Perbedaan SBMPTN, UMB-PT dan Jalur Mandiri, Apa Sih?

Sepertinya istilah SBMPTN, UMB-PT dan jalur mandiri sudah tidak asing lagi di telinga, terutama bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Tetapi mungkin bagi sebagian orang istilah SBMPTN, UMB-PT dan jalur mandiri cukup membingungkan dimana letak perbedaannya. Tak sedikit para siswa lulusan SMA maupun orang tua siswa kurang memahami perbedaan ketiganya. Lalu, perbedaan SBMPTN, UMB-PT dan jalur mandiri itu apa sih?

SBMPTN, UMB-PT dan Jalur Mandiri,

Sebelum membahas perbedaan antara SBMPTN, UMB-PT dan jalur mandiri, sebenarnya terdapat persamaan antara ketiga hal tersebut yakni sama-sama merupakan istilah dari jenis seleksi atau jalur masuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Lalu dimana letak perbedaan ketiganya? Mari simak uraiannya dibawah ini.

SBMPTN

SBMPTN merupakan kependekan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sebelum berubah nama menjadi SBMPTN, istilah seleksi masuk perguruan tinggi jenis ini bernama SNMPTN yakni kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Akan tetapi pada tahun 2013, istilah SNMPTN diubah menjadi SBMPTN.

SBMPTN ini dilaksanakan melalui ujian tulis dan para calon mahasiswa diberikan kesempatan untuk memilih tiga jurusan dari semua universitas yang tersedia di Indonesia. Para peserta SBMPTN ini akan dibedakan menjadi tiga kelompok yakni kelompok Sains dan Teknologi atau kelompok Saintek, kelompok sosial humaniora atau kelompok Soshum dan kelompok campuran yang merupakan gabungan dari kelompok saintek dan soshum.

UMB-PT

UMB-PT adalah kependekan dari Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi. Istilah ini sudah mengalami perubahan. Sebelum berubah istilah menjadi UMB-PT, jenis seleksi ini bernama SPMB yakni singkatan dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa baru. UMB-PT ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara.

Jenis seleksi UMB-PT ini diikuti oleh beberapa perguruan tinggi negri ataupun swasta yang ada di Indonesia. Sama halnya dengan SBMPTN, calon peserta seleksi ini akan dikelompokkan menjadi tiga kelompok yakni kategori IPA, IPS dan campuran. Alur pendaftaran UMB-PT ini tidak berbeda dengan jenis seleksi yang lain. Pertama, peserta diharuskan untuk mendaftar online pada situs tertentu yang telah ditetapkan lalu peserta diwajibkan membayar uang pendaftaran melalui bank dan selanjutnya peserta akan mendapat nomor ujian untuk dicetak dan dibawa saat mengikuti seleksi.

Jalur Mandiri

Jalur mandiri merupakan jenis seleksi masuk ke universitas selain SBMPTN dan UMB-PT. Istilah lain dari seleksi ini adalah Seleksi Mandiri. Berbeda dengan yang lain, seleksi jenis ini diadakan oleh masing-masing universitas. Biaya pendaftaran bagi jalur mandiri ini berbeda antara satu universitas dengan universitas lain. Calon peserta jalur mandiri ini juga umumnya boleh memilih dua atau tiga jurusan yang sesuai dengan minatnya. Sama halnya dengan SBMPTN dan UMB-PT, peserta seleksi ini juga dikelompokkan menjadi tiga kategori yakni IPA, IPS atau Campuran sesuai dengan jurusan yang diminati.

Lalu secara ringkas apakah perbedaan mendasar antara SBMPTN, UMB-PT dan jalur mandiri? Dari segi penyelenggara, SBMPTN diselenggarakan oleh Kementrian Ristek dan DIKTI dengan anggota yang berasal dari seluruh perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. UMB-PT diselenggarakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara yang anggotanya terdiri dari beberapa universitas negeri ataupun swasta. Sedangkan jalur mandiri diselenggarakan oleh masing-masing universitas yang tidak ada keterkaitan dengan universitas lain.

Selain ditinjau dari segi penyelenggara, perbedaan juga terletak pada banyaknya pilihan yang bisa diambil. Pada jalur SBMPTN, banyak universitas yang tergabung di dalamnya sehingga calon peserta akan lebih leluasa menentukan pilihannya. UMB-PT juga tergolong memiliki banyak pilihan karena anggotanya berasal dari beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Sedangkan pada jalur mandiri, pilihan menjadi semakin sempit karena diadakan oleh universitas secara individu.

Jangan lupa juga: perbedaan PMDK dan SNMPTN

Uraian diatas merupakan beberapa perbedaan dari SBMPTN, UMB-PT dan jalur mandiri. Masing-masing jenis seleksi atau jalur masuk perguruan tinggi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan kembali pada calon pendaftar sesuai dengan minatnya. Lalu, jalur manakah yang akan anda pilih? Silahkan persiapkan sejak sekarang dan semoga berhasil.

Add a Comment