Pentingnya Pembelajaran Pendidikan Agama Semua Lembaga

Peran dalam pembelajaran pendidikan agama di semua lembaga adalah sangat pendidikan ditetapkan dan diterapkan. Agama bisa diibaratkan seperti rel yang akan menuntun manusia dalam menuju ke-EsaanNya, yang tentu saja tidak bisa dilepaskan dari dimensi manusia sebagai mahluk sosial.

measuring-spirituality-religion

Mengingat pentingnya peran agama dalam dunia pendidikan, kali ini kami akan membahas mengenai pentingnya pembelajaran pendidikan agama semua lembaga.

Baca juga: Peran keluarga dalam pendidikan anak

Pada hakekatnya pendidikan merupakan proses pendewasaan manusia menjadi manusia seutuhnya. Manusia seutuhnya yang dimaksud meliputi keseluruhan dimensi kehidupan manusia, baik secara fisik, psikis, mental, spiritual dan religius. Pendidikan bisa berlangsung secara formal di sekolah, informal di lembaga-lembaga pendidikan dan pelatihan dan non formal di dalam keluarga. Pendidikan agama di sekolah menjadi salah satu upaya pendewasaan manusia pada dimensi spiritual-religius. Pelajaran agama di sekolah di satu pihak merupakan upaya pemenuhan hakekat manusia sebagai makhluk yang religius (homo religiousus). Agama dan hidup beriman adalah sesuatu yang objektif sehingga menjadi kebutuhan bagi setiap manusia.

Baca juga: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Pelaksanaan pendidikan agama di sekolah selama ini sudah berjalan. Sekolah-sekolah di Indonesia pun telah memberlakukan pelajaran agama dalam kurikulum. Mata pelajaran pendidikan agama menjadi salah satu pelajaran wajib yang harus ada dan diterima oleh para siswa. Di Indonesia sendiri sekolah-sekolah swasta umum dengan ciri keagamaan tertentu yang menerapkan pelajaran agama sesuai dengan ciri khas keagamaannya masing-masing. Kenyataan di lapangan penerapan pendidikan agama di sekolah baik negeri maupun swasta memunculkan dialektika atau bahkan menimbulkan problematika.

Dapatkan informasi seperti ini: Peran pendidikan karakter dalam kepribadian

Menurut undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 mengenai SISDIKNAS, pasal 12, ayat (1) huruf a, berisi : “Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak untuk mendapatkan pendidikan agama seusai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang seagama”. Tidak hanya di sekolah negeri saja, namun juga di sekolah swasta, bahkan setiap siswa berhak untuk mendapatkan pelajaran agama yang  sesuai dengan agamanya haruslah dipenuhi, maka dari itu pemerintah berkewajiban untuk menyediakan/mengangkat tenaga pengajar agama bagi semua siswa sesuai dengan agamanya baik itu sekola negeri maupun swasta. Pasal 55, ayat (5) menegaskan : “Lembaga pendidikan berbasis masyarakat dapat memperoleh bantuan teknis, subsidi dana dan sumber daya lain secara adil dan merata dari pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah”.

Dalam riwayat dan data pendidikan di Indonesia, sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat, lembaga keagamaan, atau personal dan organisasi begitu banyak jumlahnya. Bahkan jumlah tersebut melebihi sekolah-sekolah negeri yang ada dan telah memberi kontribusi yang besar bagi perkembangan Indonesia. Maka dari itu pemerintah berkewajiban untuk memperhatikan keberadaan sekolah swasta sama dengan sekolah negeri termasuk mata pelajaran pendidikan agama. Bukan suatu yang mustahil jika di sekolah swasta umum dengan ciri khas keagamaan tertentu memberikan pelajaran agama untuk semua siswa yang sesuai dengan agamanya dan oleh guru agama yang seagama.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Pentingnya Pembelajaran Pendidikan Agama Semua Lembaga. Semoga infromasi tersebut bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda mengenai betapa pentingnya pembelajaran pendidikan agama di semua lembaga.

Add a Comment