Syarat Masuk Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) adalah sekolah pendidikan profesional yang masih terkait dalam ikatan dinas yang memberikan kesiapan bagi siswanya untuk menerapkan keahlian profesional dalam bidang yang berkaitan dengan penerbangan.

Ingin tahu apa saja daftar sekolah kedinasan yang ada di Indonesia << Disini jawabannya.

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau yang disingkat dengan STPI ini berada langsung dibawah Kementerian perhubungan Indonesia. STPI Curug sendiri berlokasi di Curug, Tangerang Provinsi Banten. Sebelum di daerah Tanggerang, Sekolah ini dahulunya bernama API atau Akademi Penerbang Indonesia yang berlokasi di Jakarta.

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) sendiri mempunyai jurusan yang di sediakan ada empat yaitu :

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

  • Jurusan Penerbangan
  • Jurusan Keselamatan Penerbangan
  • Jurusan Teknik Penerbangan
  • Jurusan Manajemen Penerbangan

Untuk bisa melakukan pendaftaran ke Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia ini tentunya para calon peserta didik harus memiliki formulir pendaftaran di STPI. Untuk mendapatkan formulir pendaftarannya untuk para calon peserta didik bisa langsung mendatangi ke lokasi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau bisa langsung melalui halaman situs Website yang sudah disediakan oleh STPI di “www.stpicurug.ac.id”.

Untuk para calon pendaftar yang ingin melakukan pengisian formulir pendaftaran tersebut harus memperhatikan bagaimana melakukan pengisian formulir pendaftaran. Tata cara pengisian pun sangatlah penting karena didalam formulir ini, para calon peserta didik juga akan menentukan pilihan jurusan yang dipilih oleh pelajar yang ingin meneruskan di STPI Curug.

Pendaftaran sendiri dibuka tiap tahunnya untuk mencari para generasi muda yang ingin meneruskan di penerbangan. Dengan pendaftaran yang sudah disediakan secara online dengan situs yang tertera di atas tersebut, para calon pendaftar telah dimudahkan tanpa harus jauh – jauh datang ke lokasi STPI Curug.

Syarat untuk masuk Program Studi non Penerbang dan Program Studi Penerbangan (STPI)

  • Pendaftaran dapat dilakukan via website resmi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)
  • Peserta didik diwajibkan membayar uang pendaftaran
  • Calon peserta didik melampirkan bukti pembayaran via bank yang ditunjuk pihak STPI
  • Memberikan Fotocopy ijazah sebanyak satu lembar
  • Memberikan surat kelulusan sebanyak satu lembar
  • Memberikan Fotocopy Raport yang telah dilegalisir
  • Menyetorkan pas foto yang berukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar
  • Tidak pernah terlibat dalam kegiatan kriminal dan obat – obatan terlarang dengan menyerahkan SKCK
  • Berbadan Sehat dan berkelakuan baik.

Pada tanggal dan waktu pendaftara sendiri telah ditentukan oleh pihak STPI. Setelah pendaftaran usah para pendaftar sendiri langsung akan dihadapkan dengan  tes potensi seperti tes Psikologi, wawancara dan juga kesehatan.

Dengan hal tersebut berarti siswa calon peserta didik di wajibkan untuk mempersiapkan diri jauh – jauh hari. Bagi calon peserta didik yang telah mengirimkan pendaftarannya ke STPI, maka mereka akan menunggu beberapa waktu untuk menunggu penguman hasil penftaran dan tes mereka di waktu sebelumnya. Hal ini sangat menentukan dikarenakan calon peserta didik tersebut akan lulus menjadi mahasiswa baru ataukah gagal dalam tes yang dilakukan di STPI. Perlu diketahui untuk masuk ke Sekolah Tinggi Pendidikan Indonesia ini tentunya calon peserta didik harus menyiapkan biaya yang sangat besar.

Hal ini dikarenakan kebutuhan pendidikan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia ini sangat besar. Di kisarkan bahwa pendidikan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia  ini membutuhkan dana sekitar 22,5 ribu dollar atau sekitar 200 juta rupiah. Jika calon peserta didik yang memang minat di STPI di sarankan untuk menyiapkan dana sebesar nominal tersebut.

Demikian sedikit wawasan serta syarat masuk sekolah Tinggi Penerbang Indonesia. Semoga bisa menjadi Referensi dan juga ilmu pengetahuan anda.

Add a Comment