Pendaftaran Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STP Bandung) adalah salah satu pilihan menuntut ilmu. Bandung atau yang dikenal juga dengan sebutan Kota Kembang adalah salah satu kota metropolitan di pulau Jawa yang juga merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat.

Selain itu, Bandung juga dikenal sebagai salah satu kota pendidikan di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan begitu banyaknya Perguruan Tinggi berkualitas yang dapat kita temui di kota yang berjuluk Paris Van Java ini. Salah satu Perguruan Tinggi yang bisa kita temui di Bandung adalah Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

Maka dari itu kali ini kami masukuniversitas.com akan membagikan sedikit informasi mengenai pendaftaran Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Untuk lebih lengkapnya mari simak ulasan berikut ini.

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sedangkan secara teknis akademis perguruan tinggi ini dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Program studi yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) adalah program studi yang menekankan kepada pencapaian keterampilan dari sebuah ilmu. Pencapaian keterampilan tersebut diperkaya lagi dengan Praktik Laboraturium, Studi Lapangan serta Praktik Kerja Nyata.

Cikal bakal dari STPB berawal dari didirikannya Sekolah Kejuruan Perhotelan (SKP) pada tahun 1959, yang merupakan sekolah menengah atas kejuruan yang berada di bawah naungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1962. Seiring berjalannya waktu sekolah ini pun berubah menjadi sekolah kejuruan perhotelan dan perestoran (SKPP) yang berada di bawah naungan departemen perhubungan darat.

Sebagai sebuah lembaga tinggi yang dimiliki pemerintah, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung bertujuan menyiapkan tenaga-tenaga profesional di bidang pariwisata sebagai aset nasional yang berkualiats internasional, kreatif, berjiwa wirausaha, berkepribadian Indonesia serta berbudi luhur.

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri dalam mengembangkan program pendidikannya di tingkat D-III, D-IV S1 dan Magister Manajemen.

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung memiliki tiga jurusan, antara lain :

Jurusan Hospitaliti dengan program studi :

  1. Studi Akomodasi dan Katering (S1)
  2. Administrasi Perhotelan (D4)
  3. Manajemen Divisi Kamar (D3)
  4. Manajemen Tata Boga (D3)
  5. Manajemen Tata Hidang (D3)
  6. Manajemen Patiseri (D3)

Jurusan Kepariwisataan dengan program studi :

  1. Studi Destinasi Pariwisata (S1)
  2. Manajemen Destinasi Pariwisata (D4)
  3. Manajemen Bisnis Pariwisata (D4)

Jurusan Perjalanan dengan program studi

  1. Studi Industri Perjalanan (S1)
  2. Manajemen Bisnis Perjalanan (D4)
  3. Manajemen Pengaturan Perjalanan (D4)

Pascasarjana dengan program studi :

  1. Konsentrasi Manajemen Perhotelan
  2. Konsentrasi Manajemen Perjalanan
  3. Konsentrasi Administrasi Pariwisata

Untuk pendaftaran mahasiswa baru Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung tahun akademik 2016/2017 dibuka melalui 2 jalur, yaitu Seleksi Mandiri (SMMSTAPP) dan Seleksi Bersama (SNMSTAPP). SMMSTAPP merupakan pendaftaran serta seleksinya dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Sedangkan SNMSTAPP merupakan Seleksi Nasional Masuk Sekolah Tinggi Akademi dan Politeknik Pariwisata yang mana pendaftaran dan seleksi dilaksanakan secara bersama dengan Sekolah Tinggi Akademi dan Politeknik Pariwisata yang berada di lingkungan Kementerian Pariwisata.

Syarat pendaftaran

  • Fotokopi ijazah SMU/SMK/MA atau sederajat yang dilegalisir (jika ijazah belum keluar maka bisa menggunakna Surat Kelulussan/SKHUN dari sekolah). Bagi yang memiliki ijazah luar negeri harus mendapatkan kesetaraan dari DIKTI
  • Fotokopi KTP (bagi yang belum memiliki KTP bisa menggunakan Kartu Keluarga)
  • Pas photo berwarna terbaru 3 x 4 cm (5 lembar) dengan latar belakang merah

Artikel terkait, Bandung:

Bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, bisa langsung datang ke kampus yang alamat di Jl. DR. Setiabudhi 186, Bandung atau mengunjungi website resminya. Demikianlah sedikit informasi mengenai Pendaftaran Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda mengenai Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Terima kasih.

Add a Comment