Peringatan Hari Guru Nasional, 25 November 2016

Peringatan hari guru nasional atau yang disingkat HGN jatuh pada tanggal 25 November. Di artikel sebelumnya Ucapan Selamat Hari Guru Nasional 2016 sudah Kami ucapkan pertama, tentunya sebelum artikel ini diterbitkan. Lebih dari sebulan dari artikel ini. Hehehehee. Kami tidak melupakan dan terus berusaha mengingat hari-hari penting Nasional seperti Hari Natal dan Tahun Baru 2016 dan juga topik penting yang berkaitan dengan website ini yaitu pendidikan. Salah satunya dengan judul kami kali ini. Ya, itu salah satu misi yang kami jalani dengan adanya website ini. Jadi, yang masih lupa, hari guru nasional diperingati tanggal berapa, ya juga terjawab kan.

Peringatan Hari Guru Nasional, 25 November

Jika kita kembali ke dalam sejarah, maka peran guru sangat besar dalam kemajuan bangsa dan salah satunya penentunya. Guru selalu mengusahakan dan menanamkan kesadaran dan akan harga diri sebagai bangsa serta menanamkan rasa semangat nasionalisme di dalam masa penjajahan kepada peserta didik dan juga masyarakat.

Di tahap pertama dalam kebangkitan nasional, guru-guru aktif dalam berorganisasi dan sebagai bagian dari pemuda pembela tanah air, pembina jiwa dan juga penyemangat para pemuda pelajar.

Guru dapat dijadikan sebagai salah satu faktor yang strategis yang dapat menentukan keberhasilan pendidikan dan dasar pondasi dalam mempersiapkan pengembangan potensi akademik bagi peserta didik di masa akan datang dan memajukan bangsa ini.

Memperingati hari guru juga tidak hanya Indonesia saja berlaku, akan tetapi seluruh dunia pun mengakuinya bahwa gurulah pondasi penting dalam pendidikan. Hari guru dunia lebih awal diperingatinya. Tepat di bulan Okteber.

Didalam teks undang-undang pun ada. Tepatnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2015. Yang berisikan secara garis besar Guru dan Dosen. Untuk mengetahui apa isinya, silakan dibuka kembali Undang-Undangnya yah teman-teman.

Sebagai rasa penghormatan serta penghargaan kepada semua guru-guru yang ada di Indonesia, pemerintah Republik Indonesia (RI) menetapkan bahwa di tanggal 25 November menjadi hari besar yang diberikan kepada guru-guru di Indonesia yaitu Hari Guru Nasional.

Berbagai acara ataupun kegiatan dalam memperingati hari di Indonesia. Mulai dari upacara bendera (biasanya lagu diselingi dengan judul “Terimakasih Guruku”), salam-salaman dan setelah itu ada pula mencuci kaki para Guru. Beberapa hal lainnya yang memberikan hal yang positif.

Peringatan hari guru nasional 2016

Tema dalam peringatan hari guru di tahun 2016 adalah “Guru & Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya”. Tema ini juga dibawakan pada tahun lalu 2015. “Mulia Karena Karya”.

25 November 2016 menjadi peringatan Hari Guru Nasional yang ke 71 PGRI.

Pada puncaknya, HGN tahun ini akan dilaksanakan pada 27 November 2016 di SICC (Sentul International Convention Center), Bogor, Jawa Barat dihadiri para peserta sekitar 10.000 guru.

 

Sumber:

blogomjhon.blogspot.com/2015/11/peringatan-hari-guru-nasional-hut-pgri.html (diakses 16 November 2016)
upklumbir.banyumaskab.go.id/read/19936/peringatan-hari-guru-nasional-2016 (diakses 16 November 2016)
coklatrocklate.com/wp-content/uploads/2014/11/Slide-Show-Hari-Guru.jpg

Add a Comment