Sejarah Diadakan Perlombaan di Hari Kemerdekaan Indonesia

Sejarah diadakan perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia, informasi pendidikan. Menjelang dan saat hari peringatan kemerdekaan tiba, maka suasana di sekitar rumah baik itu di desa dan di kota akan marak dengan beragam perlombaan. Dengan diadakannya banyak perlombaan, maka ini sekaligus menjadi ajang bagi seluruh warga untuk berkumpul, saling berkompetisi, dan bercanda bersama. Sehingga diharapkan momentum ini bisa mengeratkan kerukunan disamping mengingat kembali semangat para pejuang yang memerdekakan bangsa ini.

Baca disini: perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia

Perlombaan yang sering dilombakan saat peringatan hari kemerdekaan memiliki keunikan masing-masing, dan seringkali perlombaan ini mampu mengundang gelak tawa. Tapi di luar itu semua, mungkin ada di antara Anda yang bertanya-tanya mengenai sejarah diadakan perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia. Sebenarnya, bagaimana sih sejarahnya? Langsung kita lihat bersama, yuk!

Awal mula diadakannya perlombaan saat peringatan hari kemerdekaan Indonesia

Sejarah diadakan perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia berawal di tahun 1950. Hal ini pernah disampaikan oleh sejarawan sekaligus budayawan JJ Rizal di laman suara.com (17/08/2014). Menurut beliau, perlombaan-perlombaan yang ada sekarang itu dimunculkan sendiri oleh masyarakat, bukan oleh pemerintah dan buku mencontoh generasi sebelumnya.

Kemerdekaan adalah mimpi besar Bangsa Indonesia. Inilah sebabnya masyarakat sangat antusias dan ingin memeriahkan perayaan kemerdekaanya dengan berpartisipasi mengikuti beragam perlombaan. Tapi, tidak hanya masyarakat yang merasa antusias, bahkan Presiden Soekarno pun sangat semangat dengan lomba 17 agustusan ini. Begitupula dengan wisatawan asing yang kerap berkunjung ke Bali, mereka ikut memeriahkan peringatan hari kemerdekaan di Pantai Sanur, Bali.

Sejarah diadakan perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia

Berawal dari tahun 1950 inilah cikal bakal sejarah diadakan perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia, yang kemudian meluas tidak hanya di daerah terntentu saja, tapi menyebar ke seluru penjuru tanah air dan terus diadakan hingga saat ini. Walaupun hanya sekedar perlombaan, namun Anda perlu tau, bahwa dari setiap lomba yang diselenggarakan, selalu ada makna atau filosofi dibaliknya, bahkan ada juga yang punya sisi hostorisnya.

Baca juga yang ini: Sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia

Sejarah dan makna di balik lomba panjat pinang

Anda pasti tau lomba panjat pinang, kan? Lomba yang cukup fenomenal dan mengundang gelak tawa ini merupakan sebuah perlombaan yang bertujuan untuk mengenang zaman pahitnya penjajahan. Panjat pinang sendiri merupakan perlombaan yang sudah ada sejak zaman Belanda. Biasanya lomba panjat pinang ini diselenggarakan ketika ada pesta pernikahan ataupun acara besar.

Panjat Pinang

Secara teknis, panjat pinang adalah lomba memanjat pohon pinang dengan tinggi kurang lebih 10 meter, yang di bagian atasnya digantungi hadiah dan batang pohon pinangnya dilumuri oli. Kalau zaman sekarang hadiahnya bisa macam-macam bentuknya. Kalau di zaman Belanda dulu, hadiah yang diperebutkan adalah bahan makanan seperti keju dan gula serta pakaian.

Peserta dari panjat pinang ketika zaman Belanda dulu adalah pribumi. Sementara pribumi saling memperebutkan hadiah dengan memanjat pohon pinang yang telah diolesi oli, orang-orang Belanda justru menonton sambil tak henti-hentinya tertawa. Miris sekali, ya! Dengan mengetahui sejarah diadakan perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia, maka kita bisa jadi banyak-banyak bersyukur karena hidup di zaman yang sudah merdeka, lepas dari para penjajah.

Sejarah dan makna di balik lomba balap karung

Sejarah diadakan perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia tidak lain dan tidak bukan mengingatkan kita kembali pada keprihatinan ketika menjadi bangsa yang dijajah. Contoh dari bentuk keprihatinan itu bisa kita lihat pada lomba balap karung. Mengapa lomba balap karung menjadi simbol keprihatinan? Ini dikarenakan di zaman penjajahan Jepang dulu, kebanyakan rakyat Indonesia pakaiannya terbuat dari karung goni. Karung yang kini dipakai untuk lomba balap karung.

Sejarah dan makna di balik lomba makan kerupuk

Lomba Makan Kerupuk

Lomba yang juga mengingatkan kita kembali pada keprihatinan saat menjadi bangsa yang terjajah adalah lomba makan kerupuk. Dulu, ketika bangsa kita masih dijajah, rakyat Indonesia mayoritas kekurangan pangan, sehingga ketika ada pembagian pangan dari penjajah, rakyat saling berebut untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, untuk mengenang hal itu diadakanlah lomba makan kerupuk, di mana kerupuk dijadikan sebagai simbol pangan.
Tapi sangat disayangkan sekali karena banyak rakyat Indonesia pada zaman sekarang banyak yang tidak tau sejarah diadakannya perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia, khususnya lomba makan kerupuk ini. Sebagian orang hanya mengetahui bahwa lomba ini diadakan sekedar untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan saja.

Informasi pendidikan lainnya, baca disini: Tokoh Pendidikan Indonesia Pembaca Teks Proklamasi

Sejarah dan makna di balik lomba tarik tambang

Lomba lainnya yang tidak kalah menarik dan tidak kalah seru adalah lomba tarik tambang. Biasanya lomba tarik tambang ini dimainkan oleh dua kelompok, di mana setiap kelompoknya terdiri dari beberapa orang laki-laki atau perempuan dengan jumlah yang seimbang. Pemenang dari lomba tarik tambang ini adalah kelompok yang bisa menarik tambang dari kelompok lawan melewati batas tertentu yang sudah disepakati.

Tarik Tambang

Mengapa lomba tarik tambang dimasukkan dalam perlombaan saat peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia? Ini dikarenakan lomba ini ditujukan untuk mengenang nasib rakyat Indonesia saat dijajah oleh Belanda, karena pada zaman itu rakyat mengalami yang namanya kerja paksa. Nah, salah satu pekerjaan yang dilakukan rakyat kala itu adalah menarik benda berat menggunakan tambang.

Baca juga: hari kemerdekaan Indonesia

Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis perlombaan yang dilombakan saat peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia, misalnya saja lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba balap kelereng, lomba menangkap belut dan lomba-lomba seru lainnya. Namun memang hanya lomba-lomba di ataslah yang telah diketahui kronologis sejarahnya seperti apa. Semoga dengan mengetahui sejarah diadakannya perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia, kita jadi bisa lebih bersyukur dan lebih mencintai Indonesia.

 

Sumber
1. ragamseni.com/4-dari-13-perlombaan-17-agustus-an-ternyata-menyimpan-sejarah-yang-tragis/
2. suara.com/lifestyle/2014/08/17/152418/ini-sejarahnya-tradisi-lomba-17-agustus

Add a Comment