Pendaftaran Universitas Terbuka Kelas Reguler, Ekstensi & Online

Universitas Terbuka termasuk perguruan tinggi negeri (PTN) dilakukan program belajarnya terbuka dan jarak jauh. Universitas Terbuka (UT) sebenarnya menawarkan 4 jenis Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Beragamnya fakultas yang ditawarkan oleh UT tersebut membuat banyak orang yang ingin melanjutkan pendidikan menjadi tertarik. [Baca juga: Biaya kuliah Universitas Terbuka].

pendaftaran Universitas TerbukaTertarik mencoba masuk di salah satu Perguruan Tinggi Negeri, Universitas Terbuka?

Silakan teman-teman simak pendaftaran Universitas Terbuka dibawah ini.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai pendaftaran mahasiswa di Universitas Terbuka yang hampir ada di semua daerah.

Jenis Pendaftaran

UT memberlakukan dua jenis pendaftaran yaitu pendaftaran mahasiswa baru atau registrasi awal dan pendaftaran mata kuliah. Pendaftaran jenis pertama hanya dilakukan sekali saja selama mahasiswa terdaftar di UT. Sedangkan pendaftaran ke dua dilakukan hampir setiap semester selama mahasiswa terdaftar di UT.

Waktu Registrasi

Pendaftaran mahasiswa baru di Ut dilakukan hampir setiap semester sesuai dengan kalender akademik yang di tetapkan oleh pihak UT. Kalender akademik tersebut dapat diakses di www.ut.ac.id atau diperoleh dari Universitas Terbuka di setiap daerah. Mahasiswa wajib melakukan registrasi dan membeli bahan ajar pada awal semester agar dapat mempelajarinnya terlebih dahulu.

Tempat Registrasi

Registrasi dapat dilakukan di UPBJJ UT setempat atau secara online. Formulir pendaftaran dapat diperoleh di UT setempat ataupun secara online di www.ut.ac.id. Bagi mahasiswa yang berada di luar negeri, pendaftaran dapat dilakukan di UT cabang luar negri yang ada di Negara anda, sedangkan untuk Malaysia dan Singapura, pendaftaran dilakukan di UT cabang Batam.

Layanan Registrasi

  • Mahasiswa datang langsung ke UT setempat dengan membawa semua berkas yang telah ditetapkan.
  • Registrasi Online dilakukan melalui SRO atau Sistem Registrasi Online. Untuk lebih jelasnya anda dapat membuka laman sro.ut.ac.id
  • Registrasi keliling merupakan salah satu layanan dari pihak UT untuk mempermudah calon mahasiswa. Pendaftaran dapat pula dilakukan paa stand stand yang telah ditetapkan pihak UT yang biasanya terdapat diuar gedung UT. Jadwal dan tempat registrasi keliling dapat diperoleh dari UT setempat.

Persyaratan pendaftaran Universitas Terbuka

  • Satu lembar Fotokopi Ijazah SMA yang telah dilegalisir oleh pihak sekolah
  • Satu lemar Fotokopi Ijazah Diploma bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang sarjana dan Ijazah sarjana bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang magister yang telah dilegalisir oleh perguruan tinggi atau universitas asal.
  • Bagi calon mahasiswa yang bersatus PNS, ijazah dapat dilegalisir oleh Kepala Bagian Kepegawaian Instansi tempat bekerja
  • Pas Foto ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar.

Selain persyaratan umum diatas, maka calon mahasiswa juga wajib mengetahui persyaratan khusus yang dimiliki oleh masing masing fakultas. Persyaratan tersebut wajib dipenuhi secara lengkap agar calon mahasiswa dapat diterima menjadi bagian dari mahasiswa Universitas Terbuka di tempat anda mendaftar.

Bagaimana? Semoga dengan adanya informasi yang kami berikan ini pendaftaran Universitas Terbuka (UT) dapat membantu teman-teman menemukan apa yang hendak teman-teman lakukan. Selamat mencoba!

Catatan penting:

Kelas online atau kuliah online di Universitas Terbuka mulai diterapkan program belajar ini pada 13 Maret 2014 dengan mempersembahkan KULIAH TERBUKA ONLINE. (Yang dikutip: http://www.ut.ac.id/2015/berita/894-peluncuran-kuliah-terbuka-online-ut-moocs-ut.html).

2 Comments

Add a Comment