Panduan Pendaftaran STAN Secara Online

Ingin masuk STAN, maka anda harus mengetahui tata cara panduan pendaftaran STAN secara online. STAN atau yang lebih sering didengar Sekolah Tinggi Administrasi Negara merupakan sekolah pendidikan ikatan dinas yang menjadi salah satu favorit dan populer dikalangan banyak orang dan salah satu pilihan untuk menuntut ilmu.

Emang sudah ada ya pendaftaran STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) melalui online?

Nah, sebelum kita membahas lebih lanjut, yuk kita cari tahu sedikit STAN dibawah ini ya. ūüėÄ

STAN merupakan sekolah tinggi akuntansi negara yang dikelolah oleh kementrian keuangan republik indonesia.Ya, kurang lebih seperti itu.

Untuk masuk ke STAN memang tidaklah mudah, karena anda harus melewati beberapa tahap test yang wajib diikuti, serta adanya test fisik yang wajib diikuti. Memang untuk tata cara pendaftarannya tidak begitu banyak berubah dari tahun kemarin.

Nah, bagi teman-teman mencari alamat lengkap Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang dipusatnya. Dibawah ini juga sudah kami berikan.

Untuk alamat STAN sendiri di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia. Program yang akan dibuka yaitu program diploma U / III keuangan spesialis kepabeanan dan cukai, diploma I/III keuangan spesialisasi kebendaharaan negara, diploma I/III spesialisasi pajak, diploma III keuangan spesialisasi pengurusan pituang dan lelang negara, diploma III spesialisasi pajak bumi dan bangunan, diploma III spesialisasi akuntansi.

Sedangkan untuk program studi yang non reguler yaitu , diploma IV keuangan spesialisasi akuntansi, diploma III keuangan spesialiasi akuntansi dengan kurikulum khusus, diploma III keuangan spesialisasi pajak dengan kurikulum khusus, program pendidikan pemabntu akuntansi ( PA ).

Tata Cara Pendaftaran STAN

Ada beberapa panduan pendaftaran STAN secara online yang bisa anda ketahui secara jelas, sebagai beikut :

1. Tahap Pendaftaran meliputi :

‚Äʬ†¬† ¬†Silahkan registrasi PAAN-RB di website panseldikdin.menpan.go.id
‚Äʬ†¬† ¬†Isi formulir secara lengkap di website www.usm.stan.ac.id
‚Äʬ†¬† ¬†Membayar biaya pendaftaran
‚Äʬ†¬† ¬†Verifikasi dan mengambil bukti peserta

2. Pengisian dokumen/berkas

Mengisi formulir pendaftaran online di www.usm.stan.ac.id

3. Mendapatkan kode

Setelah diisi anda akan mendapatkan kode MVA ( Mandiri Virtual Account )

4. Pembayaran

Untuk anda calon peserta bisa langsung melakukan pembayaran dengan beberpa ketentuan, yaitu :

‚Äʬ†¬† ¬†Untuk pembayaran hanya bisa dilakukan di bank Mandiri, bisa tunai, ATM, e- banking, dan lain sebagainya menggunakan MVA
‚Äʬ†¬† ¬†Pastikan anda sudah memenuhi persyaratan yang ada, karena uang tidak adapat dikembalikan.
‚Äʬ†¬† ¬†Anda cukup langsung mengisi formulirnya langsung.

5. Verikasi

Untuk penguman jadwal verifikasi serta pengambilan BPU akan diumumkan melalu www.kemenkeu.go.id atau www.bppk.kemenkeu.go.id, www.pknstan.ac.id.

6. Pengambilan berkas

Anda bisa melakukan verifikasi berkas serta pengambilan BPU di lokasi jadwal yang sudah ditentukan, sebagai berikut :

‚Äʬ†¬† ¬†Calon peserta tidak dapat diwakilkan
‚Äʬ†¬† ¬†Menyerahkan bukti pendaftaran online
‚Äʬ†¬† ¬†Melihatkan ijazah asli anda sebelum tahun 2016 atau bisa rapot asli
‚Äʬ†¬† ¬†Bagi anda masih calon lulusan tahun 2016 bisa meyerahkan semua fotocopy raport selama 5 semester saat menempuh SMA / sederajat yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah / pejabat yang berwenang.
‚Äʬ†¬† ¬†Memperlihatkan bukti pembayaran dari bank
‚Äʬ†¬† ¬†Menyerahkan foto terbaru 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar, dengan latar merah mengenakan kemeja putih
‚Äʬ†¬† ¬†Memperlihatkan bukti diri asli misal Raport, ijazah, KTP, SIM, SKCK yang masih berlaku
‚Äʬ†¬† ¬†Jika pendaftara tidak memenuhi ketentuan dari 1 sampai 6 maka dianggap gagal
‚Äʬ†¬† ¬†Untuk temat verifikasi berkas dan pengambilan BPU sesuai lokasi tes tertulis.

Mudah sekali untuk melengkapi untuk mengikuti panduan pendaftaran STAN secara online, siapkan semua persyaratan yang dibutuhkan jangan sampai ada yang tertinggal. Pastikan pula anda sudah mengecek jadwal ujian STAN yang akan diadakan bulan, tangga, dan hari apa. Untuk test tertulis diadakan di beberapa daerah seperti di Palembang, Padang, Pekan Baru, Batam, Jakarta, Malang, Surabaya, Denpasar, Kupang, Banjarmasin, Lampung, Yogyakarta Bengkulu, Ambon, Manado, Makasar, Jayapura. Sedangkan untuk test kesehatan sendiri ada beberapa daerah di Jakarta, Medan, Palembang, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Makasar, Denpasar. Anda tinggal pilih daerah mana yang deket dengan rumah anda nantinya.

Untuk test STAN memang anda harus banyak belajar dari akademik, serta fisik. Tidak jarang yang gagal di test fisik yang agak sedikit susah. Persiapkan semuanya dari jauh – jauh hari sebelumnya agar anda tidak gerogi saat test dilakukan. Jika anda masalah atau kesulitan saat panduan pendaftaran STAN secara online, bisa langsung menghubungi humas STAN yang selalu siap untuk memberikan informasi kepada anda sebagai peserta.

Setiap peserta pastinya ingin lolos ujian dan berhasil masuk dan bergabung di STAN, namun memang hal itu tidak mudah, bahkan ada yang mencobanya hingga beberapa kali namun tidak berhasil juga. Untuk itu anda tidak boleh menyerah untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar berhasil test di STAN dan tetap mengikuti panduan pendaftaran STAN secara online. Bagi anda yang telah berhasil masuk STAN, maka kedepannya hidup anda akan jauh lebih enak, setelah lulus pihak STAN akan menawarkan anda beberpa tempat pekerjaan di beberapa daerah.

Semua pekerjaan pastinya terhubung dengan kementrian keuangan republik Indonesia. Masa depan anda pun akan sangat enak dan terjamin.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan panduan pendaftaran STAN secara online, sebagai berikut :

1.    Lulusan tahun 2015 atau sebelumnya dan calon lulusan 2016
2.    Persyaratan nilai bagi pendaftar,
‚Äʬ†¬† ¬†Untuk lulusan 2015, dan sebelumnya rata ‚Äď rata nilai ujian tertulis tidak boleh kurang dari 70,00 dengan skala 100,00
‚Äʬ†¬† ¬†Untuk lulusan 2016, memiliki rata ‚Äď rata nilai 70,00 pada 5 semester, ( Semester ganjil dan genap kelas X,¬† XI, XII )
3.    Usia tidak boleh dari 20 tahun pada tanggal 1 septembel 2016
4.    Memiliki badan sehat bebas dari narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya.
5.    Belum menikah dan bersedia menerima untuk tidak menikah selama pendidikan.
6.    Membayarkan USM sebesar Rp 250.000, dan biaya yang didaftarka merupakan tanggungan pendaftar.
7.    Untuk khusus program studi kepabean dan cukai ada beberapa syarata, yaitu :
‚Äʬ†¬† ¬†Jenis Kelamin dan tinggi badan :
a)¬†¬† ¬†Program Diploma I : Laki ‚Äď laki memiliki tinggi badan 165 cm, sedangkan untuk perempuan 155 cm
b)¬†¬† ¬†Program Diploma III : Laki ‚Äď laki tinggi badan maksimal 165 cm
‚Äʬ†¬† ¬†Tidak ada cacat badan
‚Äʬ†¬† ¬†Tidak buta warna
‚Äʬ†¬† ¬†Bagi anda yang menggunakan kacamata / lensa kontak minus atau plus kami berikan toleransi sampai ukuran 2 dioptri.

Add a Comment