PIP Semarang: Pendaftaran dan Program Studi Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Masukuniversitas.com, PIP Semarang: pendaftaran dan program studi politeknik ilmu pelayaran Semarang. Berlayar merupakan pekerjaan yang sangat menyenangkan dan penuh dengan tantangan, dan mungkin di antara Anda ada yang terobsesi menjadi seorang pelayar. Nah, jika memang demikian maka Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang) bisa menjadi jembatan untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Pendaftaran dan Program Studi Politeknik Ilmu Pelayaran SemarangDengan menjadi seorang pelayar, di samping nanti Anda akan mendapatkan penghasilan, Anda pun punya kesempatan yang sangat besar untuk keliling dunia dengan berlayar di lautan, mengikuti jejak Christoper Columbus yang pada akhirnya menemukan banyak benua di dunia.

Nah, apakah Anda semakin tertarik untuk berlayar dan masuk PIP Semarang? Jika iya, yuk kita berkenalan lebih dekat lagi!
Sekilas Mengenai Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang)

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang merupakan pendidikan tinggi negeri yang terletak di semarang yang bergelut dalam bidang pelayaran dan kepelabuhan. PIP Semarang ini berada di bawah naungan Departemen Perhubungan. Dan tujuan didirikan PTN ini adalah untuk melatih lulusan SMA dan SMK untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang pelayaran, sehingga ada ketersediaan SDM untuk kebutuhan armada angkutan laut di masa yang akan datang.

Dulu, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang ini bernama BPLP, dan berubah nama seperti sekarang pada tahun 1999, hal ini didasarkan pada Keputusan Menteri Perhubungan No.81 tahun 1999. PIP Semarang saat ini, tepatnya tahun 2000 telah masuk dalam White List Internasional Maritime Organization, ini merupakan tanda bahwa PIP Semarang telah diakui dunia internasional.

Aneka Program Studi di PIP Semarang

Apabila Anda hendak mendaftar dan masuk PIP Semarang, maka Anda bisa memilih beberapa jurusan yang tersedia, di antaranya Jurusan Nautika,  Jurusan Teknika, dan Jurusan KALK. Masing-masing jurusan ini, menerima jumlah mahasiswa yang berbeda-beda. Di antara kelas-kelas yang dibuka, ada yang merupakan jalur reguler, dan ada yang merupakan jalur beasiswa. Untuk jalur reguler sendiri tentunya memiliki proporsi yang lebih banyak dibandingkan yang beasiswa.

Biaya Perkuliahan di PIP Semarang

Terkait biaya perkuliahan, tentunya akan menjadi sesuatu yang relatif dan punya kemungkinan berubah setiap tahunnya. Jangankan setiap tahun, setiap semester pun bisa jadi berbeda-beda. Tapi kisaran biaya per semesternya masih di angka 600 hingga 800 ribu rupiah persemesternya, ini berdasarkan data di tahun 2016.

Nah, bagi Anda yang berasal dari keluarga tidak mampu, namun ingin bisa kuliah di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, maka Anda bisa mengajukan keringanan biaya. Keringanan biaya ini diutamakan untuk keluarga miskin dan taruna berprestasi yang berasal dari Indonesia bagian timur.atau dari daerah-daerah tertinggal. Dan perlu Anda tau, bahwa keringanan biaya ini bisa mencapai 0% lho!

Jalur Penerimaan PIP Semarang

Untuk  bisa masuk ke PIP Semarang ada beberapa jalur yang bisa Anda tempuh, mulai dari jalur PMDK yang tidak perlu tes akademik, jalur regular yang melalui proses seleksi lengkap, hingga jalur beasiswa pembibitan yang dilaksanakan setelah pengumuman kelulusan sebagai taruna di PIP Semarang.

Artikel berkaitan:

> Info SNMPTN

> Info SBMPTN

Dengan adanya beberapa jalur penerimaan ini, diharapkan bisa mengakomodir  peserta dari berbagai kalangan dan dari berbagai daerah. Jadi jika Anda tertarik, maka Anda bisa memilih jalur masuk Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, tentunya dengan melihat potensi, kemampuan dan sumberdaya yang dimiliki.

Persyaratan Pendaftaran

Apa saja persyaratan agar bisa mendaftar di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang ini? Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum mendaftar, yaitu; berusia maksimal 23 tahun, berjenis kelamin pria ataupun wanita, tidak boleh menikah selama masa pendidikan, tinggi badan maksimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita, mengumpulka pas photo beserta fotocopy STTB dan bukti pendukung lainnya, serta dinyatakan lulus dari sekolah SMA yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.

Persyaratan di atas merupakan persyaratan secara umum, namun jurusan-jurusan di politeknik ini pun mengajukan persyaratan yang berbeda-beda, misalnya saja jurusan Teknika yang memberi syarat bahwa yang boleh mendaftar adalah mereka yang berasal dari jurusan SMA/MA (IPA) atau SMK pelayaran, serta SMK dengan keahlian yang berkaitan dengan pelayaran dan kepelabuhan.

Sampai di sini, apakah Anda memenuhi persyaratan yang diminta? Jika iya, yuk kita lihat lebih lanjut mengenai biaya dan tata cara pendaftarannya!

Biaya dan Tata Cara Pendaftaran

Agar bisa mendaftar, maka Anda perlu menyediakan uang sebesar Rp.100.000,-. Uang pendaftaran ini bisa Anda bayarkan melalui proses transfer ke PT. Bank BNI tbk, dan jangan lupa menyimpan bukti transfernya untuk dibawa saat proses pendaftaran nanti.  Selain transfer bank, Anda pun bisa menggunakan Pos Wesel untuk membayar biayanya yang ditujukan ke Badan Pengembangan SDM Perhubungan Jl. Medan Merdeka Timur No.5 Jakarta.

Lalu, bagaimana cara mendaftaranya? Nah, untuk bisa mendaftar, maka Anda perlu datang ke lokasi pendaftaran, tapi sebelum itu Anda bisa mengakses formulirnya di website resmi pendaftaran PIP semarang. Setelah di download formulirnya, maka Anda perlu mengisi terlebih dahulu di rumah agar memudahkan proses pendaftaran saat berada di lokasi.

Seleksi yang harus dilalui peserta

Setelah mendaftar, kira-kira seleksi apa yang akan dilalui peserta? Nah, ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui, seleksi ini meliputi seleksi administasi yang mengecek kelengkapan persyaratan yang sudah diinformasikan sebelumnya, tes potensi akademik, pemeriksaan kesehatan, psikotes, serta wawancara yang kesemuanya dilaksanakan di lokasi pendaftaran.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan tentang program studi dan mekanisme pendaftaran di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Semoga dengan informasi ini bisa membantu Anda mempersiapkan diri menuju ke jenjang pendidikan berikutnya.

Sumber:
studikedinasan.blogspot.co.id/2015/03/sipencatar-pip-semarang-tahun-20152016.html
wikipedia.org/wiki/politeknik_ilmu_pelayaran_semarang
maritimeworld.web.id/2014/info-syarat-dan-tata-cara-mendaftar-di-PIP-semarang-tahun-akademik-2014-2015.html

Add a Comment