Peranan Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan

Peranan teknologi informasi dalam dunia pendidikan. Teknologi informasi dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Di era globalisasi ini peran teknologi dan informasi mempunyai peranan yang sangat penting dan vital. Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang sangat cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global. Di era globalisasi ini tidak menguasai teknologi informasi identik dengan sebutan gaptek bahkan buta huruf.

Teknologi informasi dan multimedia telah memungkinkan diwujudkannya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Di banyak kalangan yang melibatkan siswa atau pelajar secara aktif. Kemampuan teknologi Informasi dan Multimedia dalam menyampaikan pesan dinilai sangat besar.

Baca Juga : PENTINGNYA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA SEMUA LEMBAGA

Dalam bidang pendidikan, teknologi dan informasi telah mengubah paradigma penyampaian materi yang berbeda kepada peserta didik. Penekanan penting akan memaksimalkan SDM di berbagai sektor. Hal itu berarti kita membutuhkan sistem komunikasi yang sangat efektif. Apabila kita merespons pada kebutuhan fokus awal, seharusnya lebih berdasarkan penerimaan informasi daripada penyebaran informasi. Hal inilah yang memutar balikkan peran jika kita dibandingan dengan peran komunikasi administrasi pendidikan yang dulu.

Adakah perbedaan dengan negara maju terhadap teknologi informasi dalam dunia pendidikan?

Inilah peranan teknologi informasi dalam dunia pendidikan

Perbedaan utama antara negara maju dengan negara yang masih berkembang adalah kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologinya.

Kemampuan yang pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di negara maju karena memang didukung dengan sistem informasi yang sudah matang dan mapan. Namun sebaliknya sistem informasi yang masih lemah di negara – negara yang masih berkembang mengakibatkan ketertinggalan dan keterbelakangan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan juga teknologi termasuk juga Multimedia. Jelas bahwa maju atau tidaknya sebuah negara sangat ditentukan oleh penguasaan terhadap Teknologi dan informasi karena informasi merupakan senjata pokok untuk membangun Negara.

Baca juga: 2 Mei hari pendidikan nasional

Sehingga apabila suatu negara ingin maju dan tetap eksis dalam persaingan global, maka negara tersebut harus menguasai teknologi dan informasi. Di era sekarang yang serba maju ini, penguasaan terhadap informasi saja tidak cukup hanya sekedar menguasai saja namun juga kecepatan dan juga ketepatan dalam informasi itu sendiri.

Hampir tidak ada gunanya lagi menguasai informasi yang telah usang dan tidak diperlukan lagi, padahal perkembangan ilmu pengetahuan dan juga teknologi sangat cepat mengakibatkan usia informasi itu sendiri menjadi sangat pendek dan singkat. Dengan kata lain, informasi yang sudah lama akan diabaikan dengan adanya informasi yang segar dan lebih terupdate.

Input dan nkontribusi langsung dari para pemegang peran yang lain seperti siswa dan juga orang tua serta anggota masyarakat juga memberikan informasi yang sangat membantu dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi pengembangan lembaga seperti sekolah. Jika objekltifitas utamanya adalah memaksimalkan pendidikan sumber daya manusia maka hal itu telah meningkatkan hubungan komunikasi kita dengan seluruh sektor lingkungan pendidikan dan para pemegang peran.

Kunci utama untuk meningkatkan komunikasi harus terfokus pada saling berbagi komunikasi terbuka dan meningkatkan komunikasi harus fokus pada saling berbaginya komunikasi terbuka dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan dukungan dari segala bidang.

Kehidupan kita sekarang perlahan mulai berubah dari yang dahulunya era industri yang berubah menjadi era teknologi informasi di bali pengaruhnya era globalisasi dan informasi menjadikan komputer, internet dan pesatnya perkembangan teknologi informasi sebagai bagian yang harus ada atau tidak boleh kekurangan di kehidupan kita. Aktifitas nework globalisasi ekonomi yang disebabkan oleh kemajuan kemajuan dari teknologi informasi bukan hanya mengubah pola produktifnya ekonomi namun juga meningkatkan tingkat produktifitas.

Dan pada saat yang bersamaan, hal ini menyebabkan perubahan struktural dalam kehidupan politik, kebudayaan, kehidupan sosial  masyarakat dan juga konsep waktu dalam berbagai lapisan masyarakat luas.

Tanggung jawab sekolah dalam memasuki era globalisasi ini yaitu harus menyiapkan siswa untuk menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam masyarakat. Kemampuan untuk berbicara asing dan kemahiran di bidang komputerisasi adalah dua syarat yang biasa diminta masyarakat untuk memasuki era global baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Maka dari itulah adanya komputerisasi yang telah merambah di segala bidang kehidupan manusia. Hal itu juga membutuhkan tanggung jawab yang begitu tinggi bagi sistem pendidikan kita untuk mengembangkan kemampuan berbahasa siswa dan kemahiran di bidang komputerisasi.

Kemajuan yang sangat pesat membuat semua serba mudah dan instan. Semoga dengan sedikit pemaparan ini bisa berguna sedikit memberikan informasi tentang peranan penting dari teknologi informasi dalam pendidikan dan juga di sektor yang lain.

Nah, bagaimana? Itulah hal betapa pentingnya dari peranan teknologi informasi dalam dunia pendidikan.

Add a Comment