Tidak Diterima Masuk Bekerja Di Kantoran Karena Pendidikan? Jangan Kuatir. Lakukan Hal Ini

Banyak sekali pepatah yang berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya yaitu pepatah yang mengatakan bahwa hidup adalah petualangan. Pepatah ini sebenarnya bukan hanya perandaian saja akan tetapi pepatah ini banyak menggambarkan situasi yang kita alami saat ini.

Sebagai contoh saat kita sedang mencari pekerjaan. Beberapa dari kamu mungkin memiliki kemampuan yang mumpuni sehingga mudah mendapatkan pekerjaan, tetapi di lain pihak masih banyak yang kurang beruntung ketika bermaksud untuk melamar pekerjaan.

Tak dapat dipungkiri, penolakan lamaran pekerjaan merupakan suatu keadaan yang sangat mengecewakan. Apalagi saat ini manusia sudah berlomba-lomba menjadi yang terbaik sehingga daya saing menjadi meningkat. Penduduk bumi yang semakin padat membuat peluang kerja semakin sempit terutama bagi kamu yang ingin kerja di kantoran.

Tidak Diterima Masuk Bekerja Di Kantoran Karena Pendidikan

Banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang ditolak ketika melamar pekerjaan seperti penampilan yang kurang sesuai, misalnya tinggi badan kurang memenuhi, pengalaman bekerja yang kurang dan yang paling sering adalah karena alasan pendidikan.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang menerapkan kriteria pendidikan yang tinggi bagi calon karyawannya. Beberapa dari kamu mungkin mempunyai pendidikan tinggi, tapi jurusan yang diinginkan oleh kantor yang kamu inginkan tidak sesuai dengan jurusan yang kamu ambil.

Beberapa juga mungkin kurang beruntung karena kebanyakan saat ini kantor-kantor besar menginginkan karyawannya lulusan S1 sedangkan bagi mereka yang kesulitan secara finansial tidak memiliki kesempatan untuk bekerja di kanto tersebut. Lalu, bagaimana jika tidak diterima bekerja di kantoran karena pendidikan? Jangan kuatir. Lakukan beberapa tips dibawah ini.

Bangun Rasa Percaya Diri

Memang tidak mudah menghadapi rasa kecewa setelah ditolak saat melamar kerja. Tapi bukan berarti kamu boleh hanyut dalam rasa kecewa. Semakin kecewa dibiarkan menghantui, maka rasa kecewa itu akan semakin melebar. Mungkin memang saat ini kamu belum beruntung, akan tetapi kesempatan masih terbuka lebar dilain waktu ataupun dilain tempat. Lalu apa yang harus kamu lakukan agar kecewa itu perlahan hilang? Jawabannya adalah bangun rasa percaya dirimu.

Ketika kamu ditolak saat melamar pekerjaa di kantoran karena alasan pendidikan, itu tandanya kamu harus menambah pendidikan yang kamu miliki saat ini. Ambil sisi positif dari penolakan lamaran kerja tersebut. Anggap saja saat ini kamu kurang beruntung. Jika alasan utamanya karena pendidikan, ubah pola pikir kamu untuk tidak tinggal diam. Kamu masih bisa mencari pekerjaan kantoran di lainĀ  tempat dan di lain kesempatan. Umpamakan penolakan lamaran kerja ini sebagai pukulan keras agar kamu lebih giat berusaha.

Jadikan Sebagai Pembelajaran

Mungkin saat kamu tidak diterima kerja di kantoran, rasa kecewamu membuat kamu merasa tidak mempunyai kemampuan yang mumpuni. Hal ini kurang tepat. Justru saat kamu tidak diterima kerja di kantoran, anggap hal ini sebagai sebuah pembelajaran. Kamu harus bisa membuktikan bahwa penolakan kerja saat ini tidak mematahkan semangatmu untuk terus memperbaiki kekurangan yang kamu miliki saat ini.

Jangan sesekali rasa kecewa karena tidak diterima kerja di kantoran membuat kamu goyah akan keinginan untuk segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Semakin bijak kamu menghadapi situasi penolakan kerja saat ini, semakin kuat pijakan kamu untuk melangkah mencari peluang pekerjaan kantoran yang lain.

Jadikan Orang di Sekitar Sebagai Motivasi

Manusia adalah makhluk sosial dimana kita akan kesulitan menjalani hidup tanpa bantuan orang lain. Bantuan tidak hanya berupa materi, tapi semangat dari orang-orang sekitar juga membawa pengaruh positif bagi kehidupan kita. Saat kamu tidak diterima bekerja di kantoran, mungkin kamu akan membandingkan diri kamu dengan orang lain yang bisa diterima di kantor dengan mudah. Hal ini sebaiknya tidak kamu lakukan. Justru kamu harus melihat orang-orang di sekitar kamu yang memiliki nasib sama seperti kamu tapi mereka tidak pantang menyerah dan bisa sukses saat ini.

Sebagai contoh, sebut saja salah satu tokoh sukses yang berhasil membuktikan bahwa kurangnya pendidikan tidak menjadi penghalang untuk memperoleh kesuksesan. Beliau adalah Kolonel Harland Sanders pendiri Kentucky Fried Chicken atau yang sudah akrab kita sebut KFC. Ketika beliau berusia enam tahun, ayah beliau meninggal sehingga ibu beliau harus menggantika peran ayah untuk bekerja.

Hal ini membuat Kolonel harland Sanders harus memasak untuk keluarganya. Setelah putus dari sekolah dasar, Kolonel Harland Sanders bekerja serabutan seperti menjadi pemadam kebakaran, sopir kapal uap, salesman asuransi dan lain sebagainya. Pengalaman membuatnya banyak belajar sehingga kemampuannya dalam memasak dan berbisnis membuat beliau menciptakan bisnis KFC yang saat ini bisa dijumpai nyaris di semua wilayah.

Tak hanya Kolonel Harland Sanders, tokoh Indonesia yang sukses walaupun dengan pendidikan yang minim. Sebut saja beliau Basrizal Koto. Pengusaha media terbesar di Riau ini mungkin banyak yang belum tahu, tetapi kisah hidupnya menarik untuk dijadikan inspirasi. Hidup dengan penuh keterbatasan membuat beliau merantau saat usia beliau masih duduk di bangku kelas 5 sekolah dasar.

Di perantauan, banyak pekerjaan yang dilakukannya termasuk salah satunya menjual pisang goreng. Akan tetapi dengan tekatnya yang kuat, beberapa tahun berlalu menjadikan beliau menjadi pengusaha sukses yang menguasai berbagai bisnis mulai dari sarana angkutan bahkan bisnis media.

Jika kamu tidak diterima bekerja di kantoran, bukan berarti dunia kamu berhenti saat itu. Kamu masih bisa merubah pola pikir kamu ke arah yang lebih luas. Bekerja untuk mendapatkan hidup yang mapan tidak selalu harus di kantoran. Banyak hal yang bisa kamu lakukan seperti menjadi pengusaha wiraswasta, dan lain sebagainya. Justru dengan memiliki usaha sendiri, kamu bebas menentukan langkah berikutnya.

Tetapi jika kamu masih sangat ingin bekerja di kantoran sedangkan kamu tidak diterima dengan alasan pendidikan, kamu bisa berusaha untuk memenuhi persyaratan tersebut dengan mengeyam pendidikan yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh kantor tersebut. Kamu bisa mengenyam pendidikan dan tetap memperoleh uang saku dengan jalan kuliah sambil kerja freelance ataupun part time.

Seperti pepatah lama, kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Saat ini kamu mungkin merasa gagal karena tidak diterima bekerja di kantoran. Tetapi usaha tidak pernah menghianati hasil. Oleh karena itu tetap berusaha dan mungkin dilain kesempatan kamu bisa mendapatkan kesempatan yang sesuai dengan harapan kamu saat ini.

Baca ini: Jangan kuatir, jika tidak sanggup melanjutkan ke perguruan tinggi

Demikian beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika kamu tidak diterima bekerja di kantoran. Buang rasa kecewa yang muncul lalu bangun rasa percaya diri bahwa kamu bisa mendapatkan peluang di kesempatan yang lain. Jadikan kekecewaan saat ini menjadi pukulan keras yang bisa memberi pembelajaran untuk langkah berikutnya. Jadikan orang-orang di sekitarmu menjadi inspirator bahwa sukses ada ditangan orang-orang yang bertekat kuat. Jadi, jika tidak diterima bekerja di kantoran, jangan kuatir ya!

Add a Comment