SBMPTN: Pendaftaran SBMPTN Terbaru 2017 Secara Online

SBMPTN: pendaftaran SBMPTN terbaru 2017 secara online. Ketika kelulusan SMA sudah di depan mata, itu tandanya Anda harus mulai bersiap masuk ke perguruan tinggi. Di masa-masa itu Anda pasti akan disibukkan dengan serangkaian proses belajar dan ujian, serta mulai melakukan pendaftaran SBMPTN. Di sela-sela waktu itu pula teman-teman sudah mempersiapkan kemana universitas atau kampus yang dituju. Serta jurusan apa? Di proses yang melelahkan tersebut mau tidak mau harus Anda lewati, karena ini merupakan pintu gerbang menuju apa yang ingin Anda raih di masa depan nanti.

Eh, berbicara tentang pendaftaran SBMPTN, kira-kira pelaksanaanya kapan ya? Terus mekanisme pendaftaran seleksi ini, seperti apa? Nah, daripada Anda bingung sendiri, bagaimana kalau kita lihat informasi selengkapnya saja. Semoga dengan mengetahui informasinya dari awal, Anda akan lebih siap menghadapi Seleksi Bersama Masuk PTN nantinya.

Sekilas mengenai SBMPTN

Sebelum jauh membahas mengenai mekanisme pendaftaran SBMPTN, kita perlu mengenal dulu apa itu Seleksi Bersama Masuk PTN. Perlu Anda tau bahwa Seleksi Bersama Masuk PTN merupakan salah satu cara yang digunakan oleh pemerintah dalam hal ini Kemenristek Dikti untuk menyeleksi para siswa dari seluruh Indonesia ke perguruan tinggi negeri. Mekanisme seleksinya sendiri didasarkan pada hasil ujian, baik itu tertulis maupun menggunakan komputerisasi.

Kenapa perlu ujian tertulis? Ujian ini diperuntukkan agar kemampuan siswa-siswa yang akan masuk ke perguruan tinggi ini bisa terukur. Hasil pengukuran ini sebenarnya digunakan untuk memperkirakan apakah siswa tersebut mampu untuk mengikuti perkuliahan hingga selesai di program studi tertentu atau tidak. Jadi sebenarnya semua orang punya potensi untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, namun karena jumlah kuotanya terbatas, maka mau tidak mau akan ada yang tersisihkan.

Oiya, ternyata untuk program studi tertentu, ujian yang dilakukan tidak hanya dalam bentuk ujian tulis saja lho, akan tetapi ada ujian keterampilannya juga, misalnya saja kalau Anda memilih program studi seni dan olahraga.

Persyaratan mengikuti SBMPTN

Bagian terpenting dari proses pendaftaran SBMPTN adalah mengetahui persyaratan-peryaratannya. Kira-kira apa saja ya persyaratannya? Kita lihat bareng-bareng yuk!

1. Persyaratan pendaftaran

Untuk bisa mendaftar SBMPTN, syarat pertama yang harus Anda miliki adalah sehat jasmani dan rohani. Jika saat mendaftar Anda dalam kondisi tidak sehat (menderita penyakit berat) maka dikhawatirkan Anda tidak bisa mengikuti perkuliahan dengan baik, dan kondisi kesehatan Anda semakin menurun karena kelelahan fisik dan kelelahan berpikir.

Lalu, apa syarat yang lainnya? Syarat yang lain tentu saja Anda sudah lulus dari SMA, dan kelulusan ini dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan lulus dari sekolah yang di dalamnya terdapat identitas Anda, foto diri serta cap dari pihak sekolah. Nah, bagi Anda yang lulus di tahun sebelumnya dan baru akan mendaftar di tahun ini, maka Anda perlu melampirkan ijazah kelulusan Anda dari SMA.

2. Syarat diterima di PTN

Jika Anda telah selesai melakukan proses pendaftaran, maka yang perlu Anda lakukan adalah belajar dengan giat. Pelajari contoh-contoh soal Seleksi Bersama Masuk PTN tahun-tahun sebelumnya. Ini sangat penting Anda lakukan, karena syarat diterimanya Anda di PTN adalah lulus Seleksi Bersama Masuk PTN, selain tentunya Anda harus lulus dari SMA atau SMK, serta memenuhi syarat-syarat lainnya.

Tata cara mendaftar SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN itu caranya bagaimana sih? Nah, bagi anda yang akan mendaftar Seleksi Bersama Masuk PTN, maka anda perlu tau bahwa cara pendaftarannya akan dilakukan secara online. Jadi kalau Anda mau mendaftar, pastikan bahwa Anda bisa mendapatkan akses internet, setelah itu Anda bisa masuk ke laman pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk melakukan proses ini.

Sebagai informasi, di tahun 2017 ini, Anda bisa mulai mengisi blanko pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan yang bisa diunduh sejak tanggal 4 April 2017. Sedangkan untuk pendaftaran online-nya sendiri baru akan dibuka di tanggal 11 April 2017 hingga 5 Mei 2017. [Cek disini: pengumuman SBMPTN] dan [pengumuman SBMPTN].

Dengan kejelasan tanggal pendaftaran SBMPTN ini, diharapkan tidak ada siswa yang terlambat mendaftar, dan para siswa ini sudah mulai bisa mempersiapkan apa yang perlu disiapkan dari awal untuk menghadapi persaingan di SBMPTN.

Jenis ujian yang akan dihadapi peserta

Bagian paling menyeramkan dari proses pendaftaran SBMPTN ini adalah ketika waktunya ujian. Tapi tenang saja, Anda bisa mempersiapkan jauh-jauh hari kok. Ujiannya sendiri secara umum hanya ujian tertulis saja, yang mengalami ujian keterampilan hanya program studi tertentu. Dan untuk materi ujian tertulisnya sendiri terdiri dari tes potensi akademik dan tes kemampuan dasar, sedangkan ujian keterampilan disesuaikan dengan program studinya.

Biaya SBMPTN

Jika Anda ingin melakukan pendaftaran SBMPTN, maka Anda perlu menyiapkan biaya sebesar Rp. 200.000,00. Biaya ini bisa Anda bayarkan melalui transfer, bisa melalui Bank Mandiri, BNI atau BTN. Apabila Anda telah membayar biaya Seleksi Bersama Masuk PTN, lalu Anda membatalkan ikut ujiannya, maka bisa dipastikan uang Anda tidak akan dikembalikan.

Jadwal ujian dan pengumuman kelulusan

Setelah proses pendaftaran SBMPTN Anda lalui, maka bersiaplah untuk menghadapi ujian tertulis (PBT dan CBT), yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2017. Sedangkan untuk ujian keterampilannya akan dilaksanakan pada tanggal 17 dan atau tanggal 18 Mei 2017. Dengan informasi jadwal ini, diharapkan Anda bisa mengatur waktu belajar agar memenuhi target yang diinginkan.

Lalu, pengumuman kelulusannya kapan ya? Untuk pengumuman kelulusannya sendiri akan diumumkan di tanggal 13 Juni 2017. Jadi di hari itu, tepatnya pukul 17.00 WIB, Anda sudah bisa mengakses pengumumannya di www.sbmptn.ac.id.

Demikianlah informasi tentang pendaftaran SBMPTN di tahun 2017 ini. Semoga denganĀ  adanya informasi ini akan semakin menambah referensi dan kesiapan Anda untuk menghadapi Seleksi Bersama Masuk PTN. Selamat mendaftar dan selamat berjuang!

Sumber: sbmptn.ac.id/?mid=13
Nov—

Add a Comment