Teks Prosedur (Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, & Tujuan)

Di mana informasi tentang Teks prosedur (pengertian, struktur, ciri-ciri dan tujuan) bisa didapat? Sebenarnya cara ini bisa didapatkan dengan melakukan pembelajaran di sekolah. Namun untuk mendapatkan informasi tambahan, anda dapat mencarinya melalui buku bacaan ataupun website. Kini tidak lagi ada kesulitan untuk mendapatkannya, karena  pada ulasan kali ini, akan didapat seluruh jawabannya.

Procedur text dikenal sebagai sebuah petunjuk untuk menggunakan atau melakukan sesuatu. Banyak yang bisa mendapatkannya melalui resep masakan atau manual penggunaan peralatan. Karenanya teks ini dikenal sebagai teks tutorial yang akan mengedukasi pembacanya. Namun, walaupun sudah banyak dikenal dan digunakan masyarakat, tidak banyak yang memahami makna asli procedur text. Untuk itu, pada bagian pertama akan dikenalkan makna dari procedur text.

Pengertian Teks Prosedur

Tak kenal maka taka sayang, inilah istilah yang selalu digunakan untuk memperkenalkan sesuatu. Di kali ini digunakan untuk memperkenalkan sebuah procedure text yang banyak dipakai untuk memberikan arahan. Procedure text merupakan teks yang berisi metode, tujuan pembuatannya adalah mencapai hal tujuan yang diinginkan.

Sebuah teks dibuat dengan metode, kiat dan tutorial untuk melakukan langkah tertentu. Dalam teks, akan dituliskan kata perintah, agar dapat mencapai tujuan. Pembaca “dipaksa” untuk mengikutinya secara runut, sehingga tujuan perintah terpenuhi. Paragraf prosedur terdiri dari beberapa jenis, yaitu prosedur sederhana, kompleks dan protokol. Apakah perbedaan diantaranya?

Tujuan Teks Prosedur

Tujuan Teks Prosedur

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa teks ini dihadirkan? Tujuan kehadiran teks tersebut adalah membantu pembaca dalam mengikuti langkah-langkah yang harus dijalankan. Karena teks akan dibuat dengan poin-poin atau berupa angka. Jadi, pembaca dapat memahami dan menjankannya dengan mudah. Sementar penulisan prosedur dengan paragraf dinilai membingungkan pembaca.

Tujuan akhir dari pembuatan teks ini adalah mendapatkan hasil dari tindakan atau langkah-langkah yang dilakukan. Contoh, prosedur pembuatan makanan, tujuan akhirnya adalah membuat makanan lezat dengan semua langkah-langkah yang dijelaskan. Hal yang sama berlaku untuk prosedur lainnya, di mana mencapai hasil yang diinginkan.

Kapan Teks Ini Digunakan?

Walaupun sudah banyak menemukan teks anjuran dalam kehidupan, pertanyaan tentang kapan teks digunakan kerap muncul. Karena semakin semakin sering menemui jenis teks, akan mengaburkan batasan sebuah teks. Untuk itu, mengingat kembali penggunaan teks perlu dilakukan, tidak terbatas untuk pelajar namun untuk semua orang yang membacanya.

Procedure text umumnya digunakan untuk memasak atau resep. Namun kini tidak terbatas pada cara memasak. Karena anda dapat menemukannya dalam sebuah penjelasan penggunaan alat elektronik, prosedur tata laksana ataupun dalam membuat sesuatu. Jika memiliki keinginan untuk membuat sebuah teks yang berkenaan dengan hal-hal tersebut, gunakanlah prosedur sebagai acuan.

Jenis Teks Prosedur

Pada bagian sebelumnya telah disinggung tentang jenis dari teks ini. Lantas, apakah perbedaan ketiganya? Ulasannya, dapat dipahami dibawah ini,

Kompleks

Jenis teks yang pertama adalah prosedur kompleks. Prosedur ini digunakan untuk menjelaskan sesuatu dengan banyak langkah didalamnya. Umumnya prosedur kompleks memiliki beberapa langkah yang didalamnya terdapat poin tambahan. Contohnya, cara membuat kartu ID ataupun cara memperpanjang STNK dan SIM.

Sederhana

Bila dibandingkan dengan prosedur kompleks, prosedur inilah yang paling banyak digunakan. Di mana prosedur dibuat dengan sederhana. Didalamnya hanya terdiri dari beberapa langkah, setidaknya dua hingga empat langkah. Setelahnya, tujuan dapat tercapai, contoh, cara login ke email ataupun cara menggunakan televisi.

Prosedur Protokol

Berbeda dengan teks sebelumnya yang harus dijalankan secara runut, prosedur ini dapat dilakukan secara acak. Prosedur protokol dibuat dengan dapat diubah setiap langkahnya. Anda dapat menjalankannya secara acak dan mendapatkan hasil yang sama. Contoh, prosedur pembuatan mie instant, dapat diubah dalam pelaksanaan namun hasilnya tetap sama.

Dari seluruh jenis teks di atas, jenis mana yang akan anda buat? Jika baru memulai, gunakan jenis teks yang sederhana untuk memudahkan. Kemudian upgrade dengan mencoba teks jenis lainnya.

Baca juga : 5 Contoh Teks Prosedur Lengkap Dengan Strukturnya

Struktur Teks Prosedur

Untuk membuat sebuah teks langkah-langkah yang baik, anda perlu memahami bagian atau struktur teks yang dibuat. Apa saja struktur dalam sebuah procedure text? Ini jawabannya,

Tujuan Teks

Setiap teks yang dibuat memiliki tujuan yang berbeda. Untuk itu, pada bagian awal anda perlu memasukan pengantar umum atau pengenalan prosedur yang akan dilakukan. Serta menjelaskan apa hasil akhir yang diharapkan dari teks yang dibuat. Setelah dilengkapi, barulah masuk pada struktur berikutnya, yaitu menjelaskan alat dan bahan.

Alat dan Bahan

Di langkah berikutnya adalah memasukkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat dan bahan dalam setiap teks dan tujuan akan berbeda-beda. Maka masukkan seluruhnya dengan ukuran yang tepat (sama seperti resep masakan). Namun struktur ini tidak berlaku, jika anda tidak membutuhkan peralatan tertentu untuk mencapai tujuan, selain alat-alat utama.

Proses Pengerjaan

Selanjutnya anda akan masuk pada langkah pengerjaan. Bagian ini biasanya dikenal dengan bagian langkah-langkah. Langkah-langkah ini dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan sesuatu selangkah demi selangkah. Bagian ini dapat dibuat dengan runut, agar pembaca dapat mencapai tujuan akhir dengan segera. Penulis dapat menambahkan estimasi pengerjaan sebagai pelengkap.

Penutup

Selesai dengan langkah-langkah, bukan berarti pekerjaan anda selesai. Karena perlu dituliskan penutup dari teks ini. Biasanya dituliskan manfaat dari sesuatu yang telah dihasilkan. Serta memberikan ucapan selamat dan semangat, sehingga pembaca mulai menjalankannya. Anda dapat menambahkannya dengan kata-kata sendiri atau melihat contoh sebagai referensi.

Struktur dalam teks jenis prosedur memang tidak terlalu banyak, namun untuk menuliskannya perlu berhati-hati. Karena sedikit kesalahan dalam penjelasan, akan mengagalkan tujuan akhir pembaca.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Sesuai dengan ulasan teks prosedur (pengertian, struktur, ciri-ciri dan tujuan) bagian selanjutnya yang akan dijelaskan adalah ciri-ciri yang ada dalam prosedur. Tanpa berlama-lama, berikut beberapa ciri-cirinya,

Kata Kerja Aktif

Bagian ini paling banyak ditemukan dalam bagian langkah-langkah. Di mana, akan dijelaskan proses untuk mencapai tujuan. Contoh, anda dapat menggunakan kata-kata mencuci, menggambar atau memotong. Seluruhnya disesuaikan dengan langkah yang harus dijalankan. Serta pastikan tidak menggunakan kata pasif, kecuali menjelaskan langkah yang sebelumnya.

Kata Sambung

Teks ini dibuat untuk menjalankan langkah-langkah dalam mencapai tujuan. Untuk menyambungkan seluruh langkah-langkah ini, anda dapat menggunakan kata sambung. Kata sambung yang dapat digunakan berupa, lalu, yaitu, maka dan lainnya. Tentukan salah satunya, agar dapat membuat setiap proses berjalan dengan runtut.

Kalimat Instruksi

Dalam teks ini, pembaca diminta untuk mengikuti seluruh langkah-langkah dengan benar. Secara tidak langsung, pembaca “dipaksa” untuk menjalankannya dan mencapai tujuan. Karenya pola kalimat yang digunakan adalah kalimat instruksi. Kalimat instruksi adalah kalimat yang berisi permintaan atau perintah pada seseorang untuk melakukan sesuatu.

Gunakan Akhiran

Kalimat perintah yang digunakan dalam pembuatan prosedur diharapkan menggunakan akhiran. Akhiran yang dapat digunakan adalah kan, i¸ataupun yang lainnya. Akhirnya tidak harus selalu digunakan, semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Contoh, masukkan wortel dan bahan lainnya sebagai pelengkap dalam masakan.

Kata Keterangan

Terakhir, dalam teks ini perlu dimasukkan kata keterangan. Kata keterangan digunakan untuk menjelaskan waktu, lokasi ataupun rute yang tepat. Singkatnya, kata keterangan dimanfaatkan untuk memberikan informasi ataupun kata-kata lain. Keterangan dapat berupa keterangan waktu maupun tempat.

Mengikuti Struktur

Selanjutnya, ciri lain dari teks ini adalah mengikuti struktur. Struktur yang dimaksud telah disampaikan dalam ulasan sebelumnya, yaitu tujuan, alat dan bahan (opsional), langkah-langkah dan penutup. Tanpa struktur tersebut, tulisan tidak dapat dikategorikan sebagai sebuah teks anjuran. Jadi, sebaiknya ikuti seluruh struktur tersebut saat melakukan penulisan.

Berisi Langkah

Apakah teks yang anda buat telah memuat langkah-langkah penjelasan? Jika belum, segera ubah dan benahi tulisan. Karena teks ini identik terdiri dengan langkah-langkah yang harus dijalankan. Tuliskan seluruh langkah-langkahnya dengan benar dan runut, sehingga menginformasi seluruh pembaca.

Menggunakan Kalimat Saran

Tidak hanya menggunakan kalimat perintah, anda yang menuliskan teks jenis prosedur perlu memperhatikan penggunaan kalimat saran. Kalimat saran yang digunakan umumnya berupa larangan untuk hal-hal yang dilarang dalam mencapai tujuan. Namun tidak melulu digunakan dalam setiap langkah, penulis perlu memperhatikan kapan penggunaannya.

Rinci

Ciri khas dari sebuah procedure text adalah dibuat dengan rinci. Seluruh bagian dalam struktur dibuat dengan rinci. Utamanya dalam bagian langkah-langkah. Penulis harus membuatnya dengan rinci, agar dapat dipahami oleh pembaca. Karenanya bagian isi, akan memiliki lebih panjang bagian dibandingkan bagian lainnya.

Ciri ini dapat dijadikan acuan dalam menentukan apakah teks yang dibuat merupakan sebuah prosedur. Jika ciri-ciri ini tidak nampak dalam tulisan, maka tulisan tersebut tidak termasuk dalam prosedur.

Bagaimana Cara Membuatnya?

Bagaimana Cara Membuatnya?

Memahami semua penjelasan tentang teks prosedur (pengertian, struktur, ciri-ciri dan tujuan) rasanya tidak lengkap jika tidak memulai menulisnya. Karenanya dibawah ini, beberapa tips untuk melakukannya,

Topik

Pertama, pastikan bahwa anda telah menentukan topik yang akan ditulis. Topik dalam sebuah teks sangat beragam. Karenanya perlu ditentukan sebuah topik yang menarik sebelum dituliskan. Terlebih jika tulisan nantinya akan dipost, pastikan akan membuat banyak pembaca. Kemudian lanjutkan menekuninya untuk mendapatkan hasil maksimal.

Tidak Terlalu Panjang

Walaupun bagian langkah-langkah yang dituliskan dapat dibuat panjang, anda harus memperkirakannya. Tulisan tidak boleh dituliskan terlalu panjang, karena akan membingungkan pembaca saat memahaminya. Untuk itu, disarankan menuliskannya secara rinci dan tidak terlalu panjang. Agar memudahkan pembaca dalam menjalankan seluruh langkah-langkah yang tersedia.

Pastikan Ukuran

Pada bagian alat dan bahan, anda perlu menuliskan ukuran seluruh bahan tersebut. Ukuran yang dimasukkan harus dibuat sesuai dengan kebutuhan. Penulisan ukuran dibutuhkan agar hasil akhir dapat sesuai dengan harapan. Bila pembaca membuat dalam ukuran yang berbeda pada satu bahan, maka seluruh ukuran harus disesuaikan dengan ukuran lainnya.

Sudah bersiap untuk menuliskan teks anjuran setelah memahami teks prosedur (pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan)? Anda kini dapat menuliskan sebuah prosedur yang baik dan benar sesuai penjelasan di atas. Jangan takut untuk menuliskannya, karena jika terdapat kesalahan di sanalah proses belajar terjadi. Semakin banyak menulis, maka semakin baik tulisan yang dihasilkan.

error: Content is protected !!