Info Pendaftaran SNMPTN Terbaru 2017, Ini Jadwal Secara Online

Masukuniversitas.com, info pendaftaran SNMPTN 2017, inilah jadwalnya. Anda yang sekarang berada di bangku kelas 12 SMA, pasti sedang heboh-hebohnya memikirkan kemana Anda akan kuliah beberapa bulan lagi. Nah, untuk itu kami memberikan berita gembira kepada Anda mengenai info pendaftaran SNMPTN  di tahun ini. Semoga dengan mengetahui informasi mengenai pendaftaran SNMPTN lebih awal, Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, tidak ketinggalan informasi, serta kehilangan kesempatan berharga.

Apa itu SNMPTN?

Sebelum kami menjelaskan panjang lebar mengenai info pendaftaran SNMPTN, maka ada baiknya kami menjelaskan apa itu SNMPTN, karena bisa jadi banyak di antara Anda yang masih bingung dengan istilah ini. Oke, buatanda yang penasaran apa itu SNMPTN, berikut penjelasan detailnya.

SNMPTN sendiri merupakan kependekan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini merupakan salah satu cara menyaring mahasiswa yang akan masuk perguruan tinggi negeri dan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Anda pun perlu tahu bahwa banyak sekali lho yang berharap bisa masuk perguruan tinggi melalui jalur ini, namun tidak semua bisa mengikuti proses seleksinya. Kenapa? Ini dikarenakan jalur ini hanya diperuntukkan untuk siswa yang memiliki prestasi yang secara konsisten selalu baik di setiap semesternya.

Baca juga: Ucapan Idul Fitri

Tujuan diadakannya SNMPTN

Mungkin di antara Anda ada yang bertanya-tanya, sebenarnya apa sih tujuan diadakannya SNMPTN? Nah, sebenarnya ada dua hal yang menjadi tujuan besar diadakannya SNMPTN. Pertama, SNMPTN bertujuan untuk memberikan peluang kepada siswa berprestasi, baik itu siswa SMA, SMK maupun MA, untuk bisa kuliah di perguruan tinggi negeri.

Dengan memberikan peluang seperti ini, maka diharapkan tujuan SNMPTN yang kedua bisa terwujud, yaitu menyiapkan mahasiswa-mahasiswa unggul untuk mengisi PTN di Indonesia, sehingga mutu PTN bisa semakin meningkat dengan input mahasiswa yang berprestasi seperti ini.

Ketentuan umum SNMPTN

Apabila Anda ingin mendaftarkan diri mengikuti seleksi SNMPTN, maka Anda perlu memperhatikan ketentuan umum yang disyaratkan panitia SNMPTN. Dan di antara ketentuan umum yang didapatkan dari laman resmi SNMPTN itu adalah sebagai berikut.

1. Pola Seleksi Menggunakan Raport

Berbeda dengan seleksi penerimaan mahasiswa dengan jalur yang lain, penerimaan mahasiswa dengan jalur SNMPTN menggunakan raport semester 1 hingga semester 5 sebagai acuan untuk melihat prestasi akademik siswa, dan dari nilai-nilai raport inilah calon mahasiswa itu disaring.

2. Berbasis pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)

Untuk bisa mengakses nilai-nilai yang ada, panitia SNMPTN akan menggunakan PDSS sebagai basis datanya. Sehingga pihak sekolah diharapkan selalu meng-update kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa di basis data tersebut.

3. Sekolah Harus Memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

Jika Anda ingin mendaftarkan diri di SNMPTN, maka Anda perlu bertanya kepada pihak sekolah mengenai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), karena keberadaan NPSN ini menjadi salah satu syarat untuk bisa mengikuti SNMPTN.

4. Siswa Harus Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Tidak hanya NPSN saja yang menjadi syarat untuk mengikuti SNMPTN, siswa pun harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), tapi tentunya disertai dengan prestasi yang unggul baik itu dibidang akademik maupun prestasi lainnya, serta terekam jejaknya di PDSS.

5. Membaca dan memahami ketentuan penerimaan mahasiswa baru

Apabila Anda akan melakukan proses seleksi apapun, entah itu tes masuk perguruan tinggi ataupun ketika melamar pekerjaan, maka yang harus Anda lakukan adalah membaca dan memahami ketentuan-ketentuannya, baik itu ketentuan umum, maupun ketentuan khusus yang dikeluarkan panitia seleksi.

Ketentuan khusus SNMPTN

Untuk bisa mengikuti seleksi SNMPTN, ternyata tidak bisa sembarangan lho! Ada ketentuan-ketentuan dan syarat-syarat yang harus Anda penuhi. Apa saja syarat-syaratnya? Langsung kita lihat bersama, yuk!

1. Persyaratan sekolah

Siswa baru bisa mendaftarkan diri mengikuti SNMPTN, jika sekolah tempatnya menuntut ilmu memenuhi persyaratannya, yaitu memiliki NPSN serta telah melengkapi data-data di PDSS dengan baik dan benar. Karena data inilah yang nantinya menjadi acuan saat proses seleksi.

2. Persyaratan siswa yang mendaftar

Selain sekolah yang harus memenuhi persyaratan, siswa yang mendaftar pun wajib memenuhi persyaratan yang ditetapkan panitia. Persyaratan itu meliputi prestasi yang unggul dengan peringkat yang baik di sekolah, terdaftar di PDSS dan memiliki NISN, punya nilai raport yang sudah dimasukkan ke PDSS dari semester 1 sampai dengan semester 5, serta terpenuhinya persyaratan yang diminta oleh pihak PTN.

3. Syarat di terima di PTN

Setelah Anda memenuhi persyaratan-persyaratan yang disampaikan di atas, maka Anda bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi SNMPTN, tapi dengan mendaftar saja tidak membuat Anda serta merta bisa masuk PTN. Anda baru akan diterima di PTN apabila Anda lulus mengikuti ujian nasional di sekolah, lulus seleksi SNMPTN, dan saat verifikasi, persyaratan berkas-berkas Anda diterima oleh PTN. [Cari tahu, panduan lengkap daftar SNMPTN].

Jadwal dan info pendaftaran SNMPTN tahun 2017

Bagaimana? Setelah mengenal lebih dekat SNMPTN 2017 beserta persyaratannya, apakah Anda tertarik dan memenuhi syarat untuk ikut seleksi? Jika iya, maka Anda perlu melihat jadwal SNMPTN tahun 2017 berikut ini, dan melakukan proses pendaftaran menggunakan NISN beserta password-nya ke snmptn.ac.id
a. Melengkapi data PDSS: 14 Januari-10 Februari 2017
b. Pemeriksaan PDSS: 15 Januari-12 Februari 2017
c. Pembukaan pendaftaran online SNMPTN: 21 Februari-6 Maret 2017
d. Mencetak Kartu tanda peserta SNMPTN: 14 Maret-14 April 2017
e. Jadwal seleksi: 15 Maret-15 April 2017
f. Pengumuman SNMPTN: 26 April 2017

Baca juga: Syarat SNMPTN 2017

Nah, itulah diatas, sekelumit ulasan mengenai info pendaftaran SNMPTN terbaru 2017, semoga bermanfaat.

Sumber:
snmptn.ac.id/informasi.html
infopmb.com/2015/09/pendaftaran-snmptn.html

Add a Comment