Tempat Wisata Edukasi di Bogor Yang Bisa di Referensikan

Tempat wisata edukasi di Bogor yang bisa di referensi oleh situs pendidikan masukuniversitas.com. Pada kesempatan kali ini, pembahasan artikel yang diinformasi kita tinggalin dulu untuk aktifitas dalam ruangan. Kali ini, masukuniversitas.com mencoba memberikan info-info menarik kepada teman setia situs pendidikan masukuniversitas.com. Lebih tapatnya, info menarik itu adalah tempat wisata edukasi di Bogor. Di Bulan-bulan tertentu kan di Indonesia memiliki waktu LIBURAN atau Refreshing. Kali ini liburan atau refreshing juga bisa loh menambahkan informasi pengetahuan pendidikan dan hal inipun boleh teman-teman coba.

tempat wisata edukasi di bogor

Yap, di Bogor memang dikenal sebagai tempat wisata alamnya yang menarik dan beragam. Akan tetapi, selain hal tersebut ada juga loh yang lainnya. Yaitu tempat wisata edukasi. Nah, bagi teman-teman yang ingin bersentuhan langsung wisata edukasi di Bogor, coba deh berkunjung di salah satu tempat ini. Pasti seru dan bahkan tidak pernah terlupakan.

Jika teman-teman sudah memiliki waktu liburan setidaknya 3 hari, seminggu dan bahkan berbulan-bulan. Coba bertandang ke Bogor. Tidak hanya wisata alamnya yang bisa kita lihat keindahannya, akan tetapi bisa edukasi wisata. Sangat cocok teman-teman masukuniversitas.com, mencoba wahana ini.

Apa saja itu? Check this under information

Tempat wisata edukasi di Bogor

Sekali-kali Kita harus meluangkan waktu untuk mendapatkan refresing, dengan salah satunya mengunjungi tempat-tempat yang seru akan tetapi memberi nilai pengetahuan. Biasanya waktu liburan yang tepat yaitu menjelang akhir tahun sebelum tahun baru. Wahana refresing edukasi inilah bisa di refresikan untuk Anda.

1. Istana Bogor

Pada zaman dahulunya, istana Kepresidenan Republik Indonesia pernah digunakan yang berlokasi di Indonesia ketika dalam acara kenegaraan. Konfrensi Tinggi APEC 1996, dan hanya digunakan sebagai tempat-tempat penting saja. Selain itupula, istina ini merupakan sebagai tempat kediaman resmi sebanyak 38 Gubernur di Zaman Belanda, seperti Gubernur Jenderal Belanda dan juga Gubernur Jenderal Inggris. Menurut Wikipedia.

Istana Bogor dibangun di bulan Agustus tahun 1744 yang hanya berbentuk tingkat tiga. Tempat ini dulunya, sebuah rumah peristirahatan orang-orang penting seperti pejabat tinggi yang berwewenang yang sampai sekarang. Sehingga jarang digunakan.

Bila teman-teman pernah mendengar istina Bogor, maka coba sekarang juga mengetahuinya lebih jelas tidak hanya mendengarkan akan tetapi mengetahui dengan menginjak kaki secara langsung melihat didalam ruangan istana bogor. Akan tetapi, yang sering dilihat dari luar memang yaitu rusa yang langsung didatangkan dari Nepal.

Alamatnya: Jl. Ir. H. Juanda, nomor 1 di keluarahan Peledang. Bogor Tengah dan ada di Kota Bogor.

2. Hutan Cifor

Namanya tentu bisa Kita tebak. Hutan CIFOR. Kali ini, jika bertandang kesini kita pertama kali diberikan dilingkungan pasti nanti di temukan pohon-pohon tinggi nan sejuk. Disini sebagai salah satu wahana ataupun tempat wisata edukasinya berkunjung ke Bogor. Selain anak-anak sekolah berkunjung sebagai edukasi lingkungan penghijauan. Juga berbagai kampus-kampus maupun Universitas lain datang kesini. Akan tetapi, yang sering tentunya Universitas yang ada di Bogor. Diantaranya, IPB (Institut Pertanian Bogor) dan juga UNB (Universitas Nusa Bangsa). Kedua kampus tersebut tentunya Universitas yang memiliki jurusan pertanian dan juga kehutanan.

Biasanya, tempat ini dijadikan sebagai tempat penilitian. Yang pastinya berkaitan dari jurusan yang ada diatas. Tempat wisata edukasi ini sudah dikelola sejak 1956. Sudah cukup lama bukan, jika kita lihat tahun sekarang. Pengelola CIFOR adalah Balai Penyelidikan Kehutanan. Tempat ini juga berfungsi sebagai tempat koleksi tanaman dan pengenalan dari berbagai tanaman-tanaman lainnya.

Alamat: Jl. Cifor. Yang memiliki Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat. Bogor.

3. Museum Zoologi Bogor

Namanya juga Zoologi. Ini merupakan istilah pengetahuan alam yang dapat diartikan yang berkaitan binatang-binatang atau hewan-hewan (kurang lebihnya). Akan tetapi, di tempat ini tidak semua asli yah. Seperti binatang buas. Akan tetapi, jika beredukasi ke tampat ini tentu yang banyak ditemukan hanya koleksi yang sudah diawetkan. Salah satunya yang bisa ditemukan adalah Kupu-kupu.

Disini kita bisa diajarkan bentuk maupun ukuran yang sebenarnya dari berupa hewan maupun binatang-binatang lainnya. Koleksi satwa disini, yaitu hewan yang sudah punah maupun yang masih eksis. Koleksi satwa berupa hewan lokal dan juga hewan luar negeri pun ada.

4. Bogor Inti Agro

Yups, tempat wisata edukasi selanjutnya adalah Bogor Inti Agro. Tempat ini tidak kalah menarik dengan objek lainnya. Saat liburan telah tiba, maka bertandang kesini tentu memberikan pengetahuan alam Anda. Keluarga, kantoran dan juga juga acara sekolah bisa Anda coba datang kesini.

Tempat ini merupakan tempat wisata alam yang memiliki konsep sebagai edukasi, agro dan juga warisan sejarah.

Disini bisa diajarkan bagaimana bercocok tanaman, sebagian besar buah dan sayuran. Selain itupula juga teknik pemupukan, pemeliharaan tanam dalam pot (tabulampot), mencangkok buah, pengenalan tanaman buah, pengenalan hewan ternak, belajar menanam padi dan ada lainnya pula.

Alamat: Jl. K.H. Sholeh Iskandar, Sukadamai Tanah Sereal. Bogor, Jawa Barat.

5. Kampung Horta

Tempat wisata edukasi selanjutnya yang ada di Bogor, kampung horta. Ini bisa sebagai satu diantaranya untuk alternatif liburan edukasi ataupun tamasya belajar.

Namanya kampung horta, dikarenakan Ibu-Ibu maupun remaja disini memiliki sumber penghasilan yang berasal dari atas kerajinan dari Boneka Horta. Nah, disini nantinya kita bisa belajar bagaimana pembuat boneka horta, teknik dasar dari menyablon, pembuatan telur asin, pengenalan tanaman obat, ekosistem sawah, daur ulang kertas, sampai pembuatan minuman seperti minuman cincau. Serta juga ada games seru lainnya.

Alamat: Kampung Selahuni, Desa Ciomas Rahayu. Kecamatannya Ciomas Bogor.

6. Kampung Sindangbarang

Dikabarkan, konon kampung ini termasuk kampung tertua yang ada di Kabupaten Bogor. Kampung ini merupakan kampung Budaya Sindangbarang, yang asal muasalnya memiliki naskah Pantun Bogor.

Jika diprediksi bahwa Pantun Bogor Sindangbarang telah hadir sejak zaman kerajaan Sunda yang kurang lebih era ke XII. Sudah cukup lama bukan !!!.

Tempat ini juga sebagai tempat kerajaan, dan dididik dari beberapa satria-satria kerajaan. Ini merupakan salah kebudayaan Sunda Bogor yang sampai saat ini masih dilestarikan sampai dalam bentuk Upacara. Misalnya, Upacara Kebiasaan Seren Taun.

Jika berwisata disini, tentu masih banyak hal yang bisa Anda pelajari sebagai edukasi dari budaya Sunda. Silakan berwisata kesini, mengetahui lebih dalam kebudayaan Sunda di Kampung Sindangbarang.

Alamat: Desa pasir eurih, Kec. Tamansari, Kab. Bogor Jawabarat

7. Kebun Raya Bogor

Yap, ketuju tempat wisata edukasi di Bogor ini tentu sudah banyak mengetahuinya. Nah, jika di luar kota bogor belum mengenal atau mengetahuinya. Coba silakan langsung deh berkunjung kesini. Liburan sekolah, mengambil cuti liburan, atau liburan tahun baru adalah waktu yang tepat.

Tempat ini merupakan taman buatan. Dan sudah ada semenjak zaman Kerajaan Sunda yang sudah tercatat dalam prasasti Batutulis.

Taman buatan atau ekowisata buatan ini diperuntukkan sebagai mengedukasi masyarakat pentingnya lingkungan hijau dan kepentingan untuk melindungi kelestarian lingkungan seperti peliharaan benih, dan pohon yang langkah.

Selain wisata edukasi, tempat ini pun bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi “numpang makan” istilahnya. Membawa makanan dari rumah dan makan di tempat yang sejuk ini juga bisa. Akan tetapi, jaga selalu kebersihan Yah. :).

Berbagai pohon terdapat di kebun raya bogor. Pohon palem, dan pohon tropis lainnya.

Alamatnya: Jln. Ir. Haji Juanda, Nomor 13 Bogor

8. Museum Etnobotani

Nah, yang terakhir tempat wisata edukasi di Bogor yaitu Museum Etnobotani.

Tempat ini sudah dikenal di Indonesia sekitar tahun 1895. Yaitu seorang Antropologi Amerika, namanya Harshberger. Tempat meliputi wisata edukasi pengetahuan seperti jenis tumbuhan yang digunakan sebagai bahan masakan, obat-obatan, perkakas, sesaji upacara adat, baju maupun bagunan dan masih ada lainnya juga.

Dari kata Etnobotani dapat diartikan kurang lebih dari kata “etno” yang bisa diartikan bangsa. Sedangkan “Botani” yaitu pengetahuan yang mempelajari tumbuh-tumbuah. Yang bisa disimpulkan Etnobotani sebagai satu pengetahuan yang berhubungan pada tumbuh-tumbuhan yang dapat dipakai oleh suku maupun bangsa ataupun masyarakat asli untuk memenuhi kebutuhan hidup kesehariannya.

Jika berkeingan berkunjung ke tempat wisata edukasi di Bogor ini, maka Anda bisa berkunjung ke lokasi

Alamatnya: Ir. H. Juanda, Nomor 22 sampai 24 Bogor.

Itulah 8 persembahan informasi tempat wisata edukasi di Bogor untuk Anda. Jika melakukan kunjung wisata edukadi di Bogor, itu referensinya. Ingat, jangnan melakukan hal yang tidak sewajarnya yah jika di berkunjung atau berwisata ke tampat lain. Jagalah kesopanan dan juga kebersihan. Salam edukasi.

 

 

Add a Comment