Pengertian Program SM3T Kemendikbud Apa Sih? Yuk, Cari Tahu Disini

Pengertian program SM3T Kemendikbud apa sih? Yuk, cari tahu Di informasi pendidikan masukuniversitas.com. SM3T merupakan program terbaru pemerintah dalam dunia pendidikan. Program ini akan menjadi salah satu program bagi para sarjana yang memiliki dedikasi tinggi dalam memajukan pendidikan. Nah, apa itu SM3T? Mungkin, sebagian dari Anda belum mengetahui pengertian program SM3T. Untuk itu, kali ini kami akan mengulas tentang pengertian program SM3T dan keuntungan mengikuti program tersebut. Silahkan disimak. [Baca juga: hari kemerdekaan Indonesia << Disini].

Pengertian program SM3T

Apa itu SM3T? SM3T adalah singkatan dari Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal. Artinya

para sarjana pendidikan nantinya akan mengajar di daerah-daerah terpencil dengan pendidikan masyarakatnya yang kurang maju, khususnya di daerah Indonesia. Jangan kaget, jika Anda menjadi bagian dari program SM3T yang akan merasakan daerah-daerah pedalaman, dengan kehidupan masyarakat yang masih buta huruf dan fasilitas pendidikan yang kurang memadai.

Baca juga: Cara mendaftar SM3T

Beberapa daerah yang biasanya menjadi sasaran program SM3T adalah Aceh, NTT, Papua, Natuna, dan lain-lain. Program dengan tagline “Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia” ini merupakan program kerja sama antara Dirjen Kementrian Pendidikan dengan DIKTI serta 17 LPTK se Indonesia dalam rangka memajukan pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Para sarjana akan diseleksi dan diberangkatkan ke daerah-daerah tersebut untuk melakukan pengabdian selama 1 tahun. Jadi, program SM3T ini hampir mirip dengan program KKN (Kuliah Kerja Nyata). Bedanya, jika beberapa program KKN masih menggunakan biaya pribadi pesertanya, sementara untuk SM3T ini, biaya ditanggung pemerintah secara keseluruhan.

Keuntungan Program SM3T

Setelah membahas tentang pengertian program SM3T, selanjutnya kami akan membahas tentang keuntungan SM3T. Nah, apa keuntungan program SM3T? Keuntungan program SM3T adalah:

Baca juga ini: Syarat SM3T

1. SM3T adalah Program Pemerintah

SM3T merupakan salah satu program pemerintah di dunia pendidikan. Program ini bertujuan untuk mewujudkan pendidikan yang merata bagi semua masyarakat di Indonesia. Karena SM3T merupakan program pemerintah maka program ini memiliki jenjang karir yang jelas bagi para sarjana. Bukan hanya itu saja, dalam perekrutan aparatur sipil negara pun dijadikan prioritas oleh pemerintah.

2. Gaji Lumayan Besar

Keuntungan kedua program SM3T adalah gaji yang ditawarkan lumayan besar. Nominal gaji bagi sarjana yang mengikuti program ini yaitu 2,7 juta rupiah. Bahkan apabila sarjana ditempatkan di daerah khusus (pedalaman), maka akan mendapatkan alokasi dana tambahan.

3. Kuliah PPG selama 1 Tahun setelah Selesai SM3T

Selain memiliki gaji yang lumayan besar, keuntungan yang diperoleh para sarjana yang ikut program SM3T yaitu mendapatkan kesempatan kuliah PPG selama 1 tahun dengan biaya ditanggung pemerintah, mulai dari biaya kuliah, bulanan, asrama, dan kesehatan. Bukan hanya itu saja, para sarjana juga akan mendapatkan bimbingan pendidikan dari ahli pendidikan professional.

4. Mendapatkan Sertifikat

Para sarjana juga akan mendapatkan sertifikat pendidik pasca PPG. Denga sertifikat ini, para pendidik dapat menggunakannya untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih besar, hingga dua kali lipat gaji pokok.

5. Berkesempatan mengikuti Program GGD (Guru Garis Depan)

Di tahun 2015 pemerintah meluncurkan program baru yaitu GGD (Guru Garis Depan). Program ini hanya bisa diikuti oleh tenaga pendidik yang memiliki sertifikat PPG. Dengan adanya sertifkat tersebut, akan membuat persaingan para PNS tidak seketat persaingan CPNS pada umumnya. Bagi tenaga pendidik yang lulus program GGD bisa mendapatkan gaji hingga 8 juta dan memperoleh lahan bertani. Dapat dikatakan bahwa GGD menjadi salah satu program transmigrasi terarah.

6. Berpeluang ke SILN

Maksud apa? Yaitu berkesempatan mengikuti program Kuliah Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Program SILN merupakan program pemeritah dalam mengirimkan tenaga pendidik professional untuk mengajar warga negara Indonesia yang berada di luar negeri. Beberapa negara diantaranya yaitu Filipina, Malaysia, dan Vietnam. Salah satu syarat untuk mengikuti program ini yaitu memiliki sertifikat PPG. Gaji yang ditawarkan pun sangat besar yakni 15 juta, bahkan bisa lebih (tergantung tingkat kesulitan mengajarnya). Gaji besar yang diperoleh tenaga pendidik tergolong wajar dan sesuai dengan pengabdiannya untuk negara Indonesia di negara lain.

7. Peserta SM3T dapat Mendedikasikan Diri untuk Kemajuan Pendidikan

Nah, bagi para pendidik yang memiliki jiwa pendidik yang tulus, maka memiliki hasrat dan dedikasi yang tinggi untuk ikut terlibat secara aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Bisa dikatakan bahwa merekayang mendedikasikan diri untuk kemajuan pendidikan di Indonesia memiliki misi yang mulia yakni mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan.

8. Lebih Memahami Keberagaman di Indonesia

Bagi para peserta yang mengikuti program SM3T akan semakin memiliki jiwa yang terbuka terhadap keberagaman yang ada di Indonesia. Dengan penempatan yang berbeda-beda dan jauh dari daerah asalnya, para pendidik akan menemukan sesuatu yang baru di lingkungan baru, mulai dari tradisi, kebudayaan, hingga keindahan alam. Selain mengajar, Anda juga bisa berlibur ke tempat-tempat terpencil yang jauh dari perkotaan.

9. Memiliki Ambisi yang semakin Besar untuk Memajukan Pendidikan

Keuntungan terakhir mengikuti program SM3T adalah dapat menumbuhkan sikap kecintaan terhadap dunia pendidikan, khususnya keinginan untuk memajukan pendidikan di daerah pedalaman. Program ini dapat menyentuh hati nurani para peserta SM3T bahwa pendidikan di daerah terpencil jauh perbeda dengan pendidikan di kota-kota yang dengan mudahnya menikmati fasilitas pendidikan modern. Dengan begitu, niat Anda untuk memajukan pendidikan akan semakin besar.

Itu dia informasi mengenai pengertian program SM3T dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari mengikuti program pendidikan yang disediakan pemerintah tersebut. Selain bermanfaat bagi diri sendiri, program ini juga dapat memberikan dampak positif yang sangat besar bagi Indonesia, khususnya dalam hal pendidikan.

 

Sumber :
rijal09.com/2016/08/9-keuntungan-ikut-program-sm3t_73.html?m=1

Add a Comment