Permainan Untuk Anak Sekolah Dasar yang Mendidik

Permainan untuk anak sekolah dasar, masukuniversitas.com. Usia anak-anak merupakan masa pertumbuhan baik jasmani maupun psikisnya. Banyak hal yang mulai mereka pelajari dan tentunya di usia tersebut mereka mulai menjalin hubungan pertemanan dengan usia sebayanya, terutama ketika sudah menginjak sekolah dasar. Usia anak yang berada di sekolah dasar sudah membiasakan dengan segudang aktivitas, tetapi juga asyik dunia bermainnya. Sekarang ini banyak sekali anak yang disibukkan dengan bermain gadget, namun sebenarnya tidak terlalu bagus untuk proses perkembangannya. Sebagai orang tua yang masih punya anak usia sekolah dasar, sebaiknya ajarkan beberapa permainan tradisional yang justru dapat mendidik beberapa aspek, seperti solidaritas, kerja keras, strategi, dan sebagainya.

Macam permainan untuk anak sekolah dasar yang mendidik

Nah, kali ini kami akan bagikan beberapa permainan untuk anak sekolah dasar. Untuk selengkapnya, simak berikut ini.

Baca juga: Pengertian model pembelajaran kooperatif

1. Permainan puzzle

Permainan Puzzle

Puzzle menjadi salah satu permainan sederhana yang cocok dimainkan oleh anak sekolah dasar. Permainan ini dapat merangsang perkembangan otak anak karena harus mampu memecahkan susunan puzzle sehingga dapat membentuk pola yang sesuai. Selain bermanfaat, puzzle juga bisa anda dapatkan secara mudah dan murah, tergantung bahannya.

2. Permainan lego

Permainan lego

Lego juga bisa dijadikan alternatif sebagai permainan anak sekolah dasar yang dapat mengasah kemampuan otak untuk membentuk pecahan lego menjadi suatu karya seni. Selain itu permainan ini juga dapat mengasah kreatifitas anak untuk berimaginasi saat akan membentuk lego. Tapi permainan ini cukup mahal untuk mendapatkannya. Namun jika anda punya uang cukup untuk membelikan lego sebagai permainan edukasi anak, tidak ada salahnya karena manfaatnya cukup banyak.

3. Permainan catur

Permainan catur

Permainan untuk anak sekolah dasar berikutnya adalah catur. Catur merupakan permainan yang bisa menjangkau semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua. Jika anda suka dengan catur, tidak salahnya mengajari anak anda yang masih sekolah dasar. Catur bisa mengasah otak anda, dan jika sudah mulai tertarik untuk mendalaminya, pastinya sangat berguna bagi prestasi si anak karena banyak sekali turnamen catur yang bisa diikuti.

4. Permainan gobak sodor

Permainan gobak sodor

Gobak sodor adalah salah satu permainan tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi anak sekolah dasar. Permainan ini akan membentuk fisik anak lebih lincah dan kerjasama dengan teman-temannya. Selain gobak sodor sebenarnya masih banyak lagi permainan serupa, seperti lompat tali, kasti, sepak bola, dan sebagainya.

5. Permainan peran profesi

Permainan peran profesi

Biasanya anak perempuan lebih suka dengan permainan ini. Saat masih kecil, banyak bayangan seperti apa ketika kita sudah besar nanti. Dengan melakukan pengamatan terhadap orang dewasa, anak-anak mencoba untuk mengikuti gaya dan pekerjaannya, seperti dokter, guru, ibu, dan sebagainya. Meskipun terlihat sangat simple, tapi permainan ini mampu mempelajari sikap sosialisasi dengan teman bermainnya. Selain itu, permainan ini terbilang sangat murah karena memakai barang-barang seadanya dan dibuat barang yang menunjang kegiatannya.

Baca juga berikut : model pembelajaran inovatif

6. Permainan bakiak

Permainan bakiak

Permainan bakiak juga termasuk permainan tradisional yang masih bisa kita jumpai sekarang ini. Untuk memainankan permainan bakiak, alat-alat yang dibutuhkan cukup sederhana, seperti kayu dan tali panjang untuk dihubungkan satu sama lain. Permainan ini dapat mengasah strategi kerjasama, karena akan sulit berjalan apabila tidak kompak saat berjalan. Tim yang terdiri lebih dari dua sampai tiga orang harus bisa melangkahkan kaki secara serentak agar tidak jatuh.

7. Permainan berjalan melingkar

Permainan berjalan melingkar

Permainan ini bisa anda coba dengan menyediakan karpet panjang kira-kira berukuran 12 x 0.5 m yang dihubungkan kedua sisinya sehingga membentuk sebuah lingkaran. Karpet ini yang dijadikan permainan dimana setiap tim terdiri dari 4 sampai 5 orang dan berjalan di dalam karpet. Permainan ini terlihat mudah, tapi jika tidak ada kekompakan maka akan sulit untuk menggerakkan karpet yang lumayan panjang. Solidaritas dan kekompakan sangat diperlukan untuk menggerakkan karpet secara cepat dan kaki tidak boleh keluar.

8. Permainan komunikasi kelompok

Permainan komunikasi kelompok

Permainan satu ini pasti sudah tidak asing bagi anda karena sering melihatnya di acara kuis televisi. Permaianan ini bisa dilakukan sederhana untuk mengasah daya konsentrasi anak karena harus cermat kalimat yang sudah diucapkan teman sebelumnya dan harus menyalurkan pesan ke teman berikutnya tanpa ada kesalahan kata. Permainan ini biasanya dibagi dua kelompok dan setiap kelompok terdiri dari tiga orang atau lebih. Banyak variasi yang bisa anda mainkan dari permainan ini.

9. Menggambar bersama

Menggambar bersama

Sekilas permainan ini sangat simple sekali, tapi bagi anak sekolah dasar permainan ini bisa menumbuhkan kerjasama untuk membuat hasil gambar yang bagus. Tanpa ada komunikasi yang baik, akan sulit menghasilkan karya sesuai keinginan. Harus ada pembagian peran dan saling melengkapi antara anak satu dengan yang lainnya. Selain itu permainan in juga akan melatih berbagi alat untuk menggambar. Dengan terbatasnya alat menggambar, maka anak diharapkan berlatih berbagi bersama temannya yang lain. Mungkin saja akan timbul sedikit pertengkaran, tapi anda harus mengarahkannya untuk melakukan hal yang seharusnya mereka lakukan dengan baik.

10. Permainan mencari harta karun

Permainan mencari harta karun

Permainan satu ini pastinya akan menarik anak sekolah dasar untuk mengikutinya. Permainan ini sangat mengandalkan kerjasama tiap kelompok agar menemukan benda sesuai dengan petunjuk yang dibuat. Untuk petunjuk, buatlah dengan mengkombinasikan unsur-unsur pelajaran, sehingga selain bermain mereka akan mencoba mengingatn pelajaran yang telah dipelajari di sekolah.

Beberapa permainan untuk anak sekolah dasar di atas pasti sudah anda kenal bukan? Saatnya salurkan pengalaman anda kepada anak-anak sekolah dasar di sekitar kita. Beberapa permainan di atas akan membantu anak-anak usia sekolah dasar tidak akan kehilangan masa bermainannya. Saatnya anda membantu anak-anak untuk belajar secara menarik dengan beberapa permainan yang ada.

Sumber :
salamedukasi.com/2014/07/contoh-jenis-jenis-permainan-game-dan.html
tipspendidikan.site/2015/03/jenis-jenis-permainan-yang-mendidik.html