Pendaftaran PDSS SNMPTN Siswa 2017

Masukuniversitas.com, Info jadwal pendaftaran PDSS SNMPTN siswa 2017. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang informasi tentang cara Pendaftaran PDSS SNMPTN Siswa 2017, beserta jadwal PDSS SNMPTN siswa 2017. Adanya informasi ini diharapkan dapat dijadikan panduan bagi siswa SMA/SMK/MA dalam melakukan proses pendaftaran.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, tahukah kalian apa kepanjangan dari PDSS? Nah, PDSS merupakan singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. PDSS SNMPTN merupakan portal resmi pengisisan data rapor siswa sebagai persayaratan awal pendaftaran SNMPTN.

pendaftaran PDSS SNMPTN siswa

Sebagaimana yang telah kita ketahui sistem SNMPTN menggunakan jalur undangan dimana tidak semua peserta bisa mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi. Sekolah akan memilih beberapa siswa berprestasi yang akan lulus tahun ini untuk mengikuti seleksi SNMPTN. Sekolah pula yang berhak menentukan apakah seorang siswa layak atau tidak mengikuti seleksi PDSS SNMPTN Siswa 2017.

Nah, untuk bisa masuk dalam seleksi, pertama pihak sekolah harus melakukan pendaftaran online. Caranya dengan mengisi data nilai rapor siswa selama sekolah pada portal PDSS SNMPTN. Oleh Karena itu, sekolah berkewajiban mengisi PDSS dengan lengkap dan benar sesuai dengan data yang ada.

Setelah pihak sekolah mendaftar dan mengisi data nilai rapor siswa selama sekolah barulah siswa yang sudah terdaftar bisa melakukan verifikasi data pendaftaran PDSS SNMPTN. Jadi siswa-siswi yang dapat melakukan pendaftaran PDSS adalah siswa-siswi yang telah didaftarkan oleh pihak sekolah.

Info jadwal pendaftaran PDSS SNMPTN Siswa

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami berikan informasi lengkap tentang prosedur atau tata cara pendaftaran PDSS SNMPTN siswa 2017. Untuk bisa melakukan semua prosedur yang benar maka peserta harus mengikuti jadwal yang telah ditentukan dan setiap periode memiliki jadwalnya sendiri-sendiri. Berikut ini mari simak informainya.

A.    Jadwal PDSS SNMPTN Siswa 2017

1.    Pendaftaran sekolah di PDSS: 14 Januari-10 Februari 2017
2.    Periode pengisian dan perbaikan data nilai rapor: 14 Januari-10 Februari 2017
3.    Periode verifikasi nilai rapor oleh sekolah: 15 Januari-12 Februari 2017
4.    Periode verifikasi nilai rapor oleh siswa: 15 Januari-12 Februari 2017

Berdasarkan informasi dari situs resmi pdss, Panitia Pusat SNMPTN 2017 memutuskan untuk menambah waktu pengisian PDSS SNMPTN sampai dengan tanggal 13 Februari 2017 pukul 23.59 WIB.
Dan mengenai verifikasi oleh calon siswa akan di beri waktu hingga tanggal 14 Februari 2017 pukul 23.59 WIB.

B.    Tata cara/ Prosedur Verifikasi PDSS SNMPTN Siswa 2017

1.    Buka alamat portal resmi PDSS SMPTN yakni pdss.snmptn.ac.id
2.    Pilihlah menu “halaman untuk siswa”
3.    Kemudian login menggunakan NISN dan password yang telah diberikan oleh pihak sekolah
4.    Jika pertama kali login, maka siswa akan diminta untuk mengganti password
5.    Gantilah password dengan klik tombol “Ganti Password”, lalu klik “lanjutkan”
6.    Setelah password diganti, langkahn selajutnya adalah verifikasi data nilai rapor. Cek apakah nilai rapor Anda sudah sesuai. Pastikan tidak ada data nilai rapor yang salah
7.    Di menu ini siswa bisa melihat nilai yang belum di verifikasi dan yang sudah di verikikasi
8.    Untuk verifikasi nilai klik “centang”, kemudian klik “verifikasi”
9.    Jika saat mengecek data nilai rapor ada yang salah atau kurang lengkap, maka jangan terburu-buru untuk melakukan verifikasi. Laporkan masalah ini ke pihak sekolah dan mintalah untuk memperbaiki.
10.    Jika sudah diperbaiki, cek kembali kemilian silahkan verifikasi.
11.    Jika semua data telah terverifikasi, silahkan logout.

Catatan:

a. Apabila saat ingin login siswa lupa password, maka tanyakan langsung ke pihak sekolah apa password yang benar.
b. Nilai rapor atau data-data yang telah divalidasi TIDAK DAPAT diubah kembali, maka berhati-hatilah saat melakukan verifikasi. Pastikan semua data sudah sesuai dan benar.
c. Apabila saat melakukan proses verifikasi ada kendala, maka segera mita bantuan kepada pihak sekolah.
d. Bila calon mahasiswa belum verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) selama sekolah yang diisikan oleh pihak Sekolah, maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Seletah selesai melakukan tahap verifikasi PDSS, siswa kemudian sudah bisa melakukan pendaftaran SNMPTN secara online ke alamat web.snmptn.ac.id dengan menggunakan login yang diberikan oleh sekolah. Siswa kemudian mengisi ketentuan serta proses Pendaftaran SNMPTN sampai dengan selesai.

Berdasarkan ulasan di atas, makan dapat diketahui bahwa alur pendaftaran PDSS SNMPTN 2017 adalah sebagai berikut:

1. Pendaftaran PDSS SNMPTN

Untuk pendaftaran oleh Sekolah dapat melalui laman pdss.snmptn.ac.id.

2. Verifikasi

Untuk verifikasi data PDSS SNMPTN oleh siswa dengan menggunakan NISN dan password yang telah diberikan oleh pihak sekolah.

3. Pendaftaran SNMPTN oleh siswa

Jadi, pendaftaran PDSS SNMPTN dilakukan melalui beberapa tahap yang melibatkan sekolah sebagai penentu siswa-siswi di sekolah tersebut yang berhak mengikuti seleksi. Siswa dipilih berdasarkan pertimbangan prestasi yang telah didapat selama sekolah. Kemudian siswa mengikuti semua proses yang sudah dijelaskan  sampai dengan selesai.

Bagi siswa yang tidak terpilih dan belum bisa melakukan pendaftaran SNMPTN jangan bersedih hati sebab masih banyak kesempatan lain yang bisa diikuti seperti seleksi SBMPTN dan UMPTN. Jika Anda berkeinginan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri dan sudah mampu mengikuti seleksi di luar jalur SNMPTN tersebut, maka jangan sampai melewaktan kesempatan tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang Pendaftaran PDSS SNMPTN Siswa dan jadwal pendatrananya. Informasi ini penting dibaca karena memuat beberapa hal yang dibutuhkan siswa dalam proses pendaftaran PDSS SNMPTN.

Semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat terutama bagi siswa-siswi yang sedang melakukan pendaftaran PDSS SNMPTN Siswa 2017. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat.

Sumber:

pendaftaran.net/2016/11/cara-pendaftaran-pdss-snmptn.html
pdss.snmptn.ac.id
infopmb.com/2016/04/pendaftaran-pdss-snmptn-siswa.html

Add a Comment