa kuliah karena alasan ekonomi yang kurang memenuhi.

Untuk pendaftarannya ada dua tahap yaitu tahap pertama tahap pengisian data oleh sekolah yang juga disebut dengan PDSS atau pangkalan data sekolah dan siswa. Selanjutnya, tahap kedua adalah tahap verfikasi siswa yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa data yang diisi adalah benar dan sesuai.

Tatacara pendaftaran PDSS (Panggalan Data Sekolah dan Siswa), adalah sebagai berikut:

    1. Login di pdss.snmptn.ac.id,
    2. Klik halaman sekolah,
    3. Pilih wilayah anda (provinsi, kabupaten/kota, sekolah anda),
    4. Login PDSS menggunakan password sekolah yang telah ada, jika sekolah belum terdaftar maka lakukan pendaftaran terlebih dahulu,
    5. Isi biodata peserta,
    6. Sekolah mendapatkan NISN dan Password siswa,
    7. Lakukan verifikasi siswa.

Tahap verifikasi ini sangat penting. Hal ini tujuannya untuk memastikan bahwa data yang telah diisi adalah benar. Namun jika siswa tidak melakukan verifikasi maka data tersebut dianggap benar dan sudah mutlak serta harus bisa dipertanggung jawabkan dikemudian hari saat dilakukan pendataan dari pihak perguruan tinggi yang dimasuki.

Sekian informasi panduan pendaftaran SNMPTN secara online. Semoga bisa memberikan manfaat bagi anda sebagai siswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi.

Baca juga: Pengumuman SNMPTN

Add a Comment