Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan

Pengertian pendidikan kewarganegaraan sudah banyak dijabarkan oleh para ahli. Pendidikan kewarganegaraan adalah salah satu bentuk pembelajaran bagi para putra putri bangsa agar dapat memahami bagaimana keadaan bangsa kita.

Di dalam pendidikan kewarganegaraan kita mempelajari tentang aturan yang berlaku di Indonesia. Dari sejarah Indonesia, landasan negara Indonesia, badan-badan pemerintahan yang ada di Indonesia, batas wilayah Indonesia, dan masih banyak lagi yang diajarkan dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Baca disini: pengertian, tujuan, fungsi, jenis dan contoh pendidikan

Kita membutuhkan mata pelajaran pendidikan kewarganegaaraan. Ini karena kita sebagai warga Indonesia akan tahu bagaimana Indonesia salah satunya dari kita mempelajari kewarganegaraan itu sendiri. Mempelajari pendidikan kewarganegaraan juga termasuk dalam bentuk bela negara kita pada Indonesia. Karna Indonesia tidak menganut wajib militer seperti negara korea untuk bela negara. Di Indonesia cukup dengan mempelajari, memahami, mengamalkan pendidikan kewarganegaraan anda sudah termasuk melakukan bela negara.

Untuk pengertian pendidikan kewarganegaraan sendiri secara harafiah adalah terjemahan dari bahasa Inggris “civic education” yang kemudian diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi pendidikan kewarganegaraan. Ada beberapa para ahli yang menyumbang pengertian pendidikan kewarganegaraan. Tiap ahli mengartikan pendidikan kewarganegaraan menurut sudut pandang mereka masing-masing.

Pengertian pendidikan kewarganegaraan

pengertian edukasi kewarganegaraan

Dalam artikel ini kita akan menyajikan definisi pendidikan kewarganegaraan menurut beberapa ahli. Menurut ahli pendidikan adalah:

Henry Rendall Waite

Pengertian Pendidikan kewarganegaraan menurut penuturan Henry Rendall Waite. Pendidikan kewarganegaraan adalah sebuah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan manusia di dalam berbagai perkumpulan yang terorganisasi baik dalam organisasi sosial, ekonomi, politik serta hubungan negara dengan warga negara. Waite mengambil pemaham pendidikan kewarganegaran dari sisi cara mempelajarinya, dan apa yang dipelajari.

Samsuri

Menurut Samsuri pendidikan kewarganegaraan adalah “sebuah cara untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa demi menjadi seorang warga negara yang memiliki kecakapan, dan pengetahuan serta nilai-nilai yang guna berpartisipasi aktif di dalam masyarakat”. Dari definisi Samsuri tersebut dirinya mengkaji pendidikan kewarganegraan dari fungsi dan sasaran dijadikanya pendidikan kewarganegaraan sebagai mata pelajaran wajib di Indonesia.

Azyumardi Azra

Menurut Azyumardi Azra pengertian Pendidikan Kewarganegaraan adalah mempelajari serta juga mengkaji dan membahas semua yang berkaitan dengan pemerintahan, rule of law, konstitusi, lembaga-lembaga demokrasi, hak dan kewajiban warga negara serta demokrasi. Menurut arti pentingnya, pendidikan kewarganegaraan memiliki tujuan untuk membangun karakter bangsa dalam perkembangan di era globalisasi.

Jadi menurut Azyumardi Azra pendidikan kewarganegaraan melingkupi semua yang berkaitan dengan negara seperti lembaga, demokrasi, pemerintahan, aturan, undang- undang yang berlaku, serta hak dan kewajiban warga sebagai bagian dari suatu negara.

Merphin Panjaitan

Pengertian Pendidikan kewarganegaraan menurut Merphin Panjaitan adalah “pendidikan demokrasi. Yang memiliki sebuah tujuan dalam mendidik generasi penerus supaya jadi warga negara yang memiliki jiwa yang demokratis serta partisipatif melalui pendidikan yang berbasis dialogial”.

Sudut pandang yang diambil oleh Merphin Panjaitan adalah bagaimana seorang warga yang diharapkan dapat memahami kewajiban dirinya pada negaranya yang menerapkan azas demokrasi. Dengan sudah mendapatkan mata pelajaran ini diharapkan warga Indonesia dapat menjalani kewajibanya sebagai warga yang demokratis.

Demikianlah pengertian pendidikan kewarganegaraan. Beberapa definisi para ahli ini semoga dapat ikut melengkapi pemahaman anda tentang apa yag dimaksud dengan pendidikan kewarganegaraan. Semoga arikel ini dapat bermanfaat bagi anda.