Tips Sukses Kuliah di Universitas Terbuka

Bagaimana sih tips sukses kuliah di Universitas Terbuka?

Apakah teman-teman menjadi salah satu yang mempertanyakan pertanyaan diatas?

Bila teman-teman sudah berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri ini, tentu tidaklah usah kuatir, karena apa? Karena di informasi masukuniversitas.com memberikan informasi yang pastinya cocok kita baca bersama.

Tips Sukses Kuliah di Universitas Terbuka

Mengikuti metode perkuliahan yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka tentunnya mudah mudah susah. Mudah karena hemat biaya tidak harus selalu ke kampus, susah karena tidak bisa setiap hari bertemu muka dengan dosen.

Baca disini, jika ingin kuliah di Universitas Terbuka: Pendaftaran calon mahasiswa di Universitas Terbuka

Memang ada beberapa mata kuliah pada sistem Universitas Terbuka yang hanya mengandalkan modul dan tutorial pada VCD yang menyertai modul saja untuk belajar. Jenis kuliah yang bertatap muka dengan dosen secara langsung terbilang jarang.

Hal ini memang merupakan sistem dari Universitas Terbuka sendiri yang biasannya diikuti oleh para karyawan maupun orang yang telah bekerja. Mengefensiensikan jam kerja dengan keinginan melanjutkan pendidikan, Universitas Terbuka menawarkan sistem baru yang memang tidak biasa. Jika pada universitas lain kita akan mendapati kelas ekstensi, maka pada Universitas Terbuka ini tidak demikian.

Baca juga disini: Mengenal lebih dekat Universitas Terbuka

Nah, jika teman-teman mempertanyakannya, inilah tips sukses kuliah di Universitas Terbuka.

Beberapa tips yang dapat anda tempuh untuk sukses kuliah di Universitas Terbuka akan diberikan di bawah ini. Selamat mencoba.

Pelajari modul dengan saksama

Modul memang menjadi salah satu media pembelajaran penting dalam Universitas Terbuka. Hampir semua mata kuliah akan menawarkan modul masing masing untuk dipelajari. Mengingat jarangnya kuliah tatap muka dengan dosen terjadi, maka modul adalah dapat dikatakan sebagai dosen itu sendiri.

Mengikuti modul dengan baik dan mengerjakan semua tugas yang diperlukan serta mengetahui dengan tepat kapan tugas di kumpulkan akan menjadi tips jitu sukses kuliah di Universitas Terbuka. Mempelajari modul dengan saksama harus anda lakukan dengan penuh konsentrasi. Berikut ini beberapa tips untuk mempelajari modul.

  • Bacalah pendahuluan modul terlebih dahulu. Dari bagian itu kita akn mengetahui apa saja isi modul dan tujuan modul di buat.
  • Pelajari bab per bab dan kerjakan tugas tugas kecil yang ada dalam modul.
  • Selalu siapkan stabile atau pena berwarna terang untuk menggaris bawahi hal hal yang penting dalam modul.
  • Jika ruang dalam modul masih berkenan (biasanya pada bagian atas atau bawah modul) buatlah catatan penting atau gunakan note yang dapat ditempelkan pada modul.
  • Selipkan atau tempelkan ringkasan hasil belajar anda pada setiap akhir bab.
  • Jika anda mengalami kesulitan, anda dapat menggunakan VCD yang disertakan dalam beberapa modul dan dapat pula meminta nomor contact Dosen pengajar yang bersangkutan.
  • Ingatlah bahwa kunci terpenting di dalam pembelajaran dengan cara mandiri ini adalah pemahaman, jadi yakinkanlah bahwa anda benar benar sudah paham tentang isi modul bab per bab. Dapat pula anda melakukan check cross dengan teman lainnya.

TTM (Tutorial Tatap Muka)

TTM merupakan sistem kuliah bertemu dosen yang ditetapkan oleh Universitas Terbuka. Biasannya TTM akan dilakukan pada setiap awal pertemuan atau perkenalan materi, ujian, pemantapan materi dan akhir materi. TTM sangatlah penting bagi semua mahasiswa Universitas Terbuka. Melalui TTM maka mahasiswa dapat bertemu langsung dengan dosen dan bertanya tentang modul yang dipelajari. Pastikan anda telah mempelajari modul dengan baik sehingga anda benar benar tahu tentang apa apa saja yang harus anda tanyakan.

Add a Comment