Tips Jitu Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil kerja biasannya dilakukan oleh sebagian orang dengan berbagai alasan. Pertama dipilih sebagian orang karena ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi namun biaya tidak mencukupi, sehingga perlu bekerja. Kedua sudah bekerja, namun ingin pendidikan yang lebih tinggi untuk menggapai karir lebih gemilang. Apapun alasan seseorang melakukan dua kegiatan ini secara bersaamaan adalah unuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

Tips Jitu Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil kerja bukanlah dua hal yang mudah dilakukan secara bersamaan. Seseorang harus memiliki management waktu yang sangat baik sehingga dapat melewati dua pulau sekaligus. Selain itu, dibutuhkan pula ekstra tenaga dan ekstra pikiran untuk menghadapi tugas pekerjaan serta tugas kuliah yang menumpuk.

Baca: Lowongan kerja parttime mahasiswa

Apa saja tips jitu kuliah sambil kerja?

Berikut ini akan diberikan beberapa tips jitu kuliah sambil kerja yang dapat anda tempuh. Semoga berhasil, baik dalam study maupun karier.

Pintar mengatur jadwal

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah pintar mengatur jadwal. Pastikan bahwa kedua jadwal anda, baik kuliah maupun pekerjaan dapat berjalan seiring. Jika anda bekerja pada pagi hingga sore hari, maka ada baiknya anda mengambil kuliah kelas karyawan. Kelas ini biasanya memang diadakan bagi mereka yang sudah bekerja.

Kelas berlangsung antara sore hingga malam hari, sehingga tidak mengganggu jadwal jam kerja anda. Pastikan pula anda memiliki banyak teman di kampus maupun tempat bekerja sehinga akan banyak orang yang dapat mengingatkan anda akan banyak hal yang harus anda lakukan. Teman teman di kampus dapat anda ajak diskusi untuk tugas kampus, dan teman teman kantor pastilah akan membantu anda menghandle tugas jika ada jadwal lebur dan sebagainya. Jadilah manusia yang ramah dan banyak teman.

Memberitahukan kepada atasan

Jika anda kuliah sambil kerja, pastikan anda sudah memeberitahu atasan anda tentang keinginan anda untuk melanjutkan pendidikan. Hal ini akan sangat penting bagi anda, sehingg atasan akan secara otomatis menghandle atau memindah tangankan tugas tugas extra anda supaya anda dapat kuliah. Beritahukan dan mintalah pendapat dengan atasan anda, jagalah hubungan baik dengan atasan dan pastikan anda tetap menjadi pekerja yang penuh tanggung jawab. Jangan mentang mentang anda kuliah, lantas anda minta diistimewakan dari yang lain. Jika anda tetap penuh tanggung jawab terhadap tugas kantor anda, maka atasanpun akan turut respect pada cita cita anda.

Buat komitmen

Jika anda sudah matap untuk kuliah sambil kerja, maka buatlah komitmen yang kuat dalam diri anda sendiri. Komitmen akan menjaga anda tetap berada pada jalur yang benar meskipun anda mulai menyerah dan lelah dengan banyak tugas. Kuliah sambil kerja memang bukan hal mudah, komitmen harus dipupuk dan terus dijaga supaya menjadi semangat anda hingga akhir cita cita anda. Selalu yakinkan pada diri anda bahwa apapun yang anda lakukan saat ini benar dan semua untuk kebaikan anda di masa datang. Selalu semangat!

Add a Comment