Sim Guru Pembelajar; Cara Melakukan Registrasi & Login Sim Guru Pembelajar

Salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru adalah dengan membuat sebuah program yang diberi nama Sim Guru Pembelajar. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa itu Sim Guru Pembelajar dan bagaimana cara melakukan registrasi dan login Sim Guru Pembelajar berikut adalah penjelasannya.

Mengenal Sim Guru pembelajar

Sim Guru Pembelajar adalah salah satu program yang dibuat oleh Kemdikb yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru. Para tenaga pengajar yang bergabung dalam Sim Guru Pembelajar diharuskan kembali belajar untuk meningkatkan komptensinya melalui pelatihan baik yang dilakukan secara langsung maupun melalui online.

Cara melakukan registrasi dan login akun Sim Guru pembelajar secara online

Cara Register dan login SIM Guru Pembelajar

Berikut adalah langkah atau beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk dapat melakukan registrasi atau langkah untuk melakukan registrasi dan login akun Sim Guru Pembelajar.

Baca juga artikel ini: Artikel pendidikan

1. Masuk ke website resmi Sim Guru pembelajar

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi website resmi dari Sim Guru Pembelajar di https://sim.gurupembelajar.id atau https://app.simpkb.id/akun/registrasi. Kemudian klik tombol “Registrasi”, selanjutnya akan muncul tampilan untuk melakukan registrasi.

Khusus bagi Anda para peserta UKG tahun 2015 bisa lamgsung melakukan registrasi, caranya adalah dengan memasukan nomor peserta dan tanggal lahir pada kotak yang tersedia dalam halaman website. Kemudian Anda dapat langsung melanjutkan ke tahap tiga.

Namun apabila Anda, para peserta UKG tahun 2015 lupa dengan nomor peserta atau belum pernah mengikuti UKG 2015 maka Anda dapat mengetahui nomor peserta dengan cara mengikuti petunjuk yang terdapat dalam tahap kedua.

2. Cara mengetahui atau mencari nomor UKG

Untuk dapat mengetahui nomor peserta UKG dapat dilakukan cara meng-klik tombol “Cari Nomor UKG” maka selanjutnya halaman pada website akan langsung menampilakan menu Pencarian Data GTK. Anda dapat memilih provinsi, kabupaten atau kota samikal setelah itu masukan nama PTK kemudian klik tombol “Cari GTK”. Biarkan beberapa saat maka selanjutnya pencarian akan menampilkan Nama PTK, Instansi dan Nomor UKG.

Nomor peserta yang diawali dengan angka 2015 menandakan bahwa GTK sudah dilakukan UKG pada tahun 2015. Namun apabila nomor peserta diawali dengan angka 2016 artinya bahwa GTK belum pernak dilakukan UKG sehingga perlu diadakan Pretest terlebih dahulu.

3. Melakukan registrasi nomor UKG

Setelah mengetahui nomor peserta, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah kembali ke menu registrasi akun untuk memasukan nomor peserta UKG yng telah di catat sebelumnya. Kemudian masukan tanggal lahir PTK, setelah itu klik tombol “Registrasi” dan selanjutnya klik tombol “Setuju” maka secara otomatis komputer akan mendownload Surat Pemberitahuan Akses Layanan Sim GPO yang bersisi user name dan password untuk di jadikan user untuk melakukan login.

4. Cara login Sim Guru pembelajar

Setelah Surat Pemberitahuan Akses Layanan Sim GPO selesai di download, selajutnya buka surat tersebut. Setelah itu, segera login sesuai dengan data PTK yang terdapat dalam surat. Selanjutnya klik tombol “Simpan” maka halaman website menampilkan profil PTK Anda.

Bagi Anda yang belum mengikuti UKG akan muncul peringatan berisi pemberitahuan untuk segera mengikuti Pretest. Ini sebagai syarat untuk mengikuti Diklat Mapel. Anda dapat mengubungi dinas terkait untuk dapat dengan segera mengikuti pretest. Langkah terkahir yang harus dilakukan adalah memastikan jika PTK telah terdaftar dalam komunitas KKG atau MGMP.

Setelah Anda berhasil login di Sim Guru Pembelajar maka Anda dapat melihat hasil Nilai UKG 2015 dimana terdapat sepuluh point yang wajib dipenuhi dan apabila masih terdapat banyak nilai merah atau nilai yang belum terpenuhi maka Anda wajib untuk segera memenuhi nilai atau point tersebut.

5. Validasi data mapel Dan satmikal

Saat ini, Sim Guru Pembelajar tahun 2017 mewajibkan PTK untuk melakukan validasi data PTK ketika pertama kali melakukan login dengan cara berikut

1. Mengunjungi website SIM PKB Guru di https://sim.gurupembelajar.id, kemudian masukan user dan passwornya.

2. Apabila login telah berhasil dilakukan maka selanjutnya akan muncul menu Edit Sekolah dan Mapel, dimana akan terlihat data maple dan satmikal PTK dalam sistem.

3. Bila data yang disajikan sesuai dengan data PTK maka yang dimiliki, maka Anda dapat langsung mengklik tombol “Simpan” kemudian klik tombol “Finish” dan data PTK berhasil divalidasi.

6. Validasi untuk perubahan data satmikal dan mapel

Apabila terdapat perubahan data yang terjadi baik itu perubahan data yang terjadi dibagian Samikal atau Mapel maka Anda harus segera menyesuaikan data yang mengalami perubahan dengan cara melakukan langkah berikut;

1. Apabila perubahan data terjadi pada data SaTmikal maka untuk dapat merubah data dapat dilakukan dengan cara meng-klik tombol “Instansi” kemudian pilihlah kategori yang sesuai dengan perubahan data.

2. Namun apabila perubahan data terjadi pada data Mapel maka Anda dapat merubah data dengan cara meng-klik tombol “Mapel” untuk memperbaharui data Mapel. Setelah itu Anda dapat memilih mata pelajaran sesuai dengan perubahan yang terjadi kemudian klik tombol “Pilih” selanjutnya klik tombol “Simpan”.

Hal yang perlu diperhatikan

Berikut terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan berhubungan dengan perubahan data yan terjadi;

1. Apabila PTK terdaftar dalam komunitas Mapel seperti KKG atau MGMP maka perubahan data Satmikal dan Mapel dapat dikatakan relevan dengan komunitas. Sehingga, perubahan dapat secara otomatis dan dapat dengan segera disetujui. Sebaliknya apabila data Satmikal dan Mapel tidak relevan yang disebabkan karena berbagai macam hal seperti ketidaksesuaian wilayah atau jenjang, maka Anda harus segera menghubungi ketua komunitas untuk segera mengeluarkan PTK dari komunitasnya terlebih dahulu.

2. Setelah perubahan data dilakukan, Anda harus menghubungi ketua komunitas tujuan untuk dapat memasukan Anda ke dalam komunitas tersebut.

3. Setelah Anda masuk ke dalam komunitas tersebut maka perubahan data akan segera disetujui.

Bagi Anda, para tenaga pengajar atau guru yang sampai dengan saat ini belum mengikuti Sim Guru Pembelajar harap segera melakukannya. Karena ini sebagai salah satu bentuk dukungan kepada Pemerintah untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.

Sumber:

pediapendidikan.com/2016/09/manfaat-menjadi-guru-pembelajar.html
jetjetsemut.blogspot.co.id/2016/05/program-guru-pembelajar-upaya.html#
dejarfa.com/2017/06/cara-registrasi-sim-guru-pembelajar-sim-pkb-guru.html