Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah salah satu jurusan dari Fakultas Teknik. Yang mempelajari tentang bagaimana menerapkan logika matematika dalam pengelolaan informasi yang dapat meliputi trasformasi data atau juga dengan pengolahan fakta – fakta simbolik dengan memanfaatkan teknologi komputer semaksimal mungkin.

Kemampuan yang paling utama dari mahasiswa yang kuliah di jurusan teknik informatika adalah kemampuan berpikir logis dan terstruktur. Pada perkembangannya saat ini, mahasiswa dari jurusan teknik informatika dibantu untuk menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan kemampuan untuk memahami, menganalisa dan menilai serta menerapkan perangkat lunak atau software dalam pengolahan data dengan komputer.

Teknik Informatika

Di jurusan teknik informatika sendiri memiliki banyak sekali program pemetaan seperti Sistem Informasi, jaringan Komputer dan Komunikasi Data, sistem Cerdas dan Grafika Komputer serta Komputasi dan Metode numerik.

Seorang lulusan dari jurusan teknik informatika diharapkan akan memiliki kemampuan untuk mengembangkan perangkat lunak untuk berbagai keperluan, menganalisis sistem dalam suatu organisasi,perusahaan atau instansi pemerintahan dan membuat sebah sistem yang terintegrasi dengan menggunakan perangkat lunak.

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja yang dimiliki jurusan teknik informatika sebagai gambaran secara ringkas saja :

Tenaga Pendidik

Tenaga pengajar atau pendidik jurusan teknik informatika di  indonesia saat ini bisa dikatakan sangat kurang terutama untuk daerah yang mulai berkembang. Lulusan dari jurusan teknik informatika bisa menjadi guru di sekolah – sekolah teknik. Peluang untuk menjadi dosen juga sangat terbuka lebar sehubungan dengan semakin banyak perguruan tinggi yang di buka di seluruh Indonesia, akan tetappi untuk menjadi doseen sarjana teknik harus meneruskan ke tahap selanjutnya untuk menempuh studi ke S2.

baca juga : Prospek Pekerjaan Teknik Sipil 

Pegawa Negeri Sipil

Di era digital seperti sekarang ini, bisa dikatakan tidak ada lembaga ataupun perusahaan yang tidak memanfaatkan bidang Informatika. Demikian pula dengan lembaga pemerintahan. Bisa dikatakan semua Instansi, lembaga dan badan pemerintahan membutuhkan praktisi teknik Informatika. Namun yang paling banyak membutuhkan jurusan ini adalah kementerian Komnikasi dan Informatika.

Badan Usaha Milik Negara

Sama seperti lembaga pemerintahan. Semua badan usaha milik negara juga sangat membutuhkan lulusan dari teknik infotmatika terutama PLN dan Telkom. Selain itu BUMN yang bergerak di bidang perkebunan, kehutanan dan lainnya juga bisa dimasuki lulusan teknik informatika.

Sektor Swasta

Di sektor ini sangat banyak sekali yang membutuhkan lulusan dari teknik Informatika. Sebagaimana kita tahu bahwa internet sudah seperti air bagi masyarakat modern saat ini. Pada era modern seperti ini tidak ada hari tanpa internet dan lulusan teknik informatika adalah salah satu lulusan yang paling paham dengan perkara internet. Banyak sekali perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi dan informasi yang juga akan membutuhkan lulusan dari teknik informatika seperti Telkomsel, Indosat, XL, 3, dan lain sebagainya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai prospek kerja lulusan teknik informatika. Semoga bisa bermanfaat dan juga bisa berguna bagi anda yang akan meneruskan ke jenjang perkuliahan.

Add a Comment