Tokoh Pendidikan Indonesia Pembaca Teks Proklamasi

Informasi pendidikan. Sejarah mengenai kemerdekaan Indonesia tidak boleh sekalipun kita lupakan, karena kemerdekaan selalu mengingatkan kita kepada banyak bentuk semangat, entah itu semangat untuk bertahan, semangat untuk bebas, semangat untuk bersatu dan lain sebagainya. Nah, berbicara mengenai sejarah kemerdekaan, maka kita juga tidak akan pernah lepas dari momen bersejarah di mana teks proklamasi dibacakan, yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan ketika kita mengenang momentum itu, maka kita pun idealnya juga mengingat, siapa saja tokoh pendidikan Indonesia pembaca teks proklamasi.

Tokoh pendidikan Indonesia pembaca teks proklamasi

Tokoh Pendidikan Indonesia Pembaca Teks Proklamasi

Lantas siapa saja tokoh pendidikan Indonesia pembaca teks proklamasi itu? Mereka adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam proses pembacaan teks proklamasi. Mulai dari yang merumuskan teks proklamasinya, mengetik naskahnya, dan membantu segala hal yang berkaitan dengan proklamasi kemerdekaan. Mengapa mereka disebut sebagai tokoh pendidikan? Ini dikarenakan banyak hal bisa kita pelajari dari mereka semua. Mau tau secara lengkap profil tokoh pendidikan Indonesia pembaca teks proklamasi yang dimaksud? Langsung kita lihat bersama, yuk!

Baca juga yang ini: Nama perlombaan di hari kemerdekaan

Ir. Soekarno

Siapa yang tidak mengenal Ir. Soekarno. Beliau merupakan salah seorang yang memiliki jasa besar terhadap kemerdekaan Indonesia. Selain sebagai tokoh pendidikan Indonesia pembaca teks proklamasi, beliau juga yang dipercaya rakyat Indonesia sebagai presiden pertama Republik Indonesia. Ir. Soekarno atau yang kerap disapa Bung Karno ini lahir di Blitar Jawa Timur, tepatnya pada tanggal 6 Juni 1901.

Sebelumnya, baca ini juga: Hari Kemerdekaan Indonesia

Bung Karno sangat aktif memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sejak muda, sehingga ia menjadi salah satu tokoh yang dicontoh oleh banyak pejuang kemerdekaan lainnya. Oleh karena itu, sangat pantas jika beliau dipilih untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dalam proses menuju proklamasi kemerdekaan Indonesia, beliau punya banyak peran. Mulai dari merumuskan teks proklamasi bersama Bung Hatta dan Achmad Soebarjo, hingga proses penandatanganan hingga pembacaan teks proklamasi.

Baca ini juga bisa: Sejarah perlombaan di hari Kemerdekaan

Banyak hal yang bisa kita contoh dari Bung Karno. Salah satunya adalah meneladani sikap beliau. Sekalipun beliau sempat diungsikan oleh golongan muda ke Rengasdengklok, namun Bung Karno tetap tenang dan tetap memegang teguh keputusannya terkait hari kemerdekaan. Dan ketika diminta membatalkan proklamasi oleh pihak Jepang, Ir Soekarno menjawab dengan berani kalau proklamasi telah dilaksanakan dan tidak bisa dibatalkan.

Drs. Moh Hatta

Beralih dari Ir Soekarno, kita berkenalan dengan tokoh pendidikan Indonesia pembaca teks proklamasi yang lain, yaitu Drs. Moh Hatta atau yang biasa disapa dengan panggilan Bung Hatta. Laki-laki kelahiran Bukittinggi, 12 Agustus 1902 ini, merupakan wakil presiden Indonesia yang pertama. Selain itu, beliau juga merupakan tokoh yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Mengapa Bung Hatta masuk ke dalam daftar tokoh pendidikan Indonesia pembaca teks proklamasi? Ini dikarenakan beliau memiliki banyak peran dalam terealisasinya proklamasi. Beberapa peran Bung Hatta di antaranya menyusun atau merumuskan teks proklamasi bersama dengan Bung Karno dan Achmad Soebardjo di rumah Laksamana Maeda, dan menandatangani dokumen atau teks proklamasi bersama dengan Bung Karno.

Achmad Soebardjo

Tokoh Pendidikan Indonesia yang satu ini, mungkin tidak berkaitan langsung dengan pembacaan teks proklamasi, tapi berkat beliaulah teks proklamasi yang dibacakan oleh Ir Soekarno berhasil dirumuskan. Lalu, siapakah dia? Dia adalah Achmad Soebardjo, yaitu pria yang lahir di Jawa Barat pada tanggal 23 Maret 1986 dan meninggal pada usia 82 tahun.

Atau, yang ini juga dibaca: Sejarah proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Semasa hidupnya, Achmad Soebardjo pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia. Dan ketika masa sebelum kemerdekaan, ia merupakan salah seorang yang masuk ke dalam golongan tua. Saat Bung Karno dan Bung Hatta diungsikan ke Rengasdengklok, beliaulah yang melakukan perundingan dan negosiasi dengan golongan muda di Jakarta. Sehingga setelah kesepakatan didapatkan beliau ikut serta merumuskan teks proklamasi di rumah Laksamana Maeda.

Laksamana Tadhasi Maeda

Siapa yang tidak mengenal Laksamana Tadashi Maeda. Kalau kita membaca sejarah mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia, maka nama beliau pasti akan disebut-sebut. Beliau bukanlah rakyat Indonesia, tapi beliau ingin Indonesia merdeka, karena ia merasa simpati dan merasa sedih dengan nasib rakyat Indonesia di bawah penjajahan Jepang.

Siapa sebenarnya Laksamana Tadashi Maeda ini? Beliau adalah perwira Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Demi membantu Indonesia melakukan proses proklamasi kemerdekaan, maka Laksamana Maeda melanggar perintah dari sekutu. Bahkan rumah beliau dijadikan sebagai tempat perumusan teks proklamasi. Oleh sebab itu, walau bukan tokoh pendidikan Indonesia pembaca teks proklamasi, namun beliau sangat berjasa saat berlangsungnya acara sakral tersebut.

Sukarni Kartodiwirjo

Beralih dari golongan tua, maka kita pun perlu berkenalan dengan tokoh golongan muda yang memperjuangkan proklamasi kemerdekaan Indonesia, siapa lagi kalau bukan Sukarni. Pria yang lahir di Jakarta, 14 Juli 1916 ini merupakan pemuda yang gigih berjuang melawan penjajah, dan beliau punya semangat yang menggebu untuk memerdekakan Indonesia. Itulah sebabnya, ketika Jepang menyerah terhadap sekutu, maka ia mendesak golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Fatmawati

Dibalik semangat dan kekuatan seorang pria, maka kita akan menemukan wanita hebat dibelakangnya. Begitupula dengan Ir. Soekarno yang selalu didukung oleh istrinya Fatmawati. Lalu apa peran Fatmawati dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia? Dalam proses menuju proklamasi, beliau selalu menemani Bung Karno, bahkan ketika diungsikan ke Rengasdengklok. Selain itu beliaulah yang menjahit bendera merah putih untuk dikibarkan ketika hari proklamasi berlangsung.

Demikianlah beberapa profil tokoh yang punya andil besar untuk mewujudkan proklamasi kemerdekaan Indonesia, selain itu tentunya masih banyak tokoh lain yang tidak kalah besar jasanya.

 

Sumber:
Kaskus.co.id/thread/520db1a7f8ca17f266000004/tokoh-tokoh-yang-berperan-dalam-proklamasi-kemerdekaan-Indonesia

Add a Comment