Beberapa Pertimbangan Sebelum Memilih Universitas Terbuka

Mengikuti perkuliahan di Universitas Terbuka memang sangat menantang. Mengapa dikatakan demikian? Karena sistem yang berlaku di Universitas Terbuka cukup berbeda dengan sistem perkuliahan biasa.

Menjadi calon mahasiswa dari kalangan karyawan yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan, maka sistem yang dibuat benar benar mandiri dan full sendiri.

Beberapa Pertimbangan Sebelum Memilih Universitas TerbukaSebenarnya tidak seratus persen sendiri, untuk lulus dari satu mata kuliah, maka mahasiswa wajib juga menghadiri minimal 5 kali TTM atau Tutorial Tatap Muka yang diadakan oleh dosen bersangkutan. Beberapa memang mengatakan menerima banyak manfaat dari sistem perkuliahan demikian namun tak sedikit pula yang akhirnya gugur di tengah jalan.

Inilah beberapa pertimbangan sebelum memilih Universitas Terbuka sebagai tujuan pendidikannya

Maka dari itu, ada beberapa pertimbangan sebelum memilih untuk berkuliah di Universitas Terbuka.

Jaringan internet

Amat pentingnya jaringan internet, maka sebelum memilih untuk kuliah di Universitas Terbuka, ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu jaringan internet di tempat nada tinggal. Kuat atau lemahnya atau alat yang harus digunakan. Pada jaringan yang cukup kuat, penggunaan smartphone yang telah mensupport sistem tethering akan semakinĀ  mempermudah kita untuk berselancar di dunia maya.

Pada jaringan yang lemah diperlukan treatment khusu untuk memperkuat jaringan, misalkan penggunaan jenis SIM atau malah merek dagang tertentu yang dipercaya mampu menyeiakan jaringan internet yang lebih luas dan berkelas. Jaringan internet pada sistem belajar di Universitas Terbuka terbilang cukup penting. Sistem modul yang digunakan akan memaksa mahasiswa untuk mencari lebih lanjut melalui internet. Beberapa ujian juga dilakukan secara online oleh Universitas Terbuka meskipun untuk sistem ujian ini UT telah bekerjasama dengan beberapa Universitas kenamaan di daerah masing masing.

Kemandirian

Hal kemandirian patut anda pertanyakan kepada diri anda sendiri karena metode pembelajaran mandirilah yang diterapkan dalam sistem belajar di Universitas Terbuka. TTM hanya dilakukan sesekali saja minimal 5 kali dalam satu semester, maka selebihnya adalah tanggungjawab mahasiswa untuk belajar secara mandiri melalui modul. Jika anda adalah jenis orang yang tidak bisa mandiri, maka amat disarankan untuk tidak memilih Universitas Terbuka. Namun jika anda ingin belajar mandiri dan memiliki visi serta misi yang jelas tentang niat nada belajar, maka Universitas Terbuka membuka gerbangnya lebar lebar bagi anda.

No Nyontek

Dalam sistem ujian yang diadakan oleh Universitas Terbuka, mahasiswannya kan memiliki tingkat sangat minim untuk kesempatan mencontek. Pada saat ujian, para mahasiswa akan mendapatkan nomor bangku yang akan diacak oleh pihak UT, maka jika ujian berlangsung, anda sama sekali tidak akan tahu dengan siapa atau di dekat siapa anda duduk. Maka jangan berharap banyak untuk mendapatkan nilai melalui jalur non halal ini. sungguh belajar dan percaya pada jawaban sendiri adalah cara terbaik untuk mendapat nilai murni di Universitas Terbuka.

Bagaimana? Apakah Anda akan menjadi calon UT selanjutnya?

Untuk info pendaftaran, maka berikut kami sampai link informasi: Pendaftaran Universitas Terbuka.

Add a Comment