Tidak Sanggup Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi? Jangan Putus Asa. Lakukan Hal Ini

Lulus dari Sekolah Menengah Atas adalah suatu kebahagiaan yang tak ternilai. Banyak siswa siswi yang merayakan hari kelulusan dengan berbagai macam aktifitas untuk meluapkan kesenangan yang dirasakan setalah menempuh pendidikan yang cukup menguras tenaga. Tetapi, setelah kebahagiaan sesaat tersebut dirayakan, banyak dari para lulusan Sekolah Menengah Atas yang diliputi berbagai macam pertanyaan, salah satunya tentang melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi.

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh beberapa siswa lulusan SMA saat ingin melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi adalah masalah finansial. Banyak dari mereka yang mempunyai keinginan kuat untuk kuliah di perguruan tinggi tapi tidak sanggup melanjutkan pendidikan di jenjang tersebut. Lalu, bagaimana jika kamu tidak sanggup melanjutkan ke perguruan tinggi?

tidak sanggup melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi

Jika kamu tidak sanggup melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, jangan putus asa. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika kamu tidak bisa lanjut kuliah. Kamu sebaiknya berpikiran terbuka ata kondisi yang sedang kamu alami. Ikhlaskan dan terima kenyataan jika saat ini kamu masih belum bisa melanjutkan kuliah, tapi tetap optimis jika dilain kesempatan kamu bisa mendapatkan peluang untuk kuliah.

Bertemanlah dengan mereka yang kuliah untuk mendapatkan dan mencari beragam informasi seputar pendidikan di bangku kuliah. Jika kamu belum sanggup untuk kuliah saat ini, bukan berarti kamu minder dan tidak mau bergaul dengan teman-temanmu yang sedang kuliah. Justru kamu bisa mendapatkan banyak manfaat yang mungkin bisa kamu terapkan saat nanti mendapat kesempatan untuk kuliah.

Satu hal lagi yang harus kamu ingat, ini sudah era kemajuan teknologi. Internet sudah menjadi perpustakaan ilmu yang sangat lengkap. Walaupun kamu belum bisa melajutkan kuliah, bukan berarti kamu tidak bisa  mendapatkan pendidikan lebih. Kamu bisa memanfaatkan internet untuk belajar karena saat ini banyak mahasiswa yang sedang kuliah membagikan tulisan mereka di internet. Jadi jangan segan-segan untuk menyelami ilmu di internet walaupun kamu masih belum punya kesempatan kuliah saat ini.

baca juga : TIDAK DITERIMA MASUK KE PTN ? UNIVERSITAS SWASTA JUGA BOLEH LHO

Akan tetapi jika kemauan kamu sudah sangat kuat untuk melanjutkan kuliah dalam waktu dekta, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan peluang melanjutkan kuliah. Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi jika ada dalam kondisi tersebut? Kamu bisa lakukan beberapa hal dibawah ini.

Carilah student loans

Student loans merupakan bantuan yang diberikan oleh suatu lembaga atau institusi bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah berupa biaya pokok kuliah, buku dan biaya hidup lainnya. Bantuan yang diberikan tersebut harus dikembalikan saat penerima student loans tersebut sudah mendapatkan pekerjaan. Bantuan yang diberikan harus dikembalikan sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan. Bantuan ini diberikan dengan berbagai macam persyaratan dan mekanisme, baik berupa pinjaman tanpa bunga, pinjaman dengan bunga dan lain sebagainya.

Saat ini lembaga yang memberikan kesempatan student loans adalah Yayasan Sampoerna Foundation melalui program koperasi jasa siswa bangsa. Tidak hanya lembaga tersebut, beberapa perguruan tinggi juga membuka kesempatan student loans yakni Universitas Indonesia, Sekolah Bisnis Prasetya Mulya, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Bina Nusantara, Universitas Trisakti, Universitas Pelita Harapan, Institut Pertanian Bogor, Universitas Atma Jaya, Universitas Al Azhar Indonesia, Sekolah Bisnis Institut Pengembangan Manajemen Indonesia dan Universitas Bunda Mulia.

Manfaatkan beasiswa

Saat ini sudah banyak tersedia berbagai macam beasiswa yang diberikan oleh banyak lembaga maupun institusi. Berbagai macam persyaratan ditetapkan sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa terbuka lebar bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa. Sudah bukan rahasia bahwa beasiswa merupakan sumber dana bantuan yang potensial untuk membantu kamu agar bisa mlanjutkan kuliah.

Beasiswa yang tersedia saat ini sangat beragam. Ada yang disediakan oleh pemerintah, perusahaan swasta dan universitas tertentu. Kamu bisa memperoleh informasi mengenai beasiswa-beasiswa tersebut di website masing-masing lembaga terkait. Karena banyak sekali peminat beasiswa, biasanya kuota mudah sekali penuh. Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan informasi untuk update informasi beasiswa terkini.

Bekerja Sambil Menempuh Kuliah Malam

Sudah banyak universitas yang membuka kuliah malam sebagai alternatif bagi mereka yang ingin bekerja di pagi dan siang hari. Program ini umumnya disebut dengan program kuliah karyawan, kuliah eksklusif dan kuliah ekstensi. Program ini lebih fleksibel. Kamu dapat menyesuaikan waktu kuliah yang diinginkan sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh universitas terkait. Kamu bisa membagi waktu antara kerja untuk mendapat uang tambahan biaya kuliah dan mengeyam pendidikan di malam harinya.

Beberapa perguruan tinggi sudah membuka program kuliah malam ini. Banyak pilihan program studi yang dibuka untuk program kuliah malam sehingga kamu tidak perlu khawatir mempunyai pilihan yang terbatas. Adapun beberapa perguruan tinggi yang menyediakan program kuliah malam antara lain Universitas Nasional, Universitas Mercu Buana, Institut Bisnis Nusantara, Universitas Widyatama Bandung, dan masih banyak perguruan tinggi lainnya. Perguruan tinggi tersebut membuka beragam pilihan jenjang pendidikan baik D3, D4, S1 bahkan S2.

Kerja part time atau freelance

Kerja part time umumnya hanya memerlukan 4-5 jam perhari. Sisa dari waktu yang tersisa bisa kamu gunakan untuk kuliah. Saat ini banyak tersedia lowongan kerja part time seperti menjadi pelayan, penjaga toko, kasir dan masih banyak lagi.

Freelance berbeda dari kerja part time. Freelance cenderung lebih bebas karena jenis pekerjaan ini umumnya bisa dilakukan dirumah, berbeda dengan part time yang harus datang ke kantor atau ada aturan jam kerja. Beberapa pekerjaan freelance yang banyak diminati saat ini adalah menjadi fotografer, desain grafis, penulis dan lain sebagainya. Pekeerjaan ini bebas kamu lakukan saat pagi, siang, sore bahkan malam hari sehingga kamu lebih fleksibel mengatur waktu antara pekerjaan dan kuliah kamu.

Ikut proyek saat kuliah

Beberapa universitas biasanya mengadakan proyek ataupun penenlitian tertentu. Kamu bisa mendaftarkan diri untuk bergabung dalam proyek ini.

Wirausaha saat kuliah

Wirausaha saat kuliah bisa menjadi jurus jitu mendapat uang sebagai biaya kuliah bagi kalian yang mempunyai bakat komunikasi dan marketing yang tinggi. Tidak perlu malu untuk berjualan kue, pulsa atau baju jika kalian mempunyai kemauan keras untuk kuliah.

Beberapa tips diatas bisa kamu terapkan jika kamu tidak sanggup melanjutkan ke perguruan tinggi. Kamu juga bisa mencoba daftar ke sekolah kedinasan yang umumnya membutuhkan sedikit biaya sebagai pilihan jika ingin kuliah. Jangan lupa pula cermat membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan jika kamu memilih kuliah sambil bekerja. Pendidikan tetap yang menjadi prioritas saat kamu memutuskan daftar kuliah. Tetap semangat dan jangan putus asa ya guys.

Add a Comment