Pengertian & Contoh Surat Kuasa: Perseorangan, Dokumen, Tanah, Bank

Surat kuasa, masukuniversitas.com. Dari artikel ini merupakan ulasan penting mulai pengertian dan 10 contoh yang secara lengkap kami berikan untuk Anda. Jadi, jika Anda memerlukan dan ingin mengetahui secara lengkap mengenai surat kuasa, simak ulasan kami berikut dibawah ini.

Surat kuasa mudah kok sebenarnya tapi tidak sembarangan dalam membuatnya harus sah dan mendapat persetujuan semua pihak yang dibutuhkan. Surat ini dibuat untuk memberikan kuasa kepada orang lain jika seseorang itu sendiri tidak bisa melakukannya.

Pembuatan surat inipun tidak sembarangan dibuat karena surat ini dibuat jika ada kepentingan yang sangat mendesak. Jika seseorang itu sendiri memiliki kendala sedang sakit atau ada kepentingan lainnya dan tidak bisa menghadiri harus menggunakan wakil maka wajib menggunakan surat kuasa. Surat ditulis berdasarkan kepentingannya kepada orang yang sudah dipercayai dan diberi wewenang untuk bisa mewakilkan dirinya menyelesaikan urusan yang tidak bisa dilakukan.

Dengan menggunakan surat orang lain yang sudah dipercaya bisa mewakilkan kepentingan anda secara sah dan tentu akan dipercayai.

Nah, untuk itu pada artikel ini akan dijelaskan contoh-contoh surat dan dengan penjelasannya.

10 contoh surat kuasa berdasarkan jenisnya, berikut dibawah ini

surat hak kuasa

Surat kuasa adalah surat yang berisikan informasi dalam memberikan kewenangan untuk mewakili kepentingan atas nama pemberi kuasa. Dari pengertian surat tersebut dapat disimpulkan, bahwa surat dapat digunakan untuk membantu anda memahami bagaimana cara membuat surat kuasa yang benar sesuai dengan kebutuhan.

Dengan tulisan ini juga, kami mengulas 10 contoh surat kuasa sesuai dengan jenisnya. Disini akan dijelaskan contoh beserta penjelasannya secara lengkap.

1. Surat kuasa kedinasan

surat hak kuasa kedinasan

Masalah atau kepentingan yang dilimpahkan kepada bawahannya agar sah bisa menggunakan surat kuasa. Pimpinanan perusahaan yang memiliki kepentingan lain bisa memerintahkan bawahannya. Contoh surat dari kedinasan yang bisa digunakan adalah surat untuk menghadiri rapat penting dari pemimpin kepada bawahannya jika pemimpin perusahaan tidak bisa datang.

ORGANISASI SISWA SEKOLAH (OSIS)

SMAN 1 Jakarta

Jl. Raya Jakarta utara. 43226

Tlp. (0351)4554422

Nomor     : 003/OSIS/SMAN1-MK/II/2016 Jakarta Utara, 19 Januari 2019

Perihal     : Rapat OSIS

Kepada Yth,

Pengurus OSIS SMAN 1 Jakarta

Di Tempat

Sehubungan dengan akan adanya agenda tahunan serta akan ada beberapa pembahasan terhadap kegiatan-kegiatan yang akan diadakan, maka dengan ini mengundang seluruh Pengurus Organisasi Siswa Sekolah (OSIS) SMAN 1 Jakarta besok pada:

Hari          : Rabu
Tanggal    : 22 Januari 2019
Acara        : Rapat dan koordinasi agenda bulan April 2019
Tempat     : Ruang OSIS

Demikian atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terimakasih.

Pembina OSIS                       Ketua OSIS
…………………                    ………………

2. Surat kuasa perseorangan

surat hak kuasa perseorangan

Seperti pada surat kuasa perseorangan ini, surat ini ditulis oleh diri sendiri yang memberikan pernyataan bahwa dirinya sendiri tidak bisa melakukan kepentingannya sendiri tanpa perantara orang lain. Jadi, karena bersifat pribadi permasalahannya harus menggunakan surat dari perseorangan.

Contoh surat kuasa perseorangan ini adalah surat pengambilan ijazah karena dalam pengambilan ijazah seseorang bisa mengambilnya sendiri bersifat pribadi. Jika ingin diwakilkan maka perlu menggunakan surat ini. Surat kuasa pengambilan uang menggunakan surat untuk perseorangan karena merupakan kepentingan sendiri yang bisa dilakukan sendiri tapi harus diwakilkan.

SURAT KUASA

Dengan ini saya

Nama             : Ismanto
No KTP          : 256898290003
Alamat          : jl. Nangka No 45/ 20B Semarang
Pekerjaan     : Wiraswasta

Memberikan kuasa kepada:

Nama             : Lestari
No KTP          : 234567891116
Alamat          : Jl Nangka No 45/ 20B Semarang
Pekerjaan     : Wiraswasta

Untuk mengambilkan sejumlah uang sebesar Rp. 30.000.000 (Tiga Puluh Juta Rupiah) dari rekening tabungan saya dengan nomor rekening 327362876 di Bank Ayo Nabung Indonesia KCP Semarang Raya, Jalan Amir Hamzah Raya No. 100 Kota Semarang.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar – benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Semarang, 30 Desember 2018

Yang menerima kuasa                                     Yang memberi kuasa
Lestari                                                                 Ismanto

3. Surat kuasa BPKB motor

surat hak kuasa BPKB motor

BPKB merupakan kepentingan pribadi, jadi tidak perlu menggunakan perantara orang lain. Surat ini digunakan untuk kepentingan pengambilan STNK oleh pemiliknya langsung. Tetapi Jika kepentingan pribadi ini tidak bisa dilakukan sendiri maka harus diwakilkan menggunakan surat kuasa.

SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB

Yang bertanda tangan dibawah ini selaku pihak pertama:
Nama                               : Ahmad Sobari
Tempat/tanggal lahir    : Pati, 01 januari 1999
Pekerjaan                       : Pengusaha
Alamat                            : Krajan RT.05 RW.01 Agungmulyo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

Dengan surat ini memberikan kuasa kepada pihak kedua:

Nama                              : Andi pangestu
Tempat/tanggal lahir   : Pati, 1 April 1990
Pekerjaan                       : PNS
Alamat                            : Boterejo RT.12 Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

Agar mengambilkan surat BPKB Motor* dengan rincian sebagai berikut ini:

Atas Nama                       : Ahmad Nasrowi
Merk Motor*                   : Ducati Panigale V4
Warna                              : Hitam
No. Rangka                      : 111998345
Tahun                               : 2017
Kapasitas (CC)                 : 989 CC
No. Mesin                         : K45AB13456
No. Polisi                          : H 2 ABE

Demikian surat kuasa ini saya buat dalam keadaan sadar tanpa ada paksaan dari siapapun. Dan semoga bisa digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih banyak.

                                                                              Demak, 14 September 2018

Pihak Pertama,                                                Pihak Kedua,

                                           (Materai 6000)
Ahmad Nasrowi                                               Andi Pangestu

4. Surat kuasa pidana

surat hak kuasa pidana

Saat berada pada masalah hukum biasanya pidana membutuhkan kuasa hukum yang mewakili atas perkara yang sedang menjadi masalah, sebelum mengutusnya harus menggunakan surat kuasa terlebih dahulu.

Contoh surat kuasa pidana dengan format yang digunakan dalam pembuatan surat kuasa pidana ini adalah biodata seseorang pidana itu sendiri, selanjutnya menuliskan kepentingan kepada pengacara atau lawyernya agar bisa membantu dirinya dalam menangani perkara yang sedang menjeratnya. Isinya sebagai berikut:

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini yaitu saya seorang :

Riyandika, 16 Tahun, Pekerjaan sebagai seorang Penulis yang berdomisili di Jalan semarang barat 3, pada Provinsi Jawa Timur. Untuk selanjutnya disebutkan bahwa “Pemberi Kuasa” dalam hal ini seorang Pemberi Kuasa menentukan untuk memilih domisili dari seorang hukum kuasa yang hukumnya dan memberikan kuasa kepada : Eko Saputra, S.H,. M.H,. M,Kn.

Advokat pada kantor pengacara PCPKILL Corp yang beralamat di Jalan PAnjaitan Rt 01 Rw 09 No 42 Kota Jakarta Provinsi DKI Jakarta. Selanjutnya disebutkan bahwa “Penerima Kuasa”

———————————————KHUSUS————————————————

Bertindak atas nama Pemberi Kuasa untuk mewakili, dan membela kepentingan hukum kepada pemberi kuasa sebagai pihak penggugat yang berada di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat agar dapat mengajukan gugatan dalam perbuatan untuk melawan hukum (PMH) terhadap pihak dari para penggugat dilakukan oleh Tuan Iqbal Aji, 34 Tahun, beralamat di jalan raya Ragunan KM 2 No 32, Jakarta Pusat.

Surat kuasa ini satu penerima kuasa akan diberi kuasa agar dapat hadir dan menghadap pada sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, instansi dan perorangan, membuat dan membaca seluruh dokumen yang ada termasuk berisi gugatan, kesimpulan, mengajukan alat bukti, mengadakan perundingan, mediasi dan musyawarah yang dianggap baik oleh seorang penerima kuasa, melakukan dan menerima pembayaran uang berupa kwitansi bukti pembayaran dan segala hal yang dianggap perlu akan dilakuan oleh seorang penerima kuasa untuk membela kepentingan dari hukum yang dimiliki pemberi kuasa dengan itikad baik dan sesuai dengan norma dan peraturan perundang-undagan yang berlaku di negara demi tercapainya maksud serta tujuan pemberi kuasa ini tanpa ada masalah apapun.

Surat kuasa ini diberikan upah, hak subtitusi untuk sebagian atau seluruhnya bagi orang lain dan hak retensi. Demikian surat kuasa ini dibuat dan diberikan agar Anda dapat gunakan sebagai mana mestinya Semarang 13 Februari 2019,

Penerima Kuasa                                                      Pemberi Kuasa

TTD                                                                             TTD
Materai 6000

……………………

5. Surat kuasa pengambilan gaji

surat hak kuasa pengambilan gaji

Pengambilan gaji merupakan kepentingan pribadi karena gaji merupakan hasil upah kerja sendiri. Dalam pengambilan gaji jika ingin diwakilkan biasanya diminati surat kuasa, jadi sebelum datang untuk mengambilkan gaji lebih baik membuat surat terlebih dahulu.

Baca juga: contoh teks eksposisi

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap                  : Rahmat
Jabatan terakhir              : Front officer
Nomor KTP                       : 4567890980006
Alamat lengkap               : Jl. Pattimura No. 359, Medan
Nomor Telp                      : 0895 3894 7567

Dengan ini memberikan Kuasa Penuh kepada:

Nama lengkap                 : Yuni
Jabatan terakhir             : Front officer
Nomor KTP                      : 957289456283780
Alamat lengkap              : Jl. Nangka No. 388, Medan
Nomor Telp                     : 0812 7895 7555

Untuk melakukan pengambilan uang gaji saya bulan Januari 2019 oleh karena saya sedang sakit dan saat ini berada di rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan. Surat kuasa ini berlaku mulai tanggal 25 hingga 30 bulan Januari tahun 2019.

Segala risiko dan hal-hal yang mungkin terjadi karena pelimpahan wewenang ini sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab saya.

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan benar dan tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun. Hendaknya surat ini digunakan sebagaimana mestinya.

Makassar, 25 Januari 2019

Penerima Kuasa                                                   Pemberi Kuasa

Yuni                                                                         Rahmat

6. Surat kuasa tanah

surat hak kuasa tanah

Surat ini sangat penting dibuat karena sebagai ahli waris yang diwariskan sepetak atau beberapa petak tanah ini harus memiliki surat agar bisa menggunakan tanah ini selanjutnya.

Judul surat

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                     : Kariman Suparto
Umur                      : 60 Tahun
Pekerjaan              : Pengsiunan
Alamat                   : Jl. Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara

Dalam hal ini bertindak untuk para ahli waris dan atas nama para ahli waris dari Alm. Bapak Bagyo dan Ibu Esih yang keduanya telah meninggal dunia di Garut, selanjutnya disebut pihak ke I (Pertama). Dengan ini memberikan Kuasa kepada :

Nama                    : Ulik
Umur                     : 54 Tahun
Pekerjaan             : PNS
Alamat                  : Jl. Kaliurang No 11, Jakarta Selatan

Untuk selanjutnya disebut pihak ke II (Dua).

KHUSUS

Untuk dan atas Pihak Pertama tersebut diatas, maka Pihak Kedua dapat melakukan hal sebagai berikut, yaitu menjual tanah seluas 310 tumbak di Blok Kebon Anggrek Desa Limbangan Tengah Kec. Bl. Limbangan, atas nama Bapak Kariman Suprapto. Untuk keperluan itu yang akan diberi kuasa memiliki hak menghadap kepada instansi yang berwenang dan notaris menandatangani Akta Jual Beli dan atau memberikan dan menerima surat-surat lainnya yang berkenaan dengan tanah tersebut serta menerima uang pembayarannya dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk terlaksananya maksud tersebut diatas.

Demikian Surat Kuasa ini dibuat dan ditandatangani, untuk dapat dipergunaakan sebagaimana mestinya. Bl. Limbangan, 30 Juni 2018 Yang Memberi Kuasa,Ulik Pemberi Kuasa, Kariman Suprato mengetahui/Menyetujui,(UKAT) (ADE KOSASIH) (AMUD).

7. Surat kuasa pengambilan uang di bank

surat hak kuasa pengambilan uang di bank

Dalam pengambilan uang di bank memang bisa dilakukan oleh diri sendiri karena bersifat pribadi, tetapi jika itu tidak bisa dilakukan karena lain hal bisa diwakilkan. Tetapi, jika anda ingin diwakilkan dalam mengambil uang harus menggunakan surat ini terlebih dahulu agar pihak bank bisa percaya dan sah memberikannya.

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                 : Tia murti
Tempat Tgl Lahir             : Bekasi, 1 JUNI 1990
Alamat                               : Komplek kamboja NO. 29 RT 002 RW 01
                                              DS. Cicarung KEC. Senen – Bekasi
No. KTP                             : 777778880xxxx
No. Telepon                      : 0812333xxxx

Selanjutnya disebut Pemberi Kuasa.

Dengan ini memberi kuasa kepada :

Nama                                  : DODI
Tempat Tgl Lahir               : Pemalang, 16 JULI 1986
Alamat                               : Komplek kamboja NO. 29 RT 002 RW 01
                                              DS. Cicarung KEC. Senen – Bekasi
No. KTP                              : 8888160186xxxx
No. Telepon                       : 08575921xxxx

Selanjutnya disebut Penerima Kuasa.

Dengan surat ini, saya sebagai pihak Pemberi Kuasa, memberikan Kuasa kepada Penerima Kuasa untuk melakukan pengambilan uang secara tunai pada rekening Bank BRI milik saya, dengan data-data sebagai berikut:

No. Rekening                   : 4169062xxxx
Atas Nama                       : Tia
Nama Bank                      : BRI KCU Bekasi

Hal-hal dan segala yang disebabkan Surat Kuasa ini merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari Pemberi Kuasa.

Demikian Surat Kuasa ini saya buat dengan kesadaran penuh dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

                                                                              Garut, 3 Oktober 2016

Penerima Kuasa                                                  Pemberi Kuasa
DODI                                                                      TIA

8. Surat kuasa pengambilan ijazah

Saat pengambilan ijazah jika diwakilkan oleh orang lain harus melalui surat ini terlebih dahulu. Mungkin pemilik ijazah sedang sakit atau berhalangan hadir. Pihak instansi sekolah tidak sembarang langsung memberikannya harus melalui surat kuasa terlebih dahulu. Sura ini juga merupakan salah satu contoh surat dari kuasa pengambilan dokumen.

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                    : Tia Setya
NIM                       : 12193052014
Jurusan                 : Teknik Kimia
Fakultas                : Teknologi Industri
Alamat                  : Jl. Kenanga no 123 Jakarta 10110

Dengan ini memberikan kuasa kepada:

Nama                   : Ir. Ananda Angrum
No. KTP                : 34012345678901234
Pekerjaan            : PNS
Alamat : Jl. Kenanga no 124 Jakarta 10110

Untuk pengambilan asli ijazah dan transkrip nilai beserta fotokopi yang telah dilegalisir serta menandatangani berkas-berkas yang berkaitan dengan hal tersebut. Apabila di kemudian hari terdapat kesalahan dan atau sejenisnya akan menjadi tanggungjawab saya sepenuhnya.

Demikian Surat Kuasa ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana semetinya.

Jakarta, 5 Januari 2019

Yang diberi Kuasa                                           Yang memberikan Kuasa
Ir. Ananda Angrum                                         Tia Setya

9. Surat kuasa pengambilan paspor

surat hak kuasa pengambilan paspor

Paspor merupakan dokumen penting bagi orang yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri, maka dari itu saat pembuatan paspor yang membutuhkan waktu empat hari ini tidak bisa diambil sendiri dan harus diwakilkan jadi menggunakan surat ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap                 : Andes Prasetya, S.Kom
Nomor KTP                       : 30117689000888
Tempat/Tanggal Lahir     : Jakarta, 20 Juni 1987
Alamat rumah                  : Jl. Kebon bawang no. 57 RT 06, RW 16, Jakarta                                                                                             Utara

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA, memberikan KUASA kepada:

Nama Lengkap                  : Selvia Herawati, S.H
Nomor KTP                        : 3098767890123
Tempat/Tanggal Lahir      : Jakarta, 30 Juli 1990
Alamat                                : Jl. Duren Sawit no.237, RT 13 RW 09, Jakarta                                                                                                Utara

Untuk selanjutnya disebut sebagai pihak Kedua

Dengan adanya surat kuasa ini untuk sewaktu-waktu bertindak atas nama pihak pertama kepada pihak kedua melakukan paspor dengan ID 2 Nurman 4326562 di kantor imigrasi kelas 1 khusus Jakarta Utara yang beralamat di Jl Kamboja no 03, RT 04/ RW 01, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Jakarta, 29 Desember 2018

Pihak Kedua                                                                      Pihak Pertama
(materai)

10. Surat kuasa ahli waris

surat hak kuasa ahli waris

Dalam pembagian warisan biasanya sering terjadi perselisihan maka dari itu wajib menggunakan surat agar ahli waris sah dimata negara. Surat inipun digunakan untuk membagikan warisan atau melakukan tindakan lainnya seperti melunasi hutang. Format yang dipakai adalah biodata pemilik warisan, biodata ahli wari, dan tulis keperluan pelimpahan ahli waris untuk memberi kewenangan.

SURAT KUASA AHLI WARIS

Kami yang bertanda tangan di bawah ini, kami para ahli waris dari Almarhum _________________ :

1. Nama lengkap                          : ______________________________
Nomor KTP                                   : ______________________________
Tempat, tanggal lahi                    : ______________________________
Pekerjaan                                      : ______________________________
Hubungan dengan Almarhum : (Bisa diisi dengan anak kandung, saudara kandung, dll.)
Alamat lengkap                           : ______________________________

2. Nama lengkap                          : ______________________________
Nomor KTP                                   : ______________________________
Tempat, tanggal lahir                  : ______________________________
Pekerjaan                                      : ______________________________
Hubungan dengan Almarhum : (Bisa diisi dengan anak kandung, saudara kandung, dll.)
Alamat lengkap                            : ______________________________

Selanjutnya disebut sebagai Pemberi Kuasa

Dengan ini memberikan KUASA kepada:

Nama lengkap                                     : _____________________________
Nomor KTP                                          : _____________________________
Tempat, tanggal lahir                         : _____________________________
Hubungan dengan pemberi kuasa : (Bisa diisi dengan anak kandung, saudara kandung, dll.)
Pekerjaan                                            : _____________________________
Alamat lengkap                                  : _____________________________

Yang selanjutnya disebut sebagai Penerima Kuasa

Kami sebagai pemberi kuasa menyatakan memberikan kuasa atau wewenang kepada penerima kuasa untuk mengurus penjualan harta waris peninggalan Almarhum ____________________ yang meninggal pada tanggal ____________.

Adapun harta peninggalan yang dimaksud berupa:

Sebidang tanah dan rumah yang berdiri di atasnya dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor ___________ atas nama ____________.

Luas tanah adalah ___________ meter persegi sementara rumah yang berdiri di atasnya seluas ___________ meter persegi.

Tanah dan rumah tersebut berlokasi di _________________ (isi dengan alamat jelas).

Adapun batas-batas tanah dan rumah tersebut adalah di sebelah barat adalah _____________, sebelah timur adalah __________, sebelah utara adalah _____________, dan di sebelah selatan adalah _____________.

Kami juga memberikan kuasa kepada penerima kuasa untuk menandatangani Akta Jual Beli Tanah, menerima uang pembayaran, membuat tanda bukti pembayaran (kuitansi), melakukan tindakan hukum dengan pihak ketiga sehubungan dengan harta warisan, serta melakukan tindakan lain yang dianggap perlu.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Dibuat di             : _________________
Pada tanggal      : _________________
Pemberi kuasa   : 1. ___________________ (nama lengkap, tanda tangan asli, dan materai asli)
2. ___________________ (nama lengkap, tanda tangan asli, dan materai asli)
3. ___________________ (nama lengkap, tanda tangan asli, dan materai asli)

Penerima kuasa : ____________________ (nama lengkap, tanda tangan asli, dan materai asli)

Saksi : 1. ___________________ (nama lengkap dan tanda tangan asli)

2. ___________________ (nama lengkap dan tanda tangan asli)
Mengetahui,

Lurah Desa ___________                              Camat Kecamatan __________

_____________________                                   _________________________
(nama lengkap & stempel resmi)           (nama lengkap & stempel resmi)

Tambahan, jika masih kurang contohnya, baca disini juga >> 15 contoh surat kuasa

Mudah-mudahan cukup jelas penjelasan kami tentang pengertian dan contoh surat kuasa. Mudah-mudahan juga bisa menjadi materi tambahan agar anda tidak bingung lagi dalam membuat surat ini lagi. Semoga bisa membantu kesulitan anda.