Pendaftaran Mahasiswa STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

Sekolah Tinggi Transportasi Darat atau yang biasanya dikenal dengan julukan STTD merupakan salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan dibawah naungan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia yang berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat. STTD yang berlokasi di daerah Cibitung Bekasi ini awalnya didirikan dengan nama Akademi Lalu Lintas atau ALL yag diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 8 September 1951.

Jika anda mempunyai cita-cita menjadi seorang ahli transportasi darat, STTD merupakan pilihan yang tepat. Terdapat beberapa program studi di STTD yakni D IV Transportasi darat, D III Lalu Lintas dan Angkutan jalan, D III Perkeretaapian, D III Angkutan Sungai, danau dan Penyeberangan dan D III Pengujian Kendaraan Bermotor. Lalu bagaimana cara pendaftaran mahasiswa STTD?

Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Persyaratan Pendaftaran STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) 2016/2017

  1. Berasal dari daerah yang telah menjalin kerjasama Pola Pembibitan dengan STTD
  2. Pria atau wanita usia maksimum 23 tahun pada bulan September 2016
  3. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan
  4. Tinggi minimal pria 165 cm dan wanita 160 cm
  5. Rata-rata nilai raport minimal 7 untuk mata pelajaran Fisika dan Matematika mulai dari semester 1 sampai dengan 5
  6. Melampirkan pas photo berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm dengan latar belakang warna merah, ijazah/STTB, nilai UN, Akte kelahiran dan Surat Keterangan belum menikah dari Kelurahan/Desa
  7. Bagi yang masih duduk di kelas XII SLTA harus melampirkan Surat keterangan dari Kepala Sekolah sebagai peserta UN

baca juga : Syarat Pendaftaran TNI Terbaru

Setelah melengkapi persyaratan pendaftaran, anda sebaiknya mengetahui alur pendaftaran STTD. Adapun alur pendaftaran STTD 2016/2017 yaitu:

  1. Mendaftar online ke alamat “http://panseldikdin.menpan.go.id” dan selanjutnya anda akan mendapat username serta password
  2. Gunakan username dan password untuk mendaftar online ke alamat “http://bpsdm.dephub.go.id” lalu isi biodata anda secara lengkap dan cetak kartu peserta anda.

Tata Cara Pendaftaran STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) 2016/2017

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui portal BPSDMP di “http://bpsdm.dephub.go.id”
  2. Tata cara pendaftaran dan ketentuan pendaftaran secara lengkap bisa anda lihat di portal tersebut
  3. Pola pembibitan:
  • Khusus program studi STTD, BPPTD Palembang dan BPPTD bali terdapat dua jalur penerimaan yakni reguler dan pola pembibitan putra putri daerah
  • Calon peserta pola pembibitan sebelum mendaftar melalui portal BPSDMP wajib mendaftar melalui portal nasional Seleksi Penerimaan Siswa Pendidikan Ikatan Dinas Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi untuk mendapatkan username, password dan konfirmasi pendaftaran melalui email yang selanjutnya digunakan untuk login di http://panseldikdin.menpan.go.id
  1. Setelah mendapatkan nomor ujian tes potensi akademik, calon peserta mendaftarkan diri untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Taruna Pola Pembibitan pada Badan Kepegawaian Daerah atau Dinas Perhubungan.

Perlu diketahui juga jenis dan tahapan seleksi dari STTD. Berikut ini adalah serangkaian tahapan seleksi yang diadakan oleh STTD:

  1. Seleksi administrasi meliputi kelengkapan administrasi
  2. Seleksi tahap I berupa tes potensi akademik
  3. Seleksi tahap II berupa psikotes
  4. Seleksi tahap III berupa tes kesehatan
  5. Seleksi tahap IV berupa tes kesamaptaan dan tes wawancara
  6. Tes Kemampuan Dasar

Serangkaian pelaksanaan pendaftaran dan seleksi STTD dimulai dari bulan April hingga bulan Agustus. Untuk jadwal lebih lengkap silahkan kunjungi website resmi dari STTD. Demikian sekelumit informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa STTD. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berjuang.

Add a Comment