Perbedaan Bidik Misi, SNMPTN, PMDK, dan SMBPTN

Tentunya sudah tidak asing lagi istilah Bidik Misi, SNMPTN, PMDK, dan SMBPTN. Terutama bagi para siswa lulusan Sekolah Menengah Atas yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Saat ini memang tersedia beberapa macam pilihan jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi yakni melalui Bidik Misi, SNMPTN, PMDK, dan SMBPTN. Persamaan dari keempat hal tersebut merupakan program seleksi calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Lalu apa perbedaan Bidik Misi, SNMPTN, PMDK, dan SMBPTN?

Bidik misi adalah sejenis beasiswa berupa bantuan pendidikan yang berasal dari pemerintah. Bantuan pendidikan ini fokus pada siswa yang memiliki prestasi dan untuk siswa yang kurang mampu dari segi finansial tetapi mempunyai prestasi dan ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Perbedaan bidik misi, snmptn, pmdk, dan smbptn

Tujuan diselenggarakannya bidik misi ini adalah untuk mengatasi masalah kemiskinan yang sering menjadi kendala bagi para siswa lulusan Sekolah Menengah Atas untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Seleksi bidik misi ini umumnya diselenggarakan lebih awal dibanding seleksi penerimaan mahasiswa baru yang lain. Persyaratan untuk calon peserta dari bidik misi ini adalah siswa tersebut memiliki kemauan untuk menyelesaikan studinya hingga akhir di perguruan tinggi yang menjadi pilihannya.

SNMPTN atau singkatan dari Seleksi Nasional Mahasiswa Peruruan Tinggi Negeri adalah program seleksi mahasiswa baru yang diadakan secara serempak oleh pergurun tinggi negeri yang ada di Indonesia. Seleksi jalur ini sama halnya dengan seleksi masuk pada umumnya yakni ditujukan untuk para peserta yang memiliki prestasi di bidang akademik selama mengenyam pendidikan di bangku Sekolah Menengah Atas.

PMDK atau akronim dari Penelusuran Minat dan Kemampuan merupakan seleksi masuk universitas yang diadakan oleh masing-masing perguruan tinggi dengan tujuan untuk menyaring calon mahasiswa yang mempunyai bakat dan kemampuan unggul di bidang akademik. Seleksi masuk PMDK ini tidak hanya menilai dari segi variabel nilai akademik yang dimiliki calon mahasiswa, akan tetapi juga memandang bakat yang dimiliki oleh calon mahasiswa tersebut.

Waktu pelaksanaan dari seleksi PMDK ini tidak sama antara satu universitas dengan universitas lain karena menyesuaikan dengan jadwal masing-masing univeritas tersebut. Selain itu, tidak semua perguruan tinggi mengadakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui program PMDK ini. Hanya beberapa universitas yang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui PMDK.

baca juga : PERBEDAAN SBMPTN, UMB-PT DAN JALUR MANDIRI, APA SIH?

Oleh karena itu, sebaiknya bagi calon pendaftar seleksi masuk perguruan tinggi, sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu melalui pantia penerimaan calon mahasiwa baru dari universitas yang bersangkutan apakah mengadakan seleksi melalui PMDK atau tidak.

SBMPTN yang merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur masuk perguruan tinggi yang diadakan oleh perguruan tinggi negeri yang tersebar di berbagai wilayah Indoneisa secara serempak yang dikoordinasi oleh Panitia Pusat. Perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN yakni kelulusan dari peserta SBMPTN ditentukan dari hasil nilai ujian tulis. Artinya, nilai yang didapat selama menuntut ilmu di Sekolah Menengah Atas tidak menjadi prioritas dalam menentukan kelulusan.

Secara singkat, banyak perbedaan dari Bidik Misi, SNMPTN, PMDK, dan SMBPTN. Dari segi waktu pelaksaan, seleksi jalur masuk dari keempat jenis jalur tersebut berbeda. Bidik misi umumnya dilaksanakan terlebih dahulu dibandingkan jalur lain. Jalur PMDK waktu pelaksanaannya menyesuaikan dengan perguruan tinggi masing-masing, sedangkan SNMPTN dan SBMPTN dilaksanakan seretak seluruh Indonesia di hari yang sama.

Selain dari segi waktu pelaksanaan, panitia penyelenggara dari seleksi Bidik Misi, SNMPTN, PMDK, dan SMBPTN juga berbeda. Bidik misi diadakan oleh pemerintah, PMDK diadakan oleh panitia masing-masing perguruan tinggi negeri yang bersangkutan sedangkan SNMPTN dan SBMPTN dikoordinir oleh panitia pusat. Kriteria kelulusan dari keempat seleksi jalur masuk ini juga berbeda, ada yang mengutamakan nilai akademik dan ada pula yang menilai dari segi bakat serta hasil tes tulis.

Demikian informasi mengenai Perbedaan bidik misi, snmptn, pmdk, dan smbptn ditinjau dari beberapa aspek. Semua jalur seleksi masuk memiliki kriteria kelulusan yang cukup berat oleh karena itu selamat berjuang bagi para calon mahasiswa baru.

Add a Comment