Profil Universitas Negeri Surabaya

Profil Universitas Negeri Surabaya

Melihat profil Universitas Negeri Surabaya adalah yang sangat penting dan apa saja yang terdapat maupun fasilitasnya. Sebelum memilih Universitas Negeri Surabaya yang dijadikan sebagai proses meraih ilmu pendidikan, tentu kita juga harus mengenal apa saja dan proses pendidikannya nantinya bagaimana?

Inilah profil Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya atau sering juga disebut dengan singkatan UNESA adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di kota pahlawan Surabaya. Universitas Negeri Surabaya I berdiri pada tanggal 19 Desember 1964. Terbilang memang sudah setengah abad lebih Unesa ini turut membangun pendidikan di Indonesia. Memiliki tujuh fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan yang terakhir adalah Fakultas Ilmu Sosial.

Menilik sejarah singkatnya sendiri, maka kita akan menemukan bahwa semula Universitas Negeri Surabaya ini adalah sebuah lembaga kursus BI dan BII yang ada di Surabaya. Perjalanan panjang dan perbaikan di sana sini akhirnya pada tahun 1964 berdirilah IKIP Surabaya yang menjadi cikal bakal terdekat dari Universitas Negeri Surabaya ini. Berkembangnya fakultas dan bertambahnya minat mahasiswa membuat IKIP ini akhirnya mendapat restu Presiden dan merubah namanya menjadi Universitas Negeri Surabaya berdasarkan Keppres RI No. 93 tahun 1999. Demikianlah perjalanan panjang itu telah mematangkan pengalaman Unesa sehingga mampu menjadi salah satu universitas terbaik di negeri ini hingga sekarang.

Universitas yang beralamatkan di Jln. Ketintang Surabaya 60231 ini memiliki visi untuk unggul dalam kependidikan, Kukuh dalam Keilmuan atau dalam bahasa Inggris diartikan sebagai Excelent in Education, Strong in Science. Untuk memenuhi visinya tersebut, Universitas Negeri Surabaya memiliki beberapa misi yang menjadi pedoman.

  • Meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan
  • Meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan
  • Meningkatkan pembinaan mahasiswayang komprehensif dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.
  • Meningkatkan pengembangan dan penerapan keilmuan dalam bidang pendidikan dan non kependidikan.
  • Mengembangkan Universitas Negeri Surabaya sebagai Pusat Keilmuan dan Pusat Pendidikan Dasar dn Menengah.
  • Membangun sistem menejemen perguruan tinggi yang efektif, efisien, transparan dan mandiri.

Sebagai Universitas yang ternama, Unesa memang telah terbukti menelurkan mahasiswa berprestasi yang membanggakan. Beberapa perlombaan ataupun kontes telah membuktikan kepiawaian Universitas Negeri Surabaya ini dalam mendidik mahasiswanya. Beberapa prestasi yang dimiliki Unesa dan menjadi kebanggaan antara lain adalah.

  • Juara I Kontes Robot Cerdas Indonesia 2009 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  • Meraih 11 emas, 9 perak, 10 perunggu dalam kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional 2009 di Palembang
  • Juara Umum dalam rangka Pekan Olahraga Antar Perguruan Tinggi se-Indonesia
  • Seleksi Program Kreatifitas Mahasiswa 2007 dengan penghargaan Rp 126.730.000

Deretan penghargaan bergengsi yang telah diraih Universitas Negeri Surabaya ini pastilah sedikit banyak telah menunjukkan kepada kita kualitas universitas ini. Sejarah panjang yang membuntuti perjalanan Universitas ini pastilah telah menjadi pengalaman yang sangat berharga sehingga mampu menghasilkan kualitas yang tak main main.

Add a Comment