Syarat Pendaftaran Bidikmisi 2017, Simak disini

Masukuniversitas.com, syarat pendaftaran bidikmisi 2017. Ujian akhir untuk siswa SMA akan segera dilaksanakan. Bagi beberapa siswa yang memang sudah merencakanakan untuk mengambil bangku kuliah mungkin tidak terlalu dipusingkan dengan biaya kuliah yang semakin lama semakin mahal. Akan tetapi bagi para siswa yang tergolong kurang mampu namun memiliki prestasi, ada program yang disebut dengan Bidikmisi. Apa itu Bidikmisi dan syarat pendaftaran Bidikmisi?

Apa Itu Bidikmisi?

Perhatian pemerintah dalam dunia pendidikan memang tidak bisa dianggap main-main, karena 20 persen dari total anggaran APBN telah dialokasikan untuk program Pendidikan.  Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya apa perbedaan dari beasiswa biasa dengan Bidikmisi? Beasiswa adalah bantuan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa karena prestasi yang telah mereka raih. Sedangkan Bidikmisi merupakan bagian dari program pemerintah untuk membantu para siswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki potensi unggul, untuk dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi yaitu di bangku kuliah.

Syarat Pendaftaran Bidikmisi

Syarat pendaftaran Bidikmisi ini tentunya bukan hanya itu saja, akan tetapi siswa tersebut harus memiliki prestasi yang unggul baik itu dalam bidang akademik maupun non-akademik. Tentunya semua peserta dalam program Bidikmisi ini juga diharapkan dapat berprestasi pada bidang unggulan mereka serta dapat menyelesaikan perkuliahan dengan tepat waktu. Selain membiayai pendidikan para siswa, program ini juga meliputi biaya hidup bagi para siswa selama menuntut ilmu di bangku perkuliahan.

Syarat Pendaftaran Bidikmisi

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para siswa untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi ini. Yang pertama adalah para siswa harus sudah lulus dari salah satu jalur seleksi seperti SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, ISI, UT maupun PTS. Setelah itu baru para siswa dapat mengajukan untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi.
Selain itu ada beberapa syarat pendaftaran Bidikisi lainnya yang harus dipenuhi, yaitu:

•    Siswa dari SMA, SMK, MA, maupun MAK, atau lulusan dari pendidikan yang sederajat yang lulus pada tahun 2016.
•    Lulusan tahun 2015 diperbolehkan untuk mengajukan permintaan akan tetapi syaratnya adalah mereka bukan penerima Bidikmisi sebelumnya dan tidak melanggar ketentuan penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi yang dituju.
•    Maksimal usia yang diperbolehkan untuk mengajukan Bidikmisi adalah 21 tahun.
•    Tergolong dalam keluarga yang tidak mampu secara ekonomi, dengan kriteria:

a.    Penerima BSM (Beasiswa Siswa Miskin) atau pemegang kartu KIP (Kartu Indonesia Pintar), atau kartu sejenisnya lainnya.
b.    Pendapatan kotor gabungan dari kedua orang tua maupun wali maksimal Rp. 3.000.000 per bulan. Atau dengan kata lain, perhitungan pendapatan gabungan orangtua maupun wali, dibagi jumlah anggota dalam keluarga, maksimal Rp. 750.000 per bulan.

•    Pendidikan terakhir orangtua maupun wali setinggi-tingginya setara dengan S1 atau D4.
•    Siswa yang bersangkutan memiliki potensi akademik unggul berdasarkan rekomendasi yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
•    Siswa yang mendaftarkan diri diberikan kebebasan untuk memilih antara PTN atau PTS, dengan ketentuan sebagai berikut:

a.    Untuk PTN, jalur seleksi lewat SNMPTN, SBMPTN maupun Seleksi Mandiri PTN.
b.    Politeknik, UT maupun ISI.
c.    PTS sesuai dengan pilihan saat seleksi masuk.

Jalur Pendaftaran Bidikmisi

Setelah semua syarat pendaftaran Bidikmisi diatas terpenuhi, maka kini saatnya melihat jalur mana saja yang dapat ditempuh untuk mendapatkan Bidikmisi ini.

•    Jalur SNMPTN

Dalam hal kesulitan tesnya, jalur pendaftaran Bidikmisi lewat SNMPTN sebenarnya tidak berbeda jauh dengan tes SNMPTN biasa. Akan tetapi ketika siswa dinyatakan lulus tes ini, maka siswa tersebut sudah resmi dapat menerima beasiswa Bidikmisi yang telah diajukan oleh mereka.

Jika Anda berminat untuk mendaftarkan diri Anda, Anda dapat mengunjungi situs resmi beasiswa Bidikmisi yaitu BidikMisi.Belmawa.Ristekdikti.go.id. Kemudian Anda dapat mendaftarkan diri Anda pada situs resmi SNMPTN yaitu snmptn.ac.id.

•    Jalur SBMPTN

Jalur pendaftaran lain yang dapat dicoba adalah jalur SBMPTN. Jalur ini lebih terbuka dan dapat diikuti oleh para siswa yang tidak mendapatkan jalur undangan. Tes dan seleksi yang dilakukan masih sama seperti pada umumnya, namun ketika siswa yang mengajukan beasiswa Bidikmisi berhasil lulus tes ini maka secara resmi siswa tersebut berhak mendapatkan beasiswa Bidikmisi yang telah diajukan. Situs resmi untuk mengikuti SBMPTN adalah BidikMisi.Belmawa.Ristekdikti.go.id. Setelah itu, Anda dapat mendaftarkan diri untuk ikut dalam seleksi SBMPTN disini, sbmptn.or.id.

•    Jalur PMDK-PN

Jalur yang satu ini tergolong sedikit berbeda dengan dua jalur yang telah dijelaskan diatas. Ada beberapa PTN yang memang membuka secara resmi Jalur Mandiri untuk beasiswa Bidikmisi, namun tidak semua PTN membuka jalur khusus ini. Jika PTN yang Anda tuju memiliki jalur ini, maka Anda dapat mendaftarkan diri Anda pada situs resmi BidikMisi.Belmawa.Ristekdikti.go.id.

Setelah memahami syarat pendaftaran Bidikmisi, Anda dapat memilih dari ketiga jalur tersebut, mana yang lebih cocok untuk Anda. Akan tetapi sebelum mendaftarkan diri Anda ada baiknya jika Anda memastikan bahwa PTN yang Anda tuju memang mendukung program Bidikmisi ini.

Jadwal Pendaftaran Program Bidikmisi

Berikut adalah jadwal pelaksanaan pendaftaran untuk Bidikmisi.

•    Pendaftaran untuk Bidikmisi sekolah dan siswa dilaksanakan pada tanggal 1 Februari – 1 September.
•    Pendaftaran untuk Bidikmisi dari Jalur SNMPTN dilaksanakan pada tanggal 25 Februari – 11 Maret.
•    Pendaftaran untuk Bidikmisi dari jalur PMDK-PN dilaksanakan pada tanggal 25 Februari – 1 Mei.
•    Pendaftaran untuk Bidikmisi dari jalur SBMPTN dilaksanakan pada tanggal 22 April – 18 Mei.

Artikel terkait:

Perbedaan bidikmisi, PMDK, SNMPTN & SBMPTN

Jadwal pendaftaran bidikmisi SBMPTN 2017

Jadwal pendaftaran bidikmisi PMDK PN 2017

Jadwal pendaftaran bidikmisi SM PTN 2017

Jadwal pendaftaran bidikmisi SM PTS 2017

Jadwal pendaftaran bidikmisi UMPN 2017

Demikianlah informasi untuk program Bidikmisi, lengkap dengan syarat pendaftaran Bidikmisi dan jadwalnya. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

SEN-
Referensi:
http://www.kuliahan.com/2015/02/pendaftaran-bidik-misi.html

Inilah Syarat, Waktu dan Tata Cara pendaftaran BIDIKMISI 2016/2017

Add a Comment