Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah 2017

Masukuniversitas.com, info jadwal pendaftaran PDSS SNMPTN sekolah 2017. Saat ini pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bukan hanya dilakukan oleh siswa saja, namun pihak sekolah juga dituntut untuk terlibat dalam seleksi ini. Keterlibatan pihak sekolah dalam SNMPTN ini dikenal dengan istilah PDSS atau Pangkalan Data Sekolah dan Siswa.

Tahun 2017 ini, pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah akan kembali dibuka. Oleh karena itu, semakin matang persiapan dari sekolah, maka akan semakin mudah saat mendaftar PDSS SNMPTN Sekolah 2017 nanti.

Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah

PDSS SNMPTN adalah sebuah portal website resmi yang berguna untuk mengisikan data-data sekolah dan siswa sebagai bagian dari serangkaian pendaftaran dan seleksi SNMPTN. Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah merupakan tahap pertama dari berbagai proses SNMPTN.

Pada dasarnya proses PDSS SNMPTN Sekolah diawali dengan pendaftaran informasi sekolah yang dilakukan oleh Kepala Sekolah. Setelah itu, Kepala Sekolah juga wajib mendaftarkan siswanya dengan mengirimkan dokumen rekomendasi. Kemudian setelah semua data  berhasil diisikan, maka siswa dapat melakukan verifikasi data pendaftaran. Jika semua tahap telah berhasil dilalui, maka siswa sudah dapat melakukan pendaftaran SNMPTN 2017.

Syarat Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah

Untuk dapat mengikuti pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah 2017, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pihak sekolah diantaranya adalah

1.    SMA/SMK/MA sederajad termasuk Sekolah Indonesia di Luar Negeri yang telah memiliki NSPN.
2.    Wajib mengisi data PDSS SNMPTN Sekolah 2017 dengan benar dan lengkap.

Tahap Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah

Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah dilaksanakan melalui 3 tahap yaitu pengisian dan verivikasi PDSS, Pemringkatan yang dilakukan oleh Kemendikbud, dan pendaftaran SNMPTN. Berikut ini uraian masing-masing tahap pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah yang harus Anda ketahui:

1.    Pengisian dan Verifikasi PDSS SNMPTN Sekolah 2017

a.    Kepala Sekolah atau petugas yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa pada laman http://pdss.snmptn.ac.id untuk mendapatkan password verifikasi.
b.    Siswa kemudian melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik pada situs http://pdss.snmptn.ac.id dengan NISN dan password yang telah didapatkan pada poin 2 di atas.
c.    Jika siswa tidak melakukan verifikasi data rekam jejak akademik, maka data yang diisikan oleh sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah tenggat waktu verifikasi berakhir.
d.    Sekolah yang melakukan kecurangan dalam pengisian data pendaftaran PDSS SNMPTN 2017 akan diberikan sanksi tegas berupa di-blacklist (tidak diikutsertakan) dalam seleksi SNMPTN tahun berikutnya.

2.    Pemeringkatan oleh Kemendikbud

a.    Panitia seleksi SNMPTN 2017 tingkat pusat melakukan pemeringkatan prestasi siswa berdasarkan nilai mata pelajaran dengan kualifikasi sebagai berikut:
–    Jurusan IPA menggunakan nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
–    Jurusan IPS menggunakan nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
–    Jurusan Bahasa menggunakan nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahsa Asing.
–    Sekolah SMK menggunakan nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.
b.    Siswa yang dinyatakan telah memenuhi syarat pemeringkatan prestasi akademik yang telah dilakukan oleh panitia pusat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN tahun 2017.
c.    Siswa yang terbukti melakukan kecurangan saat mengisi rekam jejak akademik ataupun saat tes berlangsung akan mendapat sanksi dibatalkan status kelulusannya dalam SNMPTN 2017.

3.    Pendaftaran SNMPTN 2017

a.    Siswa yang telah dinyatakan memenuhi kriteria pemeringkatan oleh panitia pusat harus mendaftar SNMPTN melalui website http://www.snmptn.ac.id. Siswa dapat masuk dengan menggunakan NISN dan password login yang telah diperoleh dari pendaftaran PSDD SNMPTN Sekolah.
b.    Setelah berhasil login pada website http://www.snmptn.ac.id, siswa harus mengisi biodata, pililhan PTN, pilihan program studi, dan mengunggah foto resmi terbaru serta dokumen resmi tambahan yang diperlukan.
c.    Siswa yang mendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib menyertakan dokumen pendukung berupa bukti keterampilan dan portofolio yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah. Pedoman ini dapat diunduh melalui website http://www.snmptn.ac.id.
d.    Setelah semua tahapan pendaftaran berhasil, siswa harus mencetak Kartu Bukti Pendaftaran. Kartu ini berfungsi sebagai bukti peserta SNMPTN saat akan mengikuti ujian tulis.

Jadwal PDSS SNMPTN Sekolah 2017

Agar Anda tidak ketinggalan setiap tahapan pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah 2017, maka Anda perlu mencatat jadwal pelaksanaannya sebagai berikut:

1.    Pengisian data PDSS SNMPTN Sekolah 2017 dapat dilakukan pada tanggal 14 Januari – 10 Februari 2017.
2.    Verifikasi data PDSS SNMPTN Sekolah 2017 yang dilakukan oleh siswa dimulai pada tanggal 15 Januari – 12 Februari 2017.
3.    Pendaftaran SNMPTN oleh siswa dibuka mulai tanggal 21 Februari – 6 Maret 2017.
4.    Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2017 dimulai pada tanggal 14 Maret – 14 April 2017.
5.    Proses Seleksi (Ujian tulis) dimulai tanggal 15 Maret – 15 April 2017.
6.    Pengumuman hasil seleksi SNMPTN 2017 pada tanggal 26 April 2017.
7.    Proses verifikasi dokumen di PTN yang dituju oleh peserta tes yanglulus seleksi (pendaftaran ulang) dilakukan serentak tanggal 16 Mei 2017 (waktu pendaftaran ini berbarengan dengan pelaksanaan ujian tulis SBMPTN 2017).
8.    Informasi resmi proses pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah 2017 dapat diunduh melalui website http://www.snmptn.ac.id.
9.    Jika Anda memliki pertanyaan atau kesulitan saat mendaftar, maka Anda dapat menghubungi call center SNMPTN 2017 melalui nomor 08041-450-450.
10.    Informasi mengenai SNMPTN juga dapat Anda peroleh melalui bagian Humas PTN terdekat.

Itulah informasi dan jadwal PDSS SNMPTN Sekolah 2017 yang Wajib Anda ketahui. Diharap kepada teman-teman untuk selalu melihat jadwal secara berkala. Jadwal dapat senantiasa berubah. Itulah yang bisa kami berikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Sumber:

http://snmptn.ac.id/informasi.html?1426322267
http://www.pendaftaran.net/2016/06/cara-pendaftaran-pdss-snmptn-sekolah.html
https://pdss.snmptn.ac.id/
YUL–

Add a Comment