Pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) Online Terbaru

Sekolah Tinggi Sandi Negara atau yang terkenal dengan nama STSN adalah perguruan tinggi kedinasan atau lebih tepatnya sekolah kedinasan di Indonesia yang diselenggarakan oleh lembaga sandi negara yang di dasarkan pada keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2003. STSN sendiri merupaka sekolah satu satunya yang menjurus ke Persandian.

STSN didirikan memang untuk memnuhi kebutuhan peningkatan kwalitas SDM aparatur  bidang persandian yang mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dari ancaman pengamanan informasi negara.

Sekolah Tinggi Sandi Negara

Program studi yang ada di dalam Sekolah Tinggi Sandi Negara sendiri adalah Manajemenisasi Persandian dan juga Teknik Persandian. Teknik Persandian sendiri terbagi menjadi dua yaitu Teknik Kripto dan juga Teknik Rangcang Bangun Peralatan Sandi.

Pada kegiatan pendidikan di STSN sendiri telah menerapkan sistem paket yang dinyatakan dalam SKS yang berjumlah 146 SKS dan ditempuh dengan lama waktu empat tahun.

Setiap tahunnya, Sekolah Tinggi Sandi Negara selalu membuka pendaftaran peserta didik baru. Sistem seleksi dari STSN sendiri berupa tes bertahap yang menggunakan sistem gugur. Dan pelaksanaan dari tes tersebut tidak di pungut biaya sedikitpun.

Baca juga : Pendaftaran Akpol (Akademi Kepolisian)

Pendaftaran SBMP Online

SBMP sendiri adalah singkatan dari seleksi penerimaan mahasiswa baru khusus untuk sekolah tinggi sandi negara dimana seleksi ini akan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan ditetapkan oleh panitia seleksi. Penetapan dan juga pengumuman pendaftaran diumumkan dalam situs resmi dari STSN yaitu SPMB.STSN-NCI.ac.id

Untuk melakukan registrasi pendaftaran, para calon peserta didik baru harus melengkapi semua syarat yang ada dan sesuai dengan petunjuk pendaftaran yang kemudian di ikuti dengan prosedur pendaftaran yang sudah ditentukan.

Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Sandi Negara :

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Calon peserta didik berasal dari Siswa kelas XII atau lulusan SMA jurusan IPA atau Madrasah Aliyah jurusan IPA
  • Nilai Matematika dan Bahasa Inggris (teori) masing-masing minimal 8 (delapan) pada semester IV dan V
  • Usia minimal 17 tahun dan tidak melebihi dari 21 tahun
  • Sehat jasmani dan rohani serta tidak cacat fisik dan mental.
  • Calon peserta didik belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STSN.
  • Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan instansi lain.
  • Bersedia mematuhi peraturan STSN dan menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID)

Untuk tahap seleksi sendiri di Sekolah Tinggi Sandi Negara adalah :

  • Seleksi Tahap I adalah tahap administrasi yaitu Berkas yang dikirim oleh calon peserta akan diseleksi oleh Panitia SPMB STSN
  • Calon Peserta melakukan Registrasi Ulang dengan membawa Formulir Pendaftaran.
  • Seleksi Tahap II adalah Tes Akademik yaitu Peserta mengikuti ujian tertulis dengan materi Matematika, Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik
  • Seleksi Tahap III adalah Tes Psikologi
  • Seleksi Tahap IV adalah Tes Kesehatan dan Kebugaran
  • Seleksi Tahap VI adalah Tes Wawancara yang berupa Peserta wajib membawa berkas asli dan membawa bukti-bukti hasil prestasi akademik dan non akademik.
  • Seleksi Tahap VII adalah tahap akhir yaitu Pantukhir (Panitia Penentuan Terakhir)

Perlu diketahui untuk para pendaftar yang akan mendaftar ke Sekolah tinggi sandi Negara ini adalah bahwasanya SPMB saat ini adalah satu satunya jalur masuk secara umum. Jika calon peserta didik mengikuti seleksi jalur dan bisa lulus dengan waktu yang tepat, maka anda akan langsung diangkat CPNS dibawah naungan Lemsaneg atau yang dikenal dengan istilah Lembaga Sandi Negara.

Jadwal pendaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN): 9 – 31 Maret sebanyak 100 orang

Demikianlah sedikit informasi mengenai pedaftaran Sekolah Tinggi Sandi Negara. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mendaftar.

Add a Comment