Pendaftaran Dan Biaya Kuliah UII (Universitas Islam Indonesia)

Masukuniversitas.com, pendaftaran dan biaya kuliah UII (Universitas Islam Indonesia). Universitas Islam Indonesia atau UII merupakan sebuah perguruan tinggi swasta tertua yang ada di Indonesia dan berlokasi di Kabupaten Sleman, daerah Istimewa Yogyakarta. Namun selain itu juga masih ada beberapa kampus lainnya yang tersebar dibeberapa lokasi yang berbeda.

Universitas Islam Indonesia Pendaftaran dan Biaya Kuliah UII

Universitas Islam Indonesia sudah didirikan sejak tahun 1945 pada tanggal 8 Juli dengan memiliki 8 fakultas dan setidaknya 28 program studi yang terselenggara pada setiap tahunnya. Dan pada tahun ini pun, UII juga akan kembali membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018, khusus untuk program Diploma-3 (D3) dan Strata-1 (S1) yang dapat diikuti dengan melalui 4 jalur seleksi masuk yang berbeda.

Oleh karena itu, untuk anda yang berminat kuliah di tempat ini, sebaiknya lakukan banyak persiapan agar bisa menjadi mahasiswa di kampus ini. Dan berikut, akan kami bagikan info mengenai 4 jalur penerimaan mahasiswa baru di Universitas Islam Indonesia sekaligus jadwal pendaftaran dan biaya kuliah di UII. Silahkan disimak.

A. Jadwal Seleksi Mahasiswa Baru Universitas Islam Indonesia

Kapan saja jadwal pendaftarannya? dan pola apa ujiannya? Simak terus informasi dibawah ini.

1. Pendaftaran Jalur PBT atau Paper Based Test

Pola ini merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan secara tertulis priode II dapat dilakukan mulai dari tanggal 6 – 18 Maret 2017 dan Ujian Potensial Calon mahasiswa PBT pada tanggal 19 Maret 2017. Dengan prosedur sebagai berikut.

Baca juga: Jadwal pendaftaran Bidikmisi Seleksi Mandiri PTS 2017

a. Membayar biaya pendaftaran PBT melalui Bank.
b. Menyerahkan fotokopi surat tanda pengenal diri, slip pembayaran kepada petugas peyelenggara. Dan khusus untuk pendaftar program studi dokter harus melampirkan fotocopi Akte Kelahiran serta fotokopi raport SMA/sederajat PA (MIA) dari smester 2 sampai semester 5.
c. Melakukan pengisian data pendaftaran PBT.
d. Pengambilan foto pendaftar oleh petugas penyelenggara.
e. Menerima kartu peserta UPCM.
f. Mengerjakan tes sesui jadwal dan lokasi yang ditentukan.
g. Hasil UPCM dan surat pemberitahuan bisa didownload pada akun UPCM masing-masing pendaftar sesuai dengan jadwal pengumuman.

2. Pengiriman/penyerahan berkas

Untuk jalur PSB atau Penelusuran Siswa Berprestasi, pola seleksi penerimaan mahasiswa baru berdasarkan prestasi bidang akademik dan minat-bakat priode II dapat dilakukan dari tanggal 9 Januari 2017 sampai 16 Maret 2017. Dengan prosedur sebagai berikut.

a. Membayar biaya pendaftaran PSB melalui prosedur secara individu.
b. Mengisi data di laman pmb.uui.ac.id sesuai prosedur.
c. Mencetak kartu pendaftaran hasil isian data atau key in sebanyak 2 lembar, satu untuk pendaftar dan yang satunya untuk dikirim pada panitia PMB.
d. Menyerahkan kartu pendaftaran, pas foto (3×4), slip pembayaran, fotokopi raport, serta dokumen pendukung ke sekretariat PMB.

3. Pendaftaran Jalur CBT atau Computer Based Test

Pola selanjutnya adalah CBT. Seleksi ini merupakan penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan komputer di kampus terpadu UII dibuka dari tanggal 22 Desember 2016 sampai 28 Juli 2017 pada setiap hari Senin hingga Sabtu pukul 08.00 – 14.00 WIB. Sedangkan untuk pelaksanaan jalur CBT di luar Kampus Terpadu UII akan dimulai pada tanggal 17 Januari 2017. Dengan prosedur sebagai berikut.

a. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran di bank atau pada petugas di tempat penyelenggara CBT.
b. Menyerahkan fotokopi surat tanda pengenal, slip pembayaran CBT, pas foto¬† berwarna (3×4) sebanyak 2 lembar kepada petugas penyelenggara CBT.
c. Melakukan pengisian data di ruang komputer CBT
d. Mengerjakan soal maksimal 100  menit di ruang komputer CBT.
e. Menerima hasil tes CBT dari petugas.

4. Jalur PHA atau Penelusuran Hafiz Alquran

Pola ini tentu berbeda dengan seleksi PTN maupun PTS lainnya. Seleksi ini, mahasiswa baru untuk para Hafiz dan Hafizah Alquran. Untuk pendaftaran jalur ini prosedur sama dengan jalur PSB, karena pola seleksi mahasiswa baru dengan penelusuran hafiz Alquran merupakan bagian dari kategori jalur PSB atau Penelusuran Siswa Berprestasi.

Itulah jadwal sekaligus prosedur pendaftaran masuk Universitas Islam Indonesia, namun jadwal pendaftaran akan ditutup sewaktu-waktu apabila calon mahasiswa yang diregistrasi sudah memenuhi kuota pada program studi tertentu, menyimpang dari rencana awal yang sudah diumumkan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru di gedung Muhammad Adnan (D3 Ekonomi – Lt. 1), kampus terpadu UII, Jl. Kaliurang Km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584. Atau anda dapat menghubungi telpon (0274) 898444 ext. 1234 Fax. (0274) 898 459 Email [email protected]

B. Biaya Kuliah Di Universitas Islam Indonesia

Untuk biaya kuliah, UII menerapkan 2 komponen biaya,yaitu SPP dan Catur Dharma. Untuk Sumbangan Catur Dharma hanya dibayarkan sekali selama menjadi Mahasiswa, dengan jumlah dana yang dibayarkan berdasarkan dari kategori rangking saat mengikuti Ujian Potensi Calon Mahasiswa. Sementara untuk biaya SPP terdiri dari:

1. SPP Tetap, dibayar pada setiap tahun dan dapat diangsur sampai 4 kali.
2. SPP Variabel, dibayar pada setiap semester.
3. Dana Kemahasiswaan dan Asuransi, dibayar pada setiap tahun.
4. Dana Pengembangan, dibayar hanya sekali saat tahun pertama kuliah, namun dapat diangsur hingga 4 kali.
5. Dana Sistem Informasi dan Pembinaan Minat dan Bakat Mahasiswa, dibayar setiap 2 kali per semster selama 3 tahun awal kuliah.
6. Dana Laboratorium Fakultas (Fakultas TI dan TSP), dibayar setiap 2 kali per semester selama 3 tahun awal kuliah.

Untuk informasi lebih rinci biaya SPP di Universitas Islam Indonesia pada tahun akademik 2017/2018 Anda dapat melihatnya di laman resmi UII pbm.uii.ac.id.

Demikianlah informasi mengenai pendaftaran dan biaya kuliah di Universitas Islam Indonesia untuk jenjang pendidikan S1 dan D3 bagi siswa dan siswi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat. Semoga informasi yang sudah diberikan dapat dijadikan sebagai referensi tambahan serta gambaran bagi anda yang ingin kuliah di Universitas Islam Indonesia.

Referensi:
pmb.uii.ac.id/
pendaftaranonline.web.id/2015/05/pendaftaran-online-uii.html
harga.web.id/biaya-kuliah-di-uii-yogyakarta-universitas-islam-indonesia-t-a-20152016.info
biayakuliah.web.id/2016/05/biaya-kuliah-uii.html

Add a Comment