Pengertian Psikologi Pendidikan

Pendidikan psikologi adalah mata pelajaran yang mempelajari mental yang terdapat dalam diri manusia. Dalam artikel ini kami akan memaparkan pengertian psikologi pendidikan.

Psikologi pendidikan adalah pendidikan yang berhubungan dengan manusia. Psikologi pendidikan mempelajari bagaimana seorang manusia menanggapi suatu persoalan dilihat dari sisi psikologi dirinya.

Psikologi setiap orang sangat berpengaruh terhadap bagaimana tingkah seseorang, bagaimana tanggapan seseorang akan suatu hal, bagaimana cara berpikir seseorang dan maish banyak lagi kaitanya psikologi dengan manusia. Karna psikologi ada dalam diri manusia, semacam tertaman sehingga sulit untuk dihilangkan.

Artikel menarik, menjelaskan pendidikan menurut para ahli

Pengertian psikologi pendidikan

pengertian psikologi pendidikan

Pengertian psikologi pendidikan bermacam-macam. Berikut adalah pengertian psikologi pendidikan menurut beberapa ahli:

Barlow

Menurut Barlow definisi Psikologi pendidikan adalah “sebuah pengetahuan yang didasarkan menurut riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber agar dapat membantu anda melaksanakan tugas-tugas seorang dalam proses belajar mengajar agar lebih efektif”.

Tardif

Definisi Psikologi pendidikan menurut Tardif adalah “sebuah mata pelajaran yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha di bidang kependidikan”.

Witheringto

Psikologi pendidikan adalah studi sistematis yang menjelaskan tentang proses dan faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.

Jadi pengertian psikologi pendidikan adalah sebuah pendidikan yang mendasarkan tentang riset psikologi manusia dengan menerapkan pengetahuan tentang prilaku manusia.

Artikel lainnya juga menarik untuk dibaca, yaitu pengertian pendidikan kewarganegaraan

Objek Kajian Psikologi Pendidikan

Sedangkan untuk objek kajian spikologi pedidikan sendiri terfokus pada bagaimana pelayanan ynag dikhususkan untuk peserta didik. Karna peserta didik adalah objek dari sebuah pendidikan maka selain teori-teori dapi psikilogi pendidikan peserta didik juga sangat di perhatikan dalam pendidikan ini.

Glover dan Ronning

Menurut Glover dan Ronning, yang tercakup dalam objek kajian dari psikologi pedidikan yakni menitikberatkan pada pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, karakteristik tingkah laku anak, kesehatan mental anak, motivasi serta minat anak, perbedaan yang ada pada tiap anak, sikap disiplin, dan lain-lain.

Syaodih Sukmadinata

Menurut Syaodih Sukmadinata, objek kajian dari psikologi pendidikan adalah interaksi yang terjadi antara guru dengan muridnya. Yang di peruntukkan untuk meningkatkan kemampuan dari murid yang didukung dengan sarana dan fasilitas di dalam lingkungan pendidikan.

Peran Psikologi terhadap Pendidikan

Ada beberapa peran psikolgi terhadap pendidikan yang ada saat ini, diantaranya adalah :

Psikologi terhadap sistem pembelajaran

Psikologi sangat memengaruhi bagaimana keadaan peserta didik. Bila siswa dibimbing dan mendapatkan psikologi yang baik maka akan mudah baginya untuk mempelajari pelajaran-pelajaran yang diajarkan. Proses pemahaman di dalam pembelajaran sebuah topik akan lebih mudah jika penyelesaian-penyelesaian masalah di dalam pembelajaran sudah dialami.

Psikologi terhadap sistem penilaian

Penilaian disini bukan diartikan sebagai nilai angka, melainkan faktor dalam diri manusia seperti penilaian tingkat kecerdasan, penilaian tentang bakat dan potensi diri yang dimiliki, serta penilain diri terhadap orang lain. Sehingga kita dapat menyesuaikan bagaimana tingkah laku kita bila berkomunikasi dengan orang lain.

Psikologi terhadap kurikulum pendidikan.

Peran psikologi terhadap kurikulum pendidikan adalah didasarkan dari sisi psikologis yakni sikap tingkah laku, motovasi, keadaan mental, dan lain-lain. Sedangkan untuk menentukan kurikulum pendidikan juga memperhatikan sisi psikologi anak, tidak mungin seorang anak SD diberi kurikulum tentang cara menganalisis, pendidikan untuk anak SD biasanya adalah untuk mencari contoh.

Demikian artikel tentang pengertian psikologi pendidikan, konsep, serta peran psikologi pada bidang pendidikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang membaca maupun yang sedang mecari informasi tentang psikologi.