Teks Negosiasi: Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, Unsur & Struktur

Teks negosiasi berikut ini adalah ulasan lengkap kami berikan. Mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, unsur, struktur dan sampai contoh singkat teks negosiasi. Untuk itu, mari terus ikutan tulisan kami berikut dibawah ini.

Kegiatan bernegosiasi sering dilakukan oleh orang-orang, biasanya negosiasi dilakukan ketika ingin menghasilkan kesepakatan. Negosiasi ini seperti berunding, jadi dilakukan dua orang atau lebih. Setiap orang memiliki keinginan sendiri-sendiri, nah dengan melakukan negosiasi kesepakatan yang disetujui oleh semua pihak dapat menjadi jalan keluar.

mengulas teks bernegosiasi

Sering orang melakukan negosiasi adalah saat berdagang di pasar, di sana akan terlihat banyak orang melakukan kegiatan jual-beli. Lebih dahulu negosiasi untuk menentukan harga, pembeli dan penjual memiliki kesepakatan masing-masing sehingga perlu dilakukan negosiasi terlebih dahulu. Nah, pada artikel ini akan diulas lebih dalam tentang teks negosiasi yang dapat membantu anda untuk memahaminya.

Berdasarkan kamus apa itu Negosiasi?

Negosiasi dari kamus Oxford berarti suatu cara yang dilakukan dalam upaya mencapai kesepakatan melalui diskusi formal. Dengan melakukan negosiasi memberikan jalan keluar dengan cara berdiskusi untuk menentukan kesepakatan bersama. Interaksi sosial ini sudah sering dilakukan karena saat negosiasi orang akan lebih tenang dalam mengambil keputusan.

Dalam menentukan petusan biasanya terjadi perbedaan berpendapat dan membuat masing-masing orang bersitegang, tetapi dengan melakukan negosiasi akan sangat terbantu untuk memilih jalan keluar yang baik karena sudah disetujui oleh semua pihak.

Untuk itu, dibawah ini Kami jelaskan pengertian, ciri-ciri, unsur, dan struktur dari teks negosiasi.

Pengertian, ciri-ciri, unsur, dan struktur teks negosiasi

pengertian tujuan, ciri-ciri, unsur, struktur teks bernegosiasi

Dalam ulasan kali ini, Kami jelaskan satu per satu. Mudah-mudahan artikel ini Anda sudah mulai paham, dan terbayang membuat contohnya. Berikut selengkapnya.

Ulasan lengkap teks negosiasi

Agar anda lebih memahami cara bernegosiasi perlu diperhatikan unsur-unsur yang ada di teks negosiasi terlebih dahulu karena sebelum terjun lebih jauh apa itu negoisasi anda harus mempunyai dasar-dasarnya dulu. Terlihat mudah memang tapi jangan diremehkan ya, dalam bernegosiasi memiliki cara-cara yang benar dan harus disesuaikan dengan situasi yang terjadi. Pada artikel ini akan dijelaskan tentang pengertian tek negosiasi, ciri-ciri teks negosiasi, unsur apa saja yang ada di teks negosiasi, dan strukturnya.

Pengertian teks negosiasi

pengertian teks bernegosiasiSudah disinggung sedikit pengertian teks negosiasi pada pengantar diatas, akan kami ulas kembali disini dengan secara jelas. Teks negosiasi adalah teks yang mengandung interaksi soasial agar mencapai kesepakatan dari semua pihak yang memiliki pendapat atau kepentingan berbeda-beda.

Apa pendapat berdasarkan para ahli?

Casse berpendapat bahwa teks negosiasi adalah proses dimana paling sedikit ada dua pihak dengan presepsi , kebutuhan, dan motivasi yang berbeda untuk bersepakat tentang suatu hal demi kepentingan bersama. Dari pendapat pendapat Casse dapat dilihat syarat negosiasi dilakukan oleh dua orang atau lebih karena dalam bernegosiasi kita akan menggabungkan semua pendapat menjadi keputusan bersama.

Pada teks ini dimuat terjadinya negosiasi dan dalam kegiatan bernegosiasi ini sering terjadi pada proses jual-beli karena pada interaksi jual-beli inilah akan sering mendapatkan kesepakatan bersama. Pada pihak penjual dan pembeli biasanya memiliki kesepakatan sendiri-sendiri karena cenderung ingin mendapatkan keuntungan sesuai apa yang diinginkan.

Nah, dengan menggunakan negosiasi akan mendapatkan kesepakatan bersama. Penjual dan pembeli akan berunding secara damai menentukan kesepakatan yang akan disepakati oleh semua pihak. Jadi, itulah pengertiannya dan penjelasan yang dapat kami sampaikan.

Tujuan teks negosiasi

tujuan teks bernegosiasi

Sudah banyak yang mengetahui dan merasakan jika bernegosiasi ini adalah solusi yang tepat sebagai sarana untuk menyelesaikan masalah. Jika kita melihat banyak orang masih menggunakan cara yang salah dengan saling memenangkan ego sendiri ternyata bernegosiasi lebih mudah, walaupun ini untuk mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan tetapi tidak untuk menang sendiri karena tetap mengutamakan kesepakatan bersama.

Pentingnya mengutamakan kepentingan bersama agar hasil yang didapatkan dapat diterima oleh semua pihak dan semuanya puas kendaptkan hasilnya. Jadi dnegan negosiasi tidak ada yang akan dirugikan karena sudah melakukan perundingan yang menghasilkan kesepakatan bersama.

Ciri-ciri teks negosiasi

ciri ciri teks bernegosiasi

Teks ini berbeda dengan teks lainnya karena ciri-cirinya, jika yang lain hampir sama tetapi pada cir-ciri tek negosiasi ini memiliki ciri khas tersendiri. Ciri-cirinya adalah:

1. Menghasilkan kesepakatan

Seperti yang sudah kita tahu jika negosisasi dilakukan karena adanya perbedaan dan dengan dilakukan negosiasi ini diharapkan hasil akhirnya mendapatkan kesepakatan bersama. Sebelum terjadi negosiasi biasanya perorangan memiliki kesepakatan tersendiri karena sudah dilakukan negosiasi maka akan mendapatkan kesepakatan yang akan menguntungkan masing-masing pihak dan sudah disetujuipastinya.

2. Mengarah pada tujuan praktis

Dilakukannya negosiasi adalah sebagai jalan keluar yang terbaik dan mudah dengan melakukan perundingan bersama diharapkan semua pihak menyetujuinya. Jadi, teks ini sebagai pilihan yang tepat untuk mendapatkan tujuan praktis tidak perlu repot.

3. Memprioritaskan kepentingan bersama

Dengan dilakukannya negosiasi bukan untuk saling memenangkan kesepakatan dan ego masing-masing pihak, tetapi dilakukan negosiasi untuk mendapatkan hasil yang terbaik disetujui oleh semua pihak. Jadi, prioritas kepentingan bersama menjadi nomor satu disini bukan kepentingan sendiri.

4. Sarana untuk menyelesaikan

Nah, pasti sudah banyak yang merasakan manfaatnya melakukan kegiatan negosiasi ini kan? Memang dengan melakukan negosiasi kita disini mendapatkan solusi terbaik dengan menerimanya lapang dada. Menyelesaikan masalah dengan cara bernegosiasi merupakan cara yang paling tepat untuk mendapatkan solusi.

Unsur teks negosiasi

unsur teks bernegosiasi

Dalam melakukan kegiatan bernegosiasi kita harus melengkapi unsurnya terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada unsur teks negosiasi, penjelasannya sebagai berikut:

1. Ada 2 pihak

Bisa berjalannya kegiatan bernegosiasi kita harus memperhatikan unsurnya terlebih dahulu. Dibutuhkan dua orang agar bisa berjalan dengan lancar karena saat bernegosiasi kita membutuhkan kesepakatan berbeda yang ingin dihasilkan dan disetujui oleh semuapihak tentunya menguntungkah masing-masing orang.

2. Ada kepentingan yang berbeda

Tujuan dari negosiasi adalah mendapatkan hasil dari perbedaan pendapat untuk kesepakatan bersama. Nah, dengan melakukannya saat mempunyai pendapat sendiri-sendiri disini akan menghasilkan kesepakatan bersama yang saling menguntungkan.

3. Terjadi perundingan

Untuk mendapatkan hasil kesepakatan bersama terlebih dahulu anda melakukan berunding dengan pihak lainnya karena dengan dilakukan berunding masing-masing orang akan tahu apa yang diinginkan dan mendapatkan hasil yang pastinya disetujui semua orang.

Struktur teks negosiasi

struktur teks bernegosiasi

Setelah anda memahami apa yang kami jelaskan tentang ciri-ciri, tujuan, dan unsurnya dalam bernegosiasi, sekarang anda harus memperhatikan terlebih dahul struktur teks negosiasi untuk membuatnya secara benar. Struktur dalam membuat teks negosiasi yaitu:

1. Orientasi

Pada orientasi ini berisi kalimat pembuka. Saat anda ingin memulai bernegosiasi pastikan meberi kalimat pembuka yang akan membuat pihak lawan senang dan merasa dihargai, jadi negosiasi akan berjalan dengan lancar.

2. Permintaan

Sebelum anda melakukan kegiatan bernegosiasi harus dipikirkan terlebih dahulu apa yang akan dituju karena negosiasi akan berjalan dengan lancar jika masing-masing pihak ingin mendapatkan sesuatu. Misalkan anda ingin memiliki barang berarti anda harus melakukan negosiasi untuk mendapatkannya.

3. Pemenuhan

Dalam bernegosiasi ada tujuan yang didapatkan yaitu untuk mendapatkan kesepakatan masing-masing pihak. Jika anda ingin memilik barang tersebut anda masing-masing pihak dari penjual dan pembeli harus menyanggipi terlebih dahulu.

4. Penawaran

Tujuan dari negosiasi adalah kita dapat menawarkan kesepakatan kita dari pihak lawan. Saat kita memiliki kesepakatan masing-masing yang ingin diuntungkan,disini anda bisa menawarkan apa kesepakatan yang ingin didapatkan dengan cara menawar sehingga hasil akhirnya dapat disepakati oleh semua pihak.

Contoh teks negosiasi

contoh singkat teks bernegosiasi

Terjadi percakapan di pasar
Pembeli: “permisi ibu, ini kainnya berapaan ya?”
Penjual: “itu murah kok mbak, Cuma 70 ribu aja”
Pembeli: “loh, kok mahal si bu?”
penjual: “ya mungkin itu kualitas berbeda mbak, disini kami menjual harga sesuai dengan kualitas”
pembeli: “tetapi di toko yang dekat jalan sana itu Cuma jual 50 ribu loh bu?”
Penjual: “ya mbak lihat kualitasnya saja sana”
Pembeli: “yah ibu, emang ga bisa dikurangin nih. Kasian bu kami kan mahasiswa”
Penjual: “yaudah saya jual 60 ribu khusus buat mbaknya yah”
Pembeli: “ngga bisa 50 ribu aja nih?”
Penjual: “aduh mbak, ini udah murah banget loh. Mau ngga nih?”
Pembeli: “ya udah bu, kainnya saya ambil. Terima kasih ya bu.”

Baca lebih lengkap dari contoh teks negosiasi << disini

Semua tentang teks negosiasi sudah kami ulas secara jelas dan tuntas. Ternayata melakukan negosiasi cukup mudah bukan? Nah, sekarang anda bisa melakukan negosiasi dimana saja agar mendapat kesepakatan bersama yang diinginkan karena dengan bernegosiasi menjadi solusi terbaik untuk anda dan menguntungkan bagi masing-masing pihak.