Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian pendidikan menurut para ahli sangat beragam. Pendidikan adalah sarana bagi manusia untuk mengembangkan pikiran agar tidak lagi statis. Pendidikan mendorong kita untuk menjadi manusia yang memiliki pengetahuan, pengalaman, dan pemaham agar kita tidak dapat dengan mudah dibodohi oleh orang lain maupun oknum tertentu. Dengan adanya pendidikan kita diwajibkan untuk terus menjadi manusia yang maju mengikuti perubahan zaman yang juga maju.

Sesuatu dapat diketahui dari pendidikan, seperti contohnya bagaimana cara berjalan atau bahkan cara berbicara. Kita dapatkan hal tersebut dari orang tua kita melalui proses pendidikan. Mereka mendidik dan mengajarkan kepada kita tentang bagaimana cara berkomunikasi, cara makan, tatakrama, sopan santun, dan banyak hal lain sehingga terbentuklah diri kita yang sekarang.

Pengertian pendidikan sediri menurut KBBI adalah proses pengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan : proses, cara, perbuatan mendidik. Sedangkan untuk pengertian pendidikan menurut para ahli mungkin berbeda-beda.

Pengertian pendidikan menurut para ahli

pengertian pendidikan dari sejumlah para ahli

Para ahli biasanya memiliki cara pandang tersendiri untuk mendefinisikan sesuatu, namun walau berbeda terkadang arti dan maksud dari kata-kata mereka ialah sama.Menurut beberapa para ahli pengertian pendidikan adalah :

Ki Hajar Dewantara

pendidikan menurut ki hajar dewantara

Pengertian pendidikan menurut bapak pendidikan indonesia sendiri adalah suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak.Yang artinya adalah anak-anak (peserta didik) dituntut untuk mengembangkan kekuatan kodrat yang dimilikinya, agar bisa hidup selamat di masyarakat.

Baca juga: pengertian pendidikan kewarganegaraan

Ibnu Sina

pendidikan menurut ibnu sina

Menurut Ibnu Sina pendidikan dan pelajaran adalah semua yang berkaitan dengan manusia, mulai dari fisik, mental maupun moral. Pendidikan dilarang untuk mengesampingkan tentang perkembangan fisik manusia seperti olahraga, makanan yang seharusnya dikonsumsi, minuman yang seharunya dikonsumsi, kebersihan lingkungan dan kesehatan tubuh. Jadi pendidikan tidak seharusnya hanya memperhatikan moral tapi seharunya juga memperhatikan jiwa, karakter, dan fikiran.

Carter. V.Good

Pendidikan menurut Carter V.Good adalah sebuah upaya untuk mengembangkan kecakapan individu, baik secara sikap maupun prilaku dalam bermasyarakat. Jadi pendidikan merupakan wadah pembelajaran mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya tidak dilakukan dalam menjalani hidup bermasyarakat.

Ahmad D. Marimba

Menurut Ahmad D. Marimba pendidikan adalah bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pendidik kepada peserta didik dengan tujuan membentuk kepribadian yang utama secara jasmani dan rohani. Bahwa dari kata pendidikan pasti ada pihak yang mendidik dan ada pihak yang dididik, dan pihak yang mendidik pastilah memiliki tujuan mengapa mereka mendidikan sesuatu.

H. H. Horne

Pendidikan menurut Horne adalah sebuah alat di mana komunitas sosial mampu melanjutkan keberadaan dalam mempengaruhi diri sendiri dan mempertahankan idealisme. Horne mengambil sudut pandang pendidikan yang ada pada ranah sosial, bahwa keberadaan sesuatu bisa tetap ada jika terus diajarkan.

Frederick J. Mc Donald

Menurut pendapat Donald bahwa pendidikan adalah suatu proses yang arah tujuannya adalah merubah tabiat manusia atau peserta didik. Dimana suatu pendidikan pasti dilakukan melalui sebuah proses yang bertahap dan didasari oleh suatu tujuan. Agar pendidikan tersebut dapat terus dikembang. Karena pergerakan yang berlanjut pastilah memiliki tujuan yang pasti.

Dari arikel ini dapat kita simpulkan bahwa, pendidikan adalah sebuah proses dimana ilmu tersebut disalurkan oleh seseorang pada orang lain, yang dalam hal ini pasti memiliki suatu tujuan. Demiakian artikel tentang pengertian pendidikan menurut para ahli ,semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.