Teks Ulasan: Pengertian, Tujuan, Ciri, & Struktur

Penasaran apa pengertian teks ulasan, tujuan, ciri, dan strukturnya? Jika anda ingin mengetahuinya, penjelasannya akan dijelaskan dengan lengkap dalam uraian di bawah ini.

Sebagai bagian dari insan akademik tentu memerlukan kemampuan dalam mengulas buku atau karya-karya ilmiah lainnya, dimana hal ini sangat membantu dalam mencerna isi buku atau bacaan secara keseluruhan.

Membuat teks ini juga merupakan salah satu cara mengkomunikasikan pemahaman atas apa yang dibaca, dilihat, atau didengar, baik mengenai isi buku, film, atau suatu pidato yang didengar.

Pengertian teks ulasan atau resensi sendiri merupakan suatu teks yang berisi tentang ulasan, penilaian, atau review dari suatu buku, film, dan lainnya.

teks untuk ulasan

Pengertian Teks Ulasan

Teks ini juga sebagai kata lainnya resensi atau lebih disering teks review secara umum ditulis dalam teks artikel. Sehingga dapat dikatakan bahwa teks ini juga merupakan artikel ulasan. Ulasan dapat dibuat untuk mengulas isi buku dan karya-karya lain seperti karya sastra, artikel, maupun karya seni. Sehingga dari pengertian teks tersebut dapat diketahui bahwa teks ini dapat disebut sebagai resensi atau sebagai review.

Teks untuk ulasan resensi

teks untuk ulasan resensi

Teks ini yang disebut sebagai resensi karena merupakan teks yang berisi tentang ulasan, penilaian, atau review atas suatu karya seperti buku, film, dan drama. Saat mengulas suatu karya, maka pengulas dituntut agar bersikap kritis, sehingga ulasannya dapat berkontribusi dalam memajukan karya tersebut.

Teks untuk ulasan review

teks untuk ulasan review

Teks ini maksudnya adalah teks yang digunakan untuk menilai, menimbang, dan mengajukan kritik atas suatu karya dan peristiwa yang sedang diulas (Gerot & Wignell, 1994; Hyland & diani, 2009).

Tujuan Teks Ulasan

Tujuan dari teks ini sendiri memiliki beberapa tujuan dalam penulisannya. Berikut ini ulasan terkait tujuan dari teks.

Sebagai Bentuk Penilaian Penulis

Teks ini menunjukkan penilaian atau pandangan penulis dalam bentuk resensi atau review terhadap suatu karya, sehingga melalui teks dari ulasan ini dapat diketahui bagaimana penulis memandang karya yang diulas. Teks ini akan menunjukkan keberpihakan penulis terhadap karya tersebut, apakah penulis memandang karya tersebut berkualitas atau kurang berdasarkan opini yang didasarkan pada fakta-fakta.

Teks untuk dari suatu karya tentu bertujuan untuk memberikan informasi tentang suatu karya, dimana informasi ini lebih ringkas. Melalui rangkuman informasi ini, pembaca dapat mengetahui isi secara keseluruhan dari karya tersebut, sehingga anda bisa menilai sendiri apakah karya tersebut pantas untuk dinikmati atau tidak.

Teks untuk dari suatu karya juga dibuat sebagai bahan pertimbangan dengan karya lain, sehingga dapat diketahui kekurangan dan kelebihan dari masing-masing karya yang sejenis. Selain itu, perbandingan dari teks ini juga dapat digunakan untuk mengetahui hubungan antara suatu karya dengan karya lainnya yang sejenis.

Teks untuk dari suatu karya juga ditujukan sebagai bahan pertimbangan bagi pembaca untuk memutuskan memilih, menikmati, sampai membeli suatu karya. Sehingga pembaca dapat menjadikan teks ini sebagai bahan renungan, apakah karya yang diulas pantas untuk dinikmati oleh pembaca atau tidak. Sehingga pembaca bisa lebih memutuskan untuk membeli dan menikmati karya tersebut atau tidak.

Ciri-Ciri Teks Ulasan

Teks ini sendiri memiliki ciri-ciri, diantaranya sebagai berikut:

Struktur

Ciri-ciri teks untuk ulasan yang pertama dapat dilihat dari strukturnya. Dimana teks itu sendiri terdiri atas bagian orientasi, bagian tafsiran, bagian evaluasi, sampai dengan bagian rangkuman.

Isi

Seperti namanya, teks ini berisi tentang informasi mengenai suatu karya atau prosuk berdasarkan pandangan atau penilaian dari penulis. Baik dari segi kelebihannya, sampai dengan kelemahannya.

Opini

Teks ini juga berisi opini dari penulis, dimana opini ini berdasarkan fakta-fakta yang diinterpretasikan.

Struktur Teks Ulasan

Salah satu ciri-ciri teks ini adalah strukturnya yang terdiri atas beberaa bagian, yaitu sebagai berikut:

Bagian Orientasi

Bagian orientasi dari teks ini berisi mengenai gambaran umum dari suatu karya yang diulas sebagai pengenalan, dimana pada orientasi ini nantinya akan melatarbelakangi apa saja yang hendak diulas oleh penulis.

Bagian Tafsiran

Struktur teks ini yang kedua yaitu bagian tafsiran, dimana pada bagian ini berisi mengenai gambaran dari suatu karya. Pada tafsiran biasanya menjelaskan tentang kualitas, keunikan, keunggulan, hasil karya, dan lainnya yang dapat menggambarkan karya yang akan diulas. Anda dapat mengetahui gambaran secara terperinci dari suatu karya, baik peristiwanya sampai dengan karakteristik dari karya yang diulas.

Kemudian pada bagian selanjutnya yaitu bagian evaluasi. Dimana di dalam bagian ini berisi tentang pandangan dari penulis tentang karya yang sudah diulas. Tentunya bagian ini dilakukan setelah melakukan penafsiran dari karya yang diulas, sehingga hasilnya berisi evaluasi dari karya tersebut.

Evaluasi tersebut biasanya menyebutkan kekurangan yang kurang bernilai dari suatu karya. Kelebihan yang bernilai juga disebutkan dalam teks dari ulasan tersebut.

Bagian Rangkuman

Setelah dilakukan evaluasi, bagian selanjutnya yang ada di teks ini adalah bagian rangkuman. Rangkuman ini berisi tentang kesimpulan dari semua isi karya yang telah diulas. Dimana dalam bagian ini juga berisi mengenai pendapat dari penulis tentang baik atau tidaknya kualitas dari suatu karya yang diulas.

Uraian mengenai pengertian, struktur dan sampai dengan ciri-ciri dari teks ulasan tersebut sangat bermanfaat dalam memperluas wawasan mengenai ulasan dari suatu karya. Sehingga anda dapat mengetahui betapa bermanfaat teks ini baik sebagai latihan memahami suatu karya, maupun sebagai penilaian terhadap karya yang diulas yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan. Semoga bermanfaat. Ingin mengetahui contohnya? Berikut contoh teks ulasan.