Perlombaan di Hari Kemerdekaan Indonesia

Masukuniversitas.com – Menjelang peringatan hari kemerdekaan Indonesia, tepat di tanggal 17 Agustus, maka kita akan menyaksikan euforia yang berbeda dibandingkan hari-hari biasanya. Jalan-jalan di desa atau perkampungan pasti akan ramai dengan warna-warni bendera serta umbul-umbul. Dan suasana akan lebih semarak lagi dengan beraneka perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia yang digelar oleh masyarakat.

Antusiasme masyarakat dengan perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia sangatlah besar. Bahkan untuk pendanaannya sendiri merupakan hasil dari swadaya masyarakat. Sedangkan peserta lomba ini merupakan warga setempat, baik itu Bapak-bapak, Ibu-ibu, Remaja, maupun Anak-anak. Sehingga perlombaan ini memang benar-benar dari masyarakat dan untuk masyarat.

Perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia

Tujuan diselenggarakannya beragam perlombaan ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, yaitu dengan mengenang sejarah kemerdekaan Indonesia melalui beragam perlombaan. Selain itu, lomba-lomba yang diadakan pun bertujuan untuk mengeratkan persatuan dan kesatuan warga.

Baca juga: Sejarah proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Nah, penasaran kan, apa saja sih yang sering dipertandingkan saat peringatan hari kemerdekaan?

1. Panjat Pinang

Salah satu perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia yang sangat fenomenal dan sangat menyedot perhatian masyarakat adalah panjat pinang. Biasanya panjat pinang dijadikan sebagai lomba utama di antara lomba-lomba lainnya, dan ditempatkan pada acara puncak di hari peringatan kemerdekaan.

Panjat Pinang

Panjat pinang merupakan perlombaan yang cukup unik dan mengundang kegembiraan banyak orang, serta perlombaan yang paling banyak menyedot biaya. Pasalnya pada pohon pinang itu nantinya akan dipasangkan banyak hadiah di atasnya untuk diperebutkan. Tapi untuk memperebutkan dan mendapatkan hadiahnya tidaklah mudah, karena pohon pinang yang digunakan sebelumnya diolesi terlebih dahulu dengan oli. Nah, disinilah letak keunikan dan kelucuan dari perlombaan ini, karena peserta yang memanjat pohon pinang ini akan merosot berkali-kali karena licin.

2. Balap Karung

Balap Karung

Perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia yang tidak kalah seru dan mengundang gelak tawa adalah balap karung. Balap karung ini tidak ubahnya dengan perlombaan balap lari pada umumnya, namun yang membedakan para peserta wajib mengenakan karung. Nah, karena mengenakan karung inilah yang membuat balap yang satu ini lebih menantang, lebih sulit dan lebih menghibur. Mengapa? Karena peserta akan merasa kesulitan saat berlari, bahkan tak jarang yang sampai terjatuh.

Ini juga bisa dibaca: Sejarah diadakan perlombaan di hari Kemerdekaan

3. Lomba Makan Kerupuk

Lomba Makan Kerupuk

Kalau Anda ingin mengikuti perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia yang enak dan mengenyangkan, maka Anda bisa mengikuti perlombaan makan kerupuk. Tapi walaupun enak, perlombaan ini juga cukup beresiko membuat gusi Anda berdarah terkena gesekan kerupuk saat terburu-buru memakannya. Teknis perlombaan ini sangatlah sederhana, yaitu hanya dengan menggantung-gantungkan kerupuk menggunakan tali rapia secara berjejer.

4. Memindahkan Kelereng Menggunakan Sendok

Kalau didengar sekilas, lomba memindahkan kelereng menggunakan sendok adalah lomba yang sangat mudah dilakukan. Namun ternyata lomba ini membutuhkan keseimbangan serta koordinasi anggota gerak yang lain.

Memindahkan Kelereng Menggunakan Sendok

Pasalnya kelereng itu dipindahkan menggunakan sendok dengan digigitkan dimulut ketika berjalan. Barangsiapa yang kelerengnya terjatuh, maka ia harus mengulang dari garis start, sehingga akan tertinggal dari lawannya.

Atau yang satu, penting silakan dibaca: toko pendidikan Indonesia pembaca teks proklamasi

5. Tarik Tambang

Tarik Tambang

Perlombaan yang membutuhkan kerjasama, kekompakan dan kekuatan dalam tim juga ikut serta dalam perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia. Dan salah satu jenis lombanya adalah tarik tambang. Untuk bisa mengadakan lomba seperti ini, pihak panitia cukup menyediakan tambang. Tambang yang digunakan adalah tambang yang memang biasa digunakan untuk tarik tambang. Pemenang dalam lomba tarik tambang adalah kelompok yang mampu menarik lawannya hingga melampaui garis batas yang ditentukan.

6. Sepakbola Pakai Sarung

Sepakbola Pakai Sarung

Keramaian perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia akan semakin semarak dengan pertandingan sepakbola. Tapi yang lebih menantang dengan pertandingan sepakbola ini adalah kostum yang dikenakan oleh peserta pertandingan, yaitu mereka diminta untuk memakai sarung. Dengan mengenakan sarung, tentunya pertandingan tidak mudah untuk dilakukan, dan tentunya juga mengundang gelak tawa bagi mereka yang menontonnya.

7. Balapan Menggunakan Bakiak

Balapan Menggunakan Bakiak

Lomba balap lari tentunya sudah sangat biasa diperlombakan di mana-mana. Tapi balapan yang satu ini berbeda, karena peserta diwajibkan mengenakan bakiak, dan biasanya satu bakiak dipakai untuk beberapa orang. Nah, karena balapannya menggunakan bakiak, jadi alih-alih bisa sampai garis finish dengan mudah, yang ada peserta justru disibukkan dengan irama langkah mereka yang harus sama.

8. Memasukkan Belut ke Dalam Botol

Memasukkan Belut ke Dalam Botol

Perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia yang cukup diminati lainnya adalah lomba memasukkan belut ke dalam botol. Belut yang teksturnya lembut ditambah menjijikan bagi sebagian orang ini memberi tantangan tersendiri. Sehingga jangan heran jika kita akan mendengarkan teriakan demi teriakan saat perlombaan berlangsung.

Pemenang dari lomba memasukkan belut ke dalam botol ini adalah mereka yang mampu memasukkan belut paling banyak ke dalam botol.

9. Memasukkan Pensil atau Paku ke Dalam Botol

Memasukkan Pensil atau Paku ke Dalam Botol

Sekalipun sama-sama lomba memasukkan sesuatu ke dalam botol, namun lomba memasukkan pensil atau paku ke dalam botol memiliki tantangan tersendiri. Lomba yang satu ini lebih membutuhkan koordinasi gerakan badan saat memasukkan pensil atau paku sekaligus membutuhkan konsentrasi penuh untuk mendengarkan instruksi.

10. Memecahkan Balon yang Diisi Air

Memecahkan Balon yang Diisi Air

Perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia yang tidak kalah seru untuk dilakukan adalah memecahkan balon yang diisi air. Perlombaan ini sangat menyenangkan jika pesertanya adalah keluarga atau anak-anak. Tapi karena balonnya diisi dengan air, maka para peserta perlu bersiap-siap untuk menerima resiko kalau baju yang dikenakan saat lomba basah kuyup.

Demikianlah aneka perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia yang kerap dilaksanakan di berbagai daerah di seluruh nusantara. Nah, apakah di daerah Anda perlombaannya juga sama?

Editor: Shelvi Sianturi

Add a Comment